Game Hijaiyah (1)

Alif dan Sasa adalah anak yang rajin mengaji dan membuat kedua orang tua mereka bangga. Walaupun mereka masih usia TK/TPA mereka selalu ceria belajar huruf hijaiyah, pelafalannya sampai membaca juz amma. Di sekolah mereka selalu aktif ikut dalam permainan mengumpulkan huruf-huruf hijaiyah, menyusun penggalan ayat surat, dan masih banyak lagi permainan yang menarik bagi mereka. Selain itu, mereka akan mendapatkan sertifikat predikat juara ketika berhasil menyelesaikan semua permainan tersebut dan hadiah menarik berupa kertas gambar untuk diwarnai, wallpaper, dan masih banyak lagi.

Buat adhek-adhek TK/TPA yang lainnya bisa ikutan main sama Alif dan Sasa dalam Game Hijaiyah ini, pasti menyenangkan dan seru ….!

Deskripsi

Seri ini merupakan produk terbaru dari Edutalk dengan nama Game Hijaiyah (1) dengan tokoh utama dalam permainan dikenal dengan nama Alif dan Sasa. Game ini mengenalkan anak tentang dasar-dasar belajar membaca Al Qur’an dengan baik. Alif dan Sasa akan membantu anak untuk bersama-sama mempelajari huruf-huruf arab beserta tanda baca dasar seperti Fathah, Kashrah, dan Dhammah, serta tanwin dalam menu tutorial dan tujuh buah game yang menarik. Disamping itu, anak juga dikenalkan pada kata-kata dengan huruf sambung yang diambilkan dari Juz Amma. Anak juga dapat mendengar dan latihan membaca surat-surat pendek dalam Juz Amma serta dapat bermain mewarnai dengan mencetak langsung gambar-gambar pada menu fun stuff untuk diwarnai.

Menu-menu Game Hijaiyah

Memasukkan Data Pemain

Sebelum memulai permainan, pemain diminta mengisi nama pada tempat masukkan yang telah tersedia, lalu tekan entar.

Setelah itu, tekan tombol ok untuk masuk ke menu pilihan game hijaiyah.

Gambar di atas merupakan tampilan pilihan menu yang terdiri dari menu utama, menu belajar dan menu permainan.

Gambar kotak dibagian bawah merupakan menu bonus yang berisi fun stuff berupa kartu, wallpaper, juz amma dan kertas gambar.

Untuk membatalkan permainan atau keluar dengan klik gambar pintu.

Menu Utama

Menu utama ini berisi susunan menu-menu yang ada di dalam game hijaiyah dan terbagi menjadi menu belajar, menu bermain dan bonus. Jika kita klik menu pada gambar di atas, maka kita dapat langsung masuk ke dalam menu tersebut dan memainkannya.

Menu Belajar

Pada menu belajar terdapat beberapa materi belajar seperti penjelasan di bawah ini:

Belajar Huruf Hijaiyah dan Harokatnya

Belajar mengenal huruf hijaiyah disini dilengkapi suara pelafalan huruf lengkap dengan perubahan harokatnya, sehingga anak-anak dapat mengenal bentuk huruf hijaiyah dan lafalnya baik untuk harokat fatkha, domma, katsro, dan tanwin. Tanda panah berwarna hijau untuk menampilkan huruf hijaiyah berikutnya atau sebelumnya.

Belajar Mengenal Huruf Hijaiyah Bersambung

Belajar menyambungkan huruf hijaiyah menjadi suatu kata dilengkapi dengan penjelasan perubahan bentuk huruf aslinya ketika menjadi huruf awal, tengah dan akhir kata. Tanda panah berwarna hijau untuk menampilkan huruf hijaiyah berikutnya atau sebelumnya.

Belajar Membaca Huruf Bersambung

Pada menu ini anak-anak dapat belajar membaca huruf sambung secara lengkap dan tidak terbata-bata, di dalamnya terdapat cukup banyak contoh-contoh kata-kata yang bisa dipelajai.

