Simulasi Belanja Tas Online

 Tugas Kuliah Realitas Virtual

Di era modern ini, berbagai inovasi telah dilakukan untuk menarik minat pembeli. Salah satu bentuk inovasi yang sekarang ini mulai menjamur dalam jual-beli adalah sistem belanja online. Dewasa ini, membeli barang bukan lagi hal yang sulit. Dengan semakin majunya teknologi, masyarakat tidak perlu repot-repot untuk melakukan berbagai hal, termasuk dalam hal berbelanja. Tentunya orang-orang yang sering berselancar di dunia maya (internet), hampir semua paham tentang jual-beli Online. Tidak terkecuali mahasiswa, pasti pernah mengintip situs belanja online. Tidak mengherankan jika banyak orang yang memanfaatkannya untuk meraup keuntungan di berbagai hal.

Permainan “Belanja Online” ini merupakan permainan simulasi untuk mengedukasi pengguna yang belum pernah melakukan aktivitas belanja online. Dalam permainan ini terdapat tiga jenis toko online antara lain, FJB Kaskus, Tokopedia dan Blog.

Permainan ini bercerita tentang seorang anak yang disuruh mencari tas oleh Ibunya. Saat membeli tas tersebut, sang anak harus berhati-hati agar tidak tertipu. Permainan ini menggunakan platform web HTML5.

Permainan ini dapat mengedukasi pemain untuk mengenali ciri-ciri pelaku penipuan dan melakukan transaksi belanja.

Skenario

Anak dan Ibunya sedang bercakap-cakap di dalam ruangan keluarga. Sang  Ibu meminta sang anak untuk membelikan dirinya sebuah tas hitam. Melihat sang anak yang masih sibuk bekerja, maka sang Ibu mengusulkan untuk membeli saja secara online. Sang Anak diberi uang dan diberi iming-iming jika uangnya sisa, maka sisanya akan masuk ke kantong sang Anak.

Capture Capture1 Capture2

Aspek Realitas

Realitas Proses

Realitas proses yang ada di dalam permainan ini yaitu urutan proses yang harus dijalani oleh pemain, disesuaikan dengan realita yang ada di dunia nyata.

 

Video Play Demo

 

Mata Kuliah Realitas Virtual B

oleh TK Matahari:

Irham Dzulkifli Arief

5110100073

Gilang Megantara

5110100091

Aditya Nanda Purnama

5110100108

Author: 

No Responses

Tinggalkan Balasan