PALAWA, game sejarah Palagan Ambarawa

Game Palawa

Game Palawa, Palagan Ambarawa

“Sejak gugurnya Letnan Kolonel Isdiman, Panglima besar jendral Soedirman merasa kehilangan perwira terbaik dan ia langsung turun ke lapangan untuk memimpin pertempuran”, hingga terjadilah Palagan (Pertempuran) Ambarawa melawan sekutu dengan pasukan dan senjata yang jauh lebih kuat.

Tahukah anda, hari Nasional apa yang diperingati pada setiap tanggal 15 Desember ? Dan mengapa hari itu termasuk hari nasional ? Tanggal 15 Desember adalah peringatan ‘hari Juang Kartika’. Sebelumnya tanggal ini diberi nama ‘hari Infanteri’.

Walaupun mungkin tak setenar dengan 10 Nopember, tanggal 15 Desember adalah merupakan hari yang perlu dikenang oleh masyarakat bangsa ini terutama peristiwa heroiknya. Karena pada hari itu adalah hari peringatan “Pertempuran Ambarawa”, pertempuran sengit dalam rangka mengusir penjajah dengan kekuatan yang jauh lebih sempurna.

Monumen Palagan Ambarawa

Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai jasa para pahlawannya.  Apalagi pahlawan yang mengorbankan jiwa dan raganya untuk meraih kemerdekaan. Bagaimanapun, kemerdekaan hari ini adalah tak lepas dari perjuangan dan tetesan darah mereka yang mengalir deras.  Semangat, perjuangan, pengorbanan dan keberanian mereka walaupun dengan bekal dan persenjataan minim untuk melawan musuh dengan persenjataan yang jauh lebih hebat adalah semangat yang perlu diteladani dan tetap hidup sepanjang masa. Pemerintah pun telah membangun monumen Palagan Ambarawa untuk mengenangnya.

Artinya, saat inipun walaupun bangsa kita barangkali jauh tertinggal di berbagai bidang dibandingkan negara-negara maju, dengan semangat heroik dan pengorbanan yang tinggi akan mampu mengungguli mereka semua.

Di dalam game ini, pemain akan memerankan salah satu pejuang dalam Palagan Ambarawa. Misi-misi yang yang harus diselesaikan  sesuai dengan kronologi sejarah Palagan Ambarawa, yaitu:

  1. Pertempuran Magelang
  2. Insiden Desa Jambu
  3. Serangan Benteng Ambarawa
  4. Pertempuran Ambarawa

Di dalam game ini, suasana pertempuran berada di desa-desa dan di dalam benteng. Narasi teks dan video yang berhubungan dengan kronologis sejarah juga disisipkan di dalam game untuk menambah nilai historis serta menggugah patriotisme.

pertempuran di benteng

pertempuran di desa

Inginkah anda menjadi salah satu tentara pada saat pertempuran heroik Palagan Ambarawa tersebut ?

Kalau di dunia nyata, jelas tidak mungkin, bukan ? Untuk itu game ini bisa anda coba.
Melarikan dirikah anda, atau nekad ? Menangkah anda atau kalah ?

Game ini dikembangkan oleh tim gabungan dari mahasiswa Sistem Informasi (sebagian besar) dan Teknik Informatika ITS serta pembimbing dari Teknik Informatika ITS. Waktu pengerjaan sekitar 2 bulan.

Kami berencana akan mempublikasikan game ini secara umum di website gameedukasi.com. Harapan kami, melalui game ini bisa menanamkan edukasi sebagai berikut:

  • Mengenal dan mengenang perjuangan para pahlawan dalam peristiwa Pertempuran Ambarawa
  • Menanamkan rasa cinta dan kebanggaan kepada tanah air dan bangsa.
  • Menumbuhkan rasa patriotisme.

yang dikemas dalam edukasi yang kreatif melalui game.

Semoga bermanfaat untuk bangsa !

