Review Game Edukasi “Hotel Story”

 Review Game Edukasi

Hotel Story

 

#Klasifikasi Game

  • Developer/Publisher : Foo Siong Chee dari Happy Labs
  • Platform : Mobile App/Tablet
  • Release Date : 14 Februari 2013
  • Updated : 24 November 2013
  • Genre : Game simulasi, strategi
  • Rating : 4.3
    (https://play.google.com/store/apps/details?id=com.happylabs.hotelstory&hl=en)

 

#Deskripsi Game

Game “Hotel Story” merupakan permainan dengan biaya ‘free’ alias tidak berbiaya, dengan epic strategy dan simulation game.Game “Hotel Story” bekerja sebagaimana hotel dalam kehidupan nyata. Dimana wisatawan datang ke hotel dan membayar untuk menggunakan fasilitas yang terdapat di hotel. Akankah hotel yang ingin kamu bangun menjadi ‘health resor’ dengan banyak fasilitas kesehatan disediakan seperti massage, yoga, dan gym? Atau menjadi sebuah resor dengan banyak hiburan seperti kebun binatang, bar, kafe, dan toko-toko? Atau kamu ingin menyediakan banyak fasilitas seperti pasar? Semua bisa kamu tentukan sendiri. Kamu bisa menentukan jenis hotel yang kamu bangun, wisatawan yang datang seperti backpackers yang secara finansial terbatas, ilmuwan yang kaya, atau bahkan alien.

Fitur-fitur yang ada pada game ini selain fasilitas yang unik, serta wisatawan yang juga unik, terdapat pula upgrade level dengan ketentuan-ketentuan pastinya. Selain itu , saat online kamu juga bisa terhubung dengan semua pemain dari game ini di seluruh dunia, melihat bagaimana pemain-pemain lainnya mendesain hotel mereka, dan memberikan tip untuk hotel milik pemain lain yang kamu suka. Tapi tidak perlu khawatir, game ini dapat dimainkan meskipun kamu dalam keadaan offline (tidak ada koneksi internet).

Game “Hotel Story” ini dikembangkan dan kelola oleh developer game ‘Happy Labs’. Sebuah keluarga kecil developer yang berdiri sendiri yang hadir untuk membuat game yang tidak berbiaya untuk mobile phone dan tablet. Misi mereka adalah membuat game yang tidak berbiaya untuk semua orang, dimanapun. ‘Happy Labs’ percaya akan kekuatan ‘FREE’ dan ingin membuat kalian semua tersenyum :).

Pada game ini, secara umum fitur-fitur atau keuntungan yang akan didapatkan antara lain:

  • Merupakan game yang FREE alias tidak berbayar
  • Menggunakan kreatifitas yang kamu miliki, kamu bisa membangun sebuah hotel impian dari awal
  • 23 jenis wisatawan yang unik dengan tingkat perkembangannya
  • Dapat terhubung dengan seluruh pemain di dunia dan memberikan tip kepada mereka
  • Bermain secara offline.. atur hotelmu kapanpun tanpa harus memiliki koneksi internetOptimal untuk mobile dengan layar besar seperti Galaxy S3, Note II, dan tablet serta mobile-mobile lain yang berlayar besar.

 

#Gameplay

Berdasarkan pengalaman bermain yang telah saya lakukan, pada langkah awal akan ada petunjuk bermain yang mengarahkan kita untuk melakukan langkah dasar membangun hotel. Kemudian dalam game ini, kamu diharuskan untuk menyelesaikan tugas-tugas yang diberikan dan melakukan upgrade fasilitas, karena dalam game ini kamu diharapkan bisa menciptakan hotel sebaik mungkin untuk menjadi hotel yang terbaik.

Secara keseluruhan tujuanmu saat bermain game ini agar dianggap memberikan progress kemajuan yaitu dengan tetap menjaga para tamu untuk senang dengan melakukan upgrade kamat, memberikan tur, memastikan item-item yang merupakan fasilitas untuk para tamu tersebar, memperluas hotel dengan melakukan upgrade luas tanah hotel, dan memberikan kenyamanan pada para tamu yang sedang menginap.

Gunakan strategi-strategi yang paling maksimal dalam setiap langkah-langkah dan upgrade yang kamu lakukan untuk mendapatkan koin yang banyak yang merupakan tolak ukur kemahiran mu dalam mengelola sebuah hotel. Jumlah koin ini nantinya yang akan menentukan peringkat berapa kamu diantara pemain-pemain lain di seluruh dunia.

Mengenai aturan bermain, sebenarnya tidak ada aturan khusus dalam permainan ini atau sesuatu yang membuat kamu menjadi ‘game over’. Yang menjadi aturan dalam game ini hanya sebuat batas, dimana apabila uang(koin) yang kamu miliki sudah mencapai batas maksimal jumlah koin dalam level tersebut, maka kamu diharuskan untuk melakukan upgrade lahan yang secara otomatis merupakan upgrade level dan membuat batas maksimal koin juga bertambah. Selain itu, ketika kamu ingin membeli fasilitas, dibutuhkan level minimal, dimana setiap fasilitas memiliki syarat level minimal masing-masing.

 

#Sisi Edukasi

Menurut pendapat saya sebagai salah satu pemain dari game “Hotel Story” ini, alasan mengapa saya mengatakan bahwa game ini termasuk dalam game edukasi adalah:

Pertama, secara langsung, game ini memberikan pembelajaran kepada kita bagaimana mendesain hotel yang bagus, nyaman dilihat, penempatan fasilitas yang tepat dalam rangka memberikan kenyamanan untuk tamu-tamu serta memberikan pemasukan yang tinggi untuk kita (koin). Karena dalam mendesain atau menempatkan kamar-kamar serta fasilitas juga tidak bisa sembarangan. Apabila tidak dilakukan pengaturan maka bisa jadi terdapat kamar atau fasilitas yang tidak dapat di akses karena dari sisi kanan-kiri-depan-belakang tertutup oleh kamar atau fasilitas lain.

Pembelajaran yang kedua adalah ketika pemberian item-item pada setiap fasilitas yang dapat meningkatkan harga fasilitas tersebut juga secara tidak langsung membuat kita harus berpikir dan melakukan hitungan cepat ketika memberikan itemnya agar pemberian item pada fasilitas menjadi tepat dan memberikan keuntungan yang maksimal.

Selajutnya adalah penataan taman dan pemilihan lantai juga memberikan pengaruh yang cukup tinggi. Terdapat banyak macam tanaman dan lantai yang dapat di beli dengan harga yang berbeda dan manfaat yang berbeda-beda pula. Apabila sebuah kamar berada dekat dengan tanaman, maka tingkat kenyamannya kamar tersebut akan naik, kenaikannya tergantung dari jenis harga tanaman tersebut (semakin mahal tanaman tersebut, maka semakin tinggi tingkat pemberian kenyamannya). Oleh karena itu kita harus sepintar mungkin meletakkan tanaman agar satu tanaman dapat dinikmati oleh sebanyak mungkin tamu, sehingga penempatan tanaman tersebut menjadi efektif. Begitu pula dengan pemilihan lantai untuk hotel agar supaya pemasangan lantai efektif dan memberikan keuntungan yang maksimal untuk kita

Itulah sekilas tentang apa yang saya rasakan ketika bermain game ini. Keseruan ketika berpikir bagaimana memperindah hotel dengan uang(koin) yang pas-pasan sehingga harus setepat mungkin dalam menggunakan uang agar dapat menghasilkan uang yang lebih banyak untuk melakukan upgrade dan pembelian fasilitas yang tujuannya kembali lagi untuk memajukan, memperbesar dan mempercantik hotel. Kemudian untuk lebih jelasnya, silahkan mencoba untuk bermain dan rasakan sensasinya 😀

 

#Screenshot

hotelStory05

 

hotelStory04

 

hotelStory03

 

hotelStory02

 

hotelStory01

 

#Video

Hotel Story Gameplay

http://www.youtube.com/watch?v=N_aRappGlYU

 

Hotel Story Tips

http://www.youtube.com/watch?v=0IJmKaMMcSE

 
Hotel Story Preview Trailer

Hotel Story Preview

http://www.youtube.com/watch?v=YzU3X-fnNUM


 

#Penulis

Kharisma Alivia Nastiti || Risma || 5111100070

Kharisma Alivia Nastiti|Create your badge

www.facebook.com/kharismaalivianastiti

Author: 

3 Responses

  1. randyMei 12, 2016 at 5:05 PMReply

    Missii kak mau nanya , cara ngilangin wktu yg error di setiap atas toko itu gmn ya , soal nya wktu itu saya pernah cepetin waktu di hape buat penuhin nyawa di candy crush eh saya lupa balikin wktu nya , pas saya buka hotel story jadi erorr semua kak,
    Di atas toko atau kamar terdapat tulisan waktu yg minus contoh “3521h 15m 12s”

  2. ADISTYMei 13, 2016 at 11:56 AMReply

    Gimanasih cara ningkatin game hotel story.kasih tau dong pliss

  3. suciSeptember 14, 2016 at 10:49 PMReply

    Cara balikin data level hotel story yg sempet ke hapus gmn ya caranya? Soalnya udh jauh bgt malah khapus

Tinggalkan Balasan