Review Game F1 2012

 Review Game Realitas Virtual, Simulasi

F1 2012 : Game Simulasi Pecinta Jet Darat

Game F1 2012 PC yang berdasarkan pada musim Formula One 2012 ini merupakan sekuel dari dua game F1 sebelumnya dari Codemasters . dalam game ini seluruh 12 team dan 24 driver dari season 2012 bisa dimainkan pada 20 sirkuit. Game ini dirilis pada saat Grand Prix Singapore yaitu sekitar tanggal 18-21 September 2012.

cover

 

Gameplay
Selain terdapat gameplay standar seperti quick race, timetrial, dan Full season pada game ini juga terdapat fitur Young Driver Test Mode yang memungkinkan pemain dapat belajar mengemudikan mobil F1 sebelum berpartisipasi dalam kompetisi. Selain itu fitur yang tidak kalah menariknya adalah Champions Mode. Sesuai musim F1 2012 aslinya, terdapat 6 juara dunia yang ikut dalam kompetisi ini, dan didalam mode ini pemain diharuskan mengalahkan mereka dalam kondisi yang cocok dengan mereka. Juara-juara itu adalah Kimi Räikkönen, Lewis Hamilton, Jenson Button, Sebastian Vettel, Fernando Alonso dan Michael Schumacher.

 

 

Unsur – unsur Realitas

1. Aspek Realitas Fakta :

  • Kombinasi antara pembalap dan team sesuai dengan sesaon Formula1 2012 yang ada sesungguhnya(Ferrari dengan F. Alonso dan F. Massa, RedBull dengan S. Vettel dan M. Webber begitu juga tim lainnya).
  • Bentuk sirkuit yang sesuai dengan tempat aslinya.
  • Kondisi balapan yang jika terjadi hujan (wetrace) akan membuat mobil mudah tergelincir jika menggunakan kecepatan tinggi tanpa ban basah.

2. Aspek Realitas Proses/Sebab Akibat :

  • Mobil akan mengalami kerusakan jika tertabrak mobil lain.
  • Jika mobil kehabisan bahan bakar tim akan memberikan instruksi untuk masuk pitstop.
  • Jika saat balapan menggunakan KERS dan DRS, kecepatan maksimum mobil akan bertambah.

3. Aspek Kejadian Realitas Acak :

  • Pergerakan atau laju mobil lawan yang berbeda-beda.
  • Kondisi cuaca saat balapan.

4. Aspek Realitas Hukum Fisika :

  • Efek Hukum Momentum : Efek hukum momentum ini terjadi ketika player mengendarai sebuah mobil dengan kecepatan tinggi kemudian menabrak dinding pembatas, maka mobil tersebut akan terpental.
  • Efek Aerodinamika : Efek aerodinamika ini ada pada penggunaan Drag Reduction System (DRS). Atau istilah lainnya Adjustable Rear Wing. Artinya, sayap belakang yang bisa dibuka-tutup. Cara kerjanya, hanya dengan menekan tombol di setir dan sayap belakang bagian atas akan langsung terbuka dengan kemiringan tertentu. Dengan ini mobil akan mendapatkan kecepatan tambahan dari aerodinamika itu.
  • Efek Energi Kinetik : Penggunaan teknologi Kinetic Energy Recovery System (KERS). KERS sendiri merupakan sebuah alat pada mobil yang memanfaatkan tenaga yang terbuang dari pengereman menjadi tenaga baru yang dapat menambah power mesin. Ketika mobil mengerem, tenaga yang terbuang dari pengereman itu lalu masuk kembali ke dalam mesin, dan lalu diubah menjadi tenaga baru oleh generator dan disimpan dalam sebuah baterai.

5. Aspek Realitas Audio Visual :

  • Suara meraung-raung mobil berkecepatan tinggi yang menjadi ciri khas dari balapan Formula1. Dan bahkan pada sirkuit yang jarak antar treknya berdekatan ( seperti sirkuit Sepang, Malaysia ), akan terdengar raungan mesin mobil lain yang berada di beda trek dan terhalang bangunan.
  • Efek suara penonton di tribune yang begitu terdengar ketika mobil dekat dengan tribune.
  • Jarak pandang lintasan yang berkurang jika saat balapan terdapat hujan.

                                         screenshot

Official Trailer

Gameplay Demo

 

Ahmaluddin Zinni | Buat Lencana Anda

 

Reviewer for Tugas kuliah RV:
Moh. Ahmaluddin Zinni
RV-B / 5110100128

Author: 

No Responses

Tinggalkan Balasan