======================================

Spesifikasi Game

Judul game : PALAWA, Palagan Ambarawa
Genre : First Person Shooter
Theme : Educational, Historical, war
Website : www.gameedukasi.com

Tim Pengembang:

Koordinator : Satria Wibawa, Ika Nurhasanah
Level Design/Develop : Felix Handani, Febrian Wahyutama, Izzat Aulia Akbar
Multimedia : Nissyah Aghnia Operadini, Qorry Qurrota Ayun, Widiasa Wijaya, Mochamad Hafiz Anshori, Aditya Zulkifli
Pembimbing : Imam Kuswardayan S.Kom, MT

Kebutuhan Minimal:

Sistem Operasi : Windows 2000, XP, Vista, Seven dengan update DirectX terbaru
CPU : Pentium III 1Ghz, 512MB RAM, hard disk 400Mb
Graphics card : DirectX x9.0c compatible with 64Mb memory

CATATAN:
Game ini akan diluncurkan pada:

Hari/Tgl : Senin / 20 Desember 2010
Jam : 10.00 s/d 11.30
Tempat : Ruang Aula Jurusan Teknik Informatika ITS (lt 2)

88 Comments

  1. SONNY says:

    KALO MO NGEDAPETIN GAME INI HARUS BELI DIMANA? THX

    • Sebenarnya sejak game p10Ner kami mengusahakan secepatnya untuk bisa segera diproduksi secara massal. Tapi ternyata tidak mudah mengingat kami khawatir dibajak. Saat ini kami sedang fokus strategi pemasaran untuk mengurangi kemungkinan untuk bisa dibajak. Sabar ya pak Sonny :)

    • willly says:

      jadiin freeware aja jgn pke bayar bayar boss

    • GameEdukasi says:

      Pinginnya begitu, tapi kami membutuhkan dana untuk mengembangkan karya-karya ini secara lebih profesional. Akhirnya dipilih jalan tengah, utk trialnya gratis :). Yang ingin full version atau jadi donatur, silakan beli :)

  2. arief says:

    nice game , ini pakai unity 3D ya . . .

    • Saat ini belum ada game kami yang menggunakan Unity 3D, soalnya belum punya lisensi pro :) Team menggunakan Open Dynamic Engine (ODE) sebagai aplikasi utama, graphics, video editor dan sound syntesizer.

    • mantaab says:

      mantaab hasil karyanya, btw, ODE bukannya adalah engine physics seperti bullet ato havok physics ?

  3. ewisnhu says:

    Minta link download PALAWA nya donk om… btw game seperti ini perlu dipromosikan dan diapresiasi dengan baik, maju terus pantang mundur :-)

  4. cahya says:

    wah pak pake FPS lagi ya……
    ayo kita wujudkan ITS sebagai kiblat game di INDONESIA

  5. dayat says:

    saya asli ambarawa..
    pengen banget maenin nih game..
    kalau sudah di pasarkan… dikasih tau saya ya maturnuwun…

    • GameEdukasi says:

      Untuk semuanya, kami usahakan secepatnya untuk bisa segera download free untuk versi demo. Sekitar awal Januari. Terima kasih atas antusias dan kesabarannya :)

  6. Adrian says:

    Wah, kelihatannya game-nya bagus, mendekati game-game luar negeri, gamenya freeware apa harus beli? engine-nya bagus, tetapi sebaiknya pakai engine game COD pertama atau Source dari Valve

    • kami berencana sebagian free, namun hanya sebatas level tertentu. Untuk full version tentu saja berbayar agar kami tetap cukup dana untuk mengembangkan game-game lainnya. COD engine ? wah masukan bagus. Thanks atas infonya !

  7. Tambah sip says:

    Wah, mantap……
    “Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai jasa para pahlawannya. Apalagi pahlawan yang mengorbankan jiwa dan raganya untuk meraih kemerdekaan”.
    Sebagai bukti kita menghargai jasa pahlawan, harus dimulai dengan lebih mengenal pahlawan tersebut, sebagai contoh, kita harus tahu bahwa nama kecil jendral sudirman, adalah sudirboy…

  8. sanuya says:

    secara keseluruhan saya rasa game ini sudah cukup membangkitkan semangat teman2 yang lain untuk membuat game yang serupa (meskipun sebenarnya dah ada teman2 lain yang membuat game dengan genre serupa, dan hasilnya sangat bagus tapi terbentur di masalah lisensi eginenya yang suaaangat mahal) saya sendiri pernah mencoba memakai beberapa engine seperti torque ato cube egine dan hasilnya secara grafis sangat bagus namun sekali lagi terbentur pada masalah lisensi :)

    dari beberapa screenshot di atas menurut saya pribadi terdapat beberapa hal yang “kurang” terutama pada bagian tampilan menu, mungkin ini hanya perasaan saya saja, kalau bagian yang membuat menu juga merupakan orang yang menangani script :), jadi menurut saya perlu team kusus yang membuat menu dan hud serta tampilan visual lain agar lebih berkesan professional.

    btw aku sendiri belom nyoba gamenya (masih downloading :D) jadi kalo ada kata2 yang salah mohon dikoreksi :)

  9. ADAM says:

    jadi pengen main..