Menu Bermain

Menu bermain pada game hijaiyah ini terdiri dari tujuh permainan yang berbeda-beda. Pada gambar di atas terdapat juga menu Score yang merupakan total nilai seluruh permainan, Sertifikat untuk mencetak sertifikat sesuai gelar juara pemain misalnya mendapat piala emas dengan total nilai. Jika ingin keluar dari menu bermain klik gambar masjid sebelah kiri bawah. Berikut penjelasan lengkap dari masing-masing permainan:

Bermain 1 – Mengurutkan Huruf Hijaiyah

Gambar Intruksi Permainan 1 – Mengurutkan Huruf Hijaiyah

Permainan ini merupakan level paling mudah untuk dimainkan oleh anak-anak karena mereka hanya mencari balon dengan huruf hijaiyah yang harus diletuskan sesuai intruksi dari suara huruf sebelum waktu habis. Score merupakan nilai yang didapatkan hanya untuk permainan ini bukan nilai total dari seluruh permainan. Untuk meletuskan balonnya hanya dibutuhkan mouse klik kiri pada balon yang tepat.

Bermain 2 – Petualangan Mencari Huruf Hijaiyah

Gambar Instruksi Bermain 2 – Petualangan Mencari Huruf Hijaiyah

Permainan ini bentuk lain dari bermain 1 yaitu dengan  model petualangan dan terdapat rintangan berupa hewan landak, api unggun dan semburan api dari tanah yang akan mengurangi nyawa(peluang) pemain tetapi tetap dengan misi yang sama yaitu mencari balon huruf hijaiyah sesuai instruksi suara untuk diletuskan dan mendapatkan nilai tanpa batasan waktu bermain. Selain itu, terdapat indikator penyelesaian misi berupa lingkaran hijau pada pojok kanan atas. Permainan ini memiliki level medium karena bertambahnya tingkat kesulitan dengan adanya lingkungan yang lebih luas, rintangan dan pencarian yang meluas. Jika anak-anak dapat menyelesaikan semua misi maka mereka akan mendapatkan nilai sempurna.  Permainan ini menggunakan fungsi keyboard tanda panah kanan-kiri untuk berlari dan tanda panah atas untuk meloncat meletuskan balon.

Bermain 3 – Mencocokan Huruf dan Lafal Hijaiyah

Gambar Instruksi Bermain 3 – Mencocokkan Huruf dan Lafal Hijaiyah

Permainan ini merupakan bentuk lain dari bermain 1 dan 2 yaitu dengan memilih pilihan suara huruf menggunakan mouse klik dan ditarik untuk dimasukkan ke dalam botol yang sesuai hurufnya tanpa batasan waktu melainkan memenuhi indikator penyelesaian misi berupa bulatan hijau pada bagian bawah permainan. Level permainan ini termasuk mudah.

Bermain 4 – Petualangan Mencari Huruf Hijaiyah dengan Helikopter

Instruksi Bermain 4 – Petualangan Mencari Huruf Hijaiyah dengan Helikopter

Permainan petualangan modifikasi dari bermain 2 yaitu pemain diberi kendaraan berupa helikopter untuk mempermudah pencarian huruf. Rintangnya berbeda pula, untuk bermain 4 ini rintangannya berupa burung dan awan hitam yang dapat mengurangi peluang pemain. Permainan ini tidak ada batasan waktu dan diganti dengan indikator penyelesaian misi pada pojok kanan atas. Level dari permainan ini tergolong sedang.

Bermain 5 – Merangkai Huruf Sambung

Instruksi Bermain 5 – Merangkai Huruf Sambung

Permainan ini merupakan level sedang tetapi cukup mudah untuk dimainkan. Jika anak-anak sebelumnya telah belajar mengenal huruf sambung dan mengerti perubahan bentuknya ketika berada di awal, tengah dan akhir kata maka sangat membantu sekali untuk menyelesaikan misi bermain 5 ini. Anak-anak disini diminta untuk memasukkan huruf-huruf hijaiyah secara berurutan sesuai dengan kata pada masing-masing botol sehingga terangkai menjadi kata yang benar. Tidak ada batasan waktu melainkan diganti dengan indikator penyelesaian misi pada bagian bawah permainan.

Bermain 6 – Petualangan Mencari Kata

Instruksi Bermain 6 – Petualangan Mencari Kata

Permainan ini memiliki tingkat kesulitan yang tinggi karena pemain harus bisa mencari kata yang sesuai dengan suara soal, mencapai area jawaban yang mengambang di atas permukaan tanah sekaligus menghindari musuh atau rintangan berupa hewan landak. Tidak ada batasan waktu bermain melainkan indikator penyelesaian misi sebelah pojok kanan atas

Bermain 7 – Merangkai Penggalan Ayat Al-Qur’an

Instruksi Bermain 7 – Merangkai Penggalan Ayat Al-Qur’an

Permainan ini mempunyai misi untuk merangkai penggalan ayat surat-surat pendek dari Al-Qur’an dengan menarik tulisan penggalan ayat tersebut tepat berada di tengah-tengah pot bunga, setelah itu jangan lupa klik tombol cek jawaban untuk mengetahui apakah jawaban kita benar atau salah. Pemain cukup terbantu untuk dapat merangkainya dengan benar karena adanya suara soal yang dapat diklik kapan saja dibutuhkan. Mungkin yang menjadi hambatan anak-anak adalah mereka akan kesusahan membaca kata dengan huruf lebih dari 3. Maka disini perlu adanya bantuan dari orangtua atau guru dan saudara untuk mendampingi anak-anak.

Menu Bonus – Fun Stuff

Menu Bonus ini memiliki beberapa pilihan cukup menarik untuk dicetak seperti kartu ucapan, gambar untuk diwarnai, wallpaper untuk gambar latar komputer dan juz amma untuk melatih dan menambah hafalan surat-surat pendek anak-anak.

Kelebihan & Kekurangan Game Hijaiyah

Kelebihan

  • Metode belajar yang menarik untuk diikuti karena cukup lengkap dan disertai suara
  • Permainan dengan macam-macam model yang menarik bagi anak-anak
  • Grafis yang menarik
  • Adanya sertifikat yang dapat dicetak

Kekurangan

  • Tidak ada penjelasan untuk masuk ke menu utama setelah mengisikan data pemain
  • Tidak adanya penjelasan gambar pada menu utama (pilihan)
  • Pada bermain 7 merangkai penggalan ayat penjelasan penempatan jawaban kurang jelas

Game Info

  • Judul                : Game Hijaiyah (1)
  • Genre               : Board Game, Arcade, Edukasi, Islami
  • Target Usia    : TK / TPA
  • Pengembang : EduTalk Games
  • Spesifikasi Komputer: Windows (XP-Vista), Pentium IV, Active Speaker, Color Printer

 

Umi A-z

Create Your Badge

24 Comments

  1. kang ajudin says:

    bagus banget, game islami nya. lumayan buat anak-2 TK/PAUD

  2. Adam says:

    kalau mau dapetin dimana ya?

  3. umi says:

    @Adam, silahkan mengunjungi toko.gameedukasi.com, jika produk belum ada, bisa kirim pesan di menu hubungi kami, insya Allah akan disediakan :)

  4. seftira says:

    dimana bisa dapat game ini ya?

  5. Suteki Sushi says:

    waw.. request game bisa ga ya? game buat belajar ngetik di komputer 10 jari gitu..

  6. ressa says:

    gimana cara downloadnya? gratis gak.
    aq pengen bgt karna anakku agak kesulitan memahami antara huruf hijayah n abjad.

    • adm_rohmad says:

      Silahkan kunjungi toko.gameedukasi.com kalo belum ada bisa kontak developernya secara langsung.
      Bisa lewat email atau akun facebook-nya
      sudah dicantumkan di artikelnya. :)

      Terima Kasih

  7. Aprelia nyaik dwi kurnia says:

    kira2 ada permainan yang lain enggk????

  8. kucingbelang4 says:

    nice work gan , keep going!

  9. Nurul says:

    sy baru beli cd gamenya pas d islamicbookfair malang. sy cb d rmh bisa, sempat dipake belajar anak2. 2 hr kmudian sy buka lg kok gak bisa? sdh masuk hal pertama, instal tp kok tetep gak bs? gmn caranya biar bs memakainya lg? Trimakasih

  10. reza says:

    di windows 7 bisa jalan ga?

  11. husni mahdami says:

    game hijaiyah harganya berapa?

  12. akbarullah says:

    alhamdulillah.
    kyaknya sangat membantu sekali..
    kepengen de membuat seperti itu,,,
    kira2 bisa kasih tau tutorialnya gax..
    atau gimna cara belajarnya..
    punya ketertarikan ne di bidang animasi..

  13. Roni says:

    cara downloadnya bagaimana ya?

  14. afifi umar says:

    bagus nih…
    apalagi untuk anak-anak…

  15. aida mokhtar says:

    salam sangat menarik..mcm saya nk mendapatkannya dan berapa rm ye

  16. yosiemita says:

    gimana cara dapat nya ya?.

Leave a Comment