Review ‘The Coffee Inc’: Business Tycoon Game

 Bisnis, Review Game Edukasi, Simulasi
SplashScreen

Genre: Simulasi, Role-Play, Strategi, Edukasi
Tema: Manajemen kedai bisnis kopi
Platform: iPhone & iPad
Website: sidelabs.com/coffeeinc

Deskripsi:
Di dalam game kita akan berperan sebagai pendiri dan juga CEO. Peran kita adalah memulai kedai kopi, mengelola campuran biji kopi, menciptakan produk kopi terbaik, merekrut dan memotivasi karyawan terbaik, melakukan pemasaran yang efektif, mengelola keuangan, memperluas bisnis ke berbagai kota dan membangun kerajaan kopi terbesar sebagai goal-nya.

Cara main:
Di awal permainan kita akan membuat bisnis baru dengan mengisikan nama perusahaan, warna perusahaan, logo perusahaan, gamę level, jumlah kompetitor, dan modal awal.

Membuat profil perusahaan

setelah melengkapi profile perusahaan, kita dapat mencari lokasi untuk kedai pertama kita. Terdapat beberapa kota yang dapat kita pilih.

Memilih kota dan gedung

Setelah memilih kota dan lokasi gedung, kita akan membuat kedai. Untuk total biaya pembuatan kedai harus kurang dari modal awal.

Setelah membangun sebum kedai, game ini baru lah di mulai. Di sini kita perlu memanajemen kedai kita agar dapat bertahan dan juga bersaing dengan kedai-kedai lainnya. Dengan cara mengontrol/manajemen karyawan, manajemen produk, melakukan marketing, manajemen finansial/keuangan, hingga manajemen kopi, dan juga kita dapat melakukan aktivitas bisnis seperti pinjam modal, membeli saham perusahaan lain, hingga mendaftarkan kedai kita ke daftar perusahan saham. Selain itu game ini memiliki fitur penghargaan, seperti: “The best coffee in 2020” / “Big Coffee company in 2020” / “Best Coffee Company To Work For in 2019” / dan banyak penghargaan lain yang bisa kita dapatkan untuk menjadi kedai kopi terbaik.

Pembukaan minggu pertama

Konten Edukasi:
di game ini kita belabor bank mengenai manajemen kedai kopi. beberapa diantaranya ialah:

  • Pengetahuan mengenai biji kopi, kita juga dapat bereksperimen campuran biji kopi seperti apa yang disukai oleh pelanggan di daerah kita membuka kedai nantinya.
  • Manajemen finansial/keuangan. di game ini kita dapat belajar membaca income statement, balance sheet, portfolio, hingga aset2 yang kita miliki secara riil seperti pada perusahaan aslinya, dan juga mengelola keuangan kita.
  • Manajemen produk. persaingan dalam sebuah pasar yang sama tidak terlepas dari persaingan perang harga, di game ini kita japat belajar bersaing dengan harga pasar dan memutuskan harga dan produk apa yang akan menjadi ikonik di kedai kita.
  • Human Resource (HR). di game ini kita belajar menjadi seorang HR, kita berhak merekrut dan memberhentikan pegawai disetiap kedai kita, selain itu kita juga belajar bagaimana kesejahteraan pegawai yang bekerja di kita.
  • Marketing. sebuah perusahaan tak bisa lepas dari marketing, marketing berlebihan akan menghabiskan dana yang kita miliki namun tanpa marketing perusahaan kita tidak akan banyak dilirik oleh pelanggan. game ini memberikan kita challange dan pembelajaran bagaimana menemukan marketing yang tepat di pasar tertentu.
  • Ber-Bisnis. game ini bukan sekedar game kedai kopi pinggir jalan, namun kedai kopi berbadan hukum, sehingga kita akan belajar mengenai bagaimana memutuskan dan memilih pinjaman di bank, melakukan pembelian asset/real estet untuk perusahaan, melakukan jual beli saham kupada perusahaan lain, bahkan Bagaimana kita bisa menjadikan kedai kopi kita muncul di bursa saham.

Screenshot in game lainnya

Video:

copyright: こふチャンネル

Pengulas:
Nama: Rizky Andre Wibisono
NRP: 05111740000183

Author: 

No Responses

Tinggalkan Balasan