  10. Firman says:

    Kenapa takut dibajak? Bukannya kalo dibajak malah membawa nama anda ke seluruh negri?

  11. g4euw says:

    mau donk game nya,,,,

  12. gamenya keren abiz,,,
    mahsiswa its bagus bngtz,,,

    jika gamenya sudah keluar,,,
    saya di kasih tahu ya,,,

    game ini juga sudah saya promosikan di blog saya,,
    agar mereka tahu,,tidak negara luar saja yang bisa membuat game,,, tetapi Indonesia juga bisa membuat game,,,dan lainnya…

  13. pras says:

    bagaimana cara downloadnya, gratis kan.

  14. Deden says:

    kalo takut dibajak sehingga hasil karya anda tidak dipublikasikan secara masal.. ada satu caranya agar tidak dibajak yaitu : Jangan mempublikasikan hasil karya anda.
    Resiko mas dinegeri para pembajak ini.. tapi yakinlah jika anda tidak takut niscaya karya2 anda akan diakui oleh khalayak ramai.. seseorang tidak akan melihat dari siapa membajak tapi melihat siapa yang membuat karya ini. tapi kalo anda melakukan pendekatan dan meminta para blogger, para penyedia file hosting agar tidak melakukan perbuatan tercela itu, saya yakin pembajakan akan ditekan secara minim.. karena pembajakan software lebih marak dilakukan di dunia maya.. ketimbang di lapak2

    • satria says:

      Yap, resiko negeri pembajak nih.. Tapi masa produk dalam negeri yang murah juga dibajak? Berarti ga cinta Indonesia donk kalo begitu..

  15. dekanight says:

    gosh, nice idea.
    cuma mudah2an musik nya minimal pake musik yang free, dengan disclaimer dsertakan.
    soalnya ngeliat trailer td, ada Tatakau Monotachi-nya FF7 d BGM nya. dan Teaser trailernya komprehensif banget ma konten keseluruhan game, jadi nya ngga ‘tease’ lg, karna udah kebayang runut gameplay nya.

    saran aja, di ganti aja guys teaser trailer nya, jadi indonesia pada penasaran kan.
    sama artwork2 juga jamak kok, di game populer sekarang, cut-in animasi bahkan ngegantiin full motion video. simple but artisitik malah.

    keep on going lads

    • GameEdukasi says:

      Terima kasih atas informasinya. Tentang trailer dg BGM dari FF7, kami akan mengontak team sehubungan dengan lisensi BGM tersebut. Yang jelas, di dalam game tidak menggunakan BGM yang sama dengan trailer.

      Namanya sejarah, arah alur cerita tentu saja ndak bisa berubah. Harus mengikuti sejarahnya kan ? Ya sudah ketahuan dulu dong :)

      Cut scenes dengan animasi tentu saja lebih baik. Akan tetapi juga membutuhkan biaya yang jauh lebih besar untuk pengembangannya utk menyewa animator handal. Atau ada yang ingin berkontribusi ? :)

      Dengan biaya development yang terbatas, tentu saja hasil juga terbatas. Itu pun kami masih terbayang-bayang dengan hasil yang khawatir dibajak padahal sudah susah-susah membuat atau sudah mengeluarkan biaya yang cukup besar.

      Tetapi jika menunggu semuanya yang harus ideal, kapan Indonesia memulai memiliki game-game edukasi ? Jangan khawatir, kami berusaha selalu berbenah. Versi mendatang tentunya menjadi lebih baik :)

      Masukan-masukan yang berharga akan selalu kami nantikan :)

  16. sibair says:

    sukses terus buat ITS :D

  17. humhum says:

    kenapa websitenya gelap2an gini?? *suggest : mungkin agak terangan dikit jadi lebih informatif

    sukses untuk anak SI , TC, dan FTIF !!!! kpan ni mulai dishare?

  18. aryo says:

    misal di rilis kepasar,, kalau bisa di update terus mapnya..
    sama senjatanya.. biar gak cuma 4 scene map..

  19. zames says:

    waaaaahhhh..
    AREK ITS pancen CUK/CAK !!
    boleeeeh yaa download game-nya..
    ntar tak bantu publish di jurusanku yooooo…
    salam satu nyali,,
    AREK ITS

  20. hariswae says:

    keren nih gamenya..Indonesia punya…Lanjutkann..

  21. killerz says:

    gan link buat download p10ner apa ?

  22. wow gamenya seru banget aku suka. buatan indonesia lagi mengagumkan.

  23. hafiz says:

    @killerz : buka aja menu downloadnya gan.
    tapi masi demo ..

  24. Febrian Wahyutama says:

    terima kasih kepada semua pihak yang telah memberikan apresiasi dan antusiasnya kepada game Palawa ini.
    Saya mewakili dari team Palawa (Palagan Ambarawa)sekali lagi mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya.

    Untuk masalah link downloadnya, harap sabar menunggu ya..
    jika ingin versi demo dapat di download pada tgl 25 Januari 2011 di menu download website ini..
    kami saat ini, juga sedang memproses untuk penguploadan data ke server…
    Insya Allah kami akan upload secepatnya…
    :D

  25. Koekuh says:

    Gimana cara douwnlod/cara mainkan’y,?

    • Izzat Aulia Akbar says:

      Untuk link download (demo version) Insya ALLAH akan selesai di upload pada tanggal 25 Januari 2011..

      Sebelumnya yang anda tanyakan itu cara pemakaian untuk controller game nya atau cara pemakaian untuk penginstalasinya ?

      Untuk cara pemakaian / controller yang digunakan untuk memainkan game, sudah kami sediakan petunjuk didalam game tersebut..

  26. andi says:

    gan gi mna cra donlowad nya…….???

    • Izzat Aulia Akbar says:

      Untuk link download (demo version) Insya ALLAH akan selesai di upload pada tanggal 25 Januari 2011..
      Jadi mohon kesabarannya..
      :D

  27. johanesjoy says:

    Selamat atas gamenya ya Edu games!!!! Game bertema sejarah emmang sangat menarik untuk dimainkan, apalagi jika digabungkan dengan genre terpopuler saat ini, yaitu First Person Shooter.

    Dan saya memiliki beberapa masukan yang mungkin bisa dipertimbangkan :
    – Libatkan Art Director profesional untuk menangani masalah Visual dalam game, karena banyak hal visual yang perlu dibenahi, mulai dari tampilan HUD, tema visual, logo,menu,dll.
    – Libatkan Screen Writter dan Director untuk membuat dan mengarahkan cerita agar lebih menarik dan “engaging” bagi para pemainnya.Dari trailer di atas, saya tidak mengetahui siapakah karakter pahlawan di game ini, dan apa hubungannya antara si pahlawan dengan cerita atau keadaan yang sedang berlangsung.Meskipun hanya trailer, diperlukan cuplikan-cuplikan yang bisa menjelaskan “Cerita” dan gameplay dari game ini kepada para pemirsanya meskipun hanya sekilas.
    – Trailer tidak tampak seperti trailer yang biasanya disusun sehingga membentuk cerita sinopsis yang menarik dan membuat penasaran.Trailer di atas terlihat seperti In game caption yang agak spoiler. Sejarah memang sesuatu yang sudah diketahui , tapi game anda khan belum. Jadi buat lah para pemirsa penasaran dengan trailer yang tidak sepenuhnya gamblangmenampilkan artstyle dan gameplay dari masing2 misi sampai selesai

    Itu aja masukan dari saya.

    Sukses terus edugames!!!!

  28. Herman kabos says:

    dalam game ini siapa karakter yang kami pakai ?

  29. Stavolt says:

    kalau boleh game grapichnya perlu di tingkatkan lagi agar kelihatan sperti yg aslinya.
    kira-kira ada cheatnya nggak?

  30. joVie says:

    Mas..link download’y bisa kirim ke Email ga.?
    Saya buka warnet di rumah…siapa tau yg maen warnet dan main game ini bisa terdidik juga edukasi’y..terima kasih…

    • satria says:

      untuk link download, akan diberikan diwebsite ini dan tidak melalui email. Mohon tunggu, karena kita sedang melakukan kegiatan pengecilan file, agar download dan upload menjadi lebih efisien.

  31. hayin ratak says:

    pa gak bisa di download di website ini secara gratis

  32. rahmat says:

    tolong di kirm ke blog saya donk link nya,,tq

    • Febrian Wahyutama says:

      terima kasih atas antusiasnya…
      mohon kesabarannya karena saat ini kami sedang melakukan pengecilan ukuran file dan proses penguploadan ke file hosting..
      utk versi demo dapat di download paling lambat tgl 25 januari 2011…
      :D

  33. Nurrat says:

    Jgn hanya bs djalankn d PC, tp jg sgala platfon Hp (jar, cab dll) krn d Hp akn lebih mengena…….

