Forza Motorsport 4 : Game Racing Mendekati Realita

 Review Game Realitas Virtual

Seri forza motorsport selalu menjadi andalannya Microsoft dalam genre racing. Forza motorsport mencoba bersaing dengan senjata andalannya Sony, Gran Turismo yang merupakan game simulator racing terbaik yang ada di pasaran. Setelah mendapatkan ulasan yang memuaskan dengan forza motorsport 3, studio pengