Simulasi Ganti Plat Nomor

 Simulasi

Sesuai dengan pasal 70 ayat 2 UU no.22 tahun 2009 tentang LLAJ “Surat Tanda Nomor Kendaraan Bermotor dan Tanda Nomor Kendaraan Bermotor berlaku selama 5 (lima) tahun, yang harus dimintakan pengesahan setiap tahun”. Sedangkan untuk pengesahan (setiap satu tahun) tidak bisa ditilang dan akan dikenakan denda sesuai dengan ketentuan, Namun, jika masa perpanjangan STNK nya sudah habis (yang 5 tahun) bisa ditilang untuk pasal penindakannya Pasal 288 UU No.22 tahun 2009.

Maka sudah jelas bahwa setiap pemilik kendaraan bermotor wajib membayar pajak kepada Negara. Namun saat ini, banya pemiliki kendaraan bermotor yang mengabaikan kewajibannya dalam membayar pajak dengan alasan kurangnya informasi mengenai cara pembayaran pajak serta takut jika berhadapan dengan calo yang berpura-pura sebagai petugas dan merugikan para pemilik kendaraan bermotor yang akan membayar pajak.

Atas dasar permasalahan diatas “SIMULASI GANTI PLAT” kami buat dan dikembangkan. SIMULASI GANTI PLAT adalah suatu permainan yang isinya mengenalkan bagaimana langkah-langkah serta aturan membayar pajak, khususnya wajib ganti plat 5 tahunan mulai dari Cek Fisik, Form hingga pembayaran pajak pada loket yang berbeda-beda

ahp

 

Game Play

Cukup dengan menekan tombol enter maka anda akan memulai permainan “SIMULASI GANTI PLAT”. Maka anda akan menuju ke background story dimana akan diberikan langkah – langkah kemana harus mengarahkan para pelanggan. Lalu, tantangan yang kami berikan adalah pengguna harus secepatnya menggerakkan pelanggan, karena pelanggan memiliki kemampuan untuk meninggalkan ruangan jika tidak segara dilayani, peanggan yang pergi dengan kekecewaanakan mempengaruhi status SAMSAT menjadi berkurang. Kepuasaan pelanggan dikarenakan pelayanan yang memuaskan akan mempengaruhi status SAMSAT untuk bertambah, sehingga semakin mendekatkan anda untuk naik level dari permainan ini

a2

a3

a4

a5

a6

a7

 

 Aspek Realitas

  • Fakta :
  1. Loket yang tersedia sesuai dengan standar loket yang berada pada SAMSAT wilayah.
  2. Urutan proses dalam permainan disesuaikan dengan proses pada dunia nyata

fakta

  • Sebab-Akibat
  1. Kurang cepatnya pelayanan terhadap pelanggan akan menyebabkan pelanggan meninggalkan SAMSAT
  2. Status SAMSAT dapat berkurang dikarenakan banyaknya pelanggan yang kecewa
  3. Terpenuhinya target pelanggan menyebabkan pemain naik ke level selanjutnya
  4. Kurangnya target dan hilangnya status SAMSAT akan menyebabkan pemain game over

 

awal6

  • Kejadian Acak
  1. munculnya pelanggan pada level 6, 7 dan 8

awal5

  • Realitas Audio
  1. Terdapat suara koin ketika pelanggan selesai melakukan seluruh proses untuk membayar pajak serta ganti plat tahunan.
  • Realitas Visual
  1. Suasana yang terdapat pada permainan sesuai dengan suasana yang terdapat pada SAMSAT

awal5

Link Video : http://www.youtube.com/watch?v=a7nrlroXT6o&feature=youtu.be

Oleh :

Andrie Prasetyo Utomo     5111100081

Sarianti Pundi Abdyantary 5111100114

 

Andrie Prasetyo Utomo | Create your badge

Pundi Abdyantary

Create Your Badge

Author: 

No Responses

Tinggalkan Balasan