  34. yudhi says:

    bagus nie game ,kemarin aku nonton di tv one
    sekaligus belajar ….

  35. andi irfa says:

    .cara beli/ download game.y.?
    .kan sudah di rilis..
    .mohon bantuannya..PAk

  36. hakimkusumah says:

    download nya dimana ini??keren pengen coba
    terus berkarya ITS :)

  37. n66ee says:

    WAHH MANTAB NEHH…
    PA LAGI KALO ADA VERSI ONLINENYA LEBIH NASIONALISME….KAYA GAME NUSANTARA ONLINE ITU….SEEPPP KEREN…KEREN….MERDEKA

  38. Bima says:

    oh ya kka
    mending ni Game dibuat kayak PB aja dah
    ntar juga ada yang beli Voucher
    di liad dari grafiknya bisa laku berat tuh game

  39. Fajar says:

    kalau tujuannya bagus, seharusnya game ini di upload biar bs di download cuma2 aj. soal pendapatan materi untuk si pembuat, bisa minta ke pemda atau pemprov aja… :D
    Rakyat harus di cekoki game spt ini, biar punya rasa nasionalis!

  40. hakimz says:

    wah jadi pegen nyoba. .tp usahakan gratis yah. . aku tunggu. .

  41. Rian Ariona says:

    Game nya memang bagus, tapi perlu diperhatikan, setelah saya menyaksikan video trailernya adegannya penuh dengan kekerasan dan darah.

    sekalinya ada game bagus dengan basis sejarah, tapi penuh dengan kekerasan (Blood and violence) seharusnya diberi rating, untuk umur brapa game ini dibuat.

    btw.. good job..

  42. Zero says:

    Sakit kepala maennya nih. Cupu banget.

  43. richard says:

    beli gamenya dimana??

    • GameEdukasi says:

      maaf, Toko online nya sedang down. Kontak email kami saja pak: gameedukasi at gmail.com yang berisi alamat bapak dan konfirmasi pembayaran

  44. bayu hernasia says:

    saya seorang mahasiswa jurusan pendidikan sejarah..
    saat ini saya sedang berencana membuat skripsi tentang inovasi pembelajaran..
    saya tertarik menggunakan game ini sebagai salah satu media pembelajaran yang inovativ..
    untuk itu saya mohon bantuannya bagaimana caranya agar saya bisa mendapatkan game ini..
    terimakasih..

  45. raiahn says:

    bagus game nya gan emang game edukasi ni
    soal nya itih permainan sejarah trs di buku pelajaran gue aja ada cerita perang ambarawa

  46. jaghur says:

    aku mo tanya. kalo bli dlm bntuk cd/dvd? trus brp harga+orkir’y? aku lagi siasatin supaya anak2 desa suka dg kompi.

    thanx

  47. reisa says:

    rasany q pengen bgt bwt koment tp koment apa ya?? q bingung bgt!

  48. zagari says:

    kak ini game online ya…thx

  49. zaki says:

    Tak pikir gamenya kaya call of Duty,sniper dll. Ternyata hanya nembak dilorong-lorong. Pakai Game maker aja Gan, gampang bikinnya,1 minggu aja selesai nggak perlu berbulan-bulan.Apalagi situ sudah punya gambar untuk sprite-nya 1 hari selesai tu game Palagan Ambarawa.

    • Saya udah familiar dengan Game Maker terbaru versi 8.1 dan mengajarkan Game Maker di PIKTI ITS. Game Maker belum bisa bikin game FPS seperti itu, kawan. Apalagi cuma seminggu :)

  50. Naufal zakariyya says:

    mas tempat beli game ini dimana yaa.??

  51. dion keren says:

    aku asli ambarawa pasnya njambu . game nya dah kelihatan bagus apalagi mainnya YANGPENTING MAINYA

  52. herwin says:

    tapi kok gameplaynya kurang keliatan kalo tu game di daerah Indonesia ya, masih tetp kaya game di daerah luar negri..

  53. cosx says:

    Sekedar saran,,,,free aja dan buka rekening donatur, seperti Anvas anti Virus kan bisa, agar adik adik kita, anak anak kita paham sejarah saat bermain game

  54. keren euy game na,.,.

  55. Hokagame says:

    Ini betul2 game edukasi yang bisa mengajak anak2 beljar sejarah dengan ringan…. teruskan kawan

Trackbacks for this post

Leave a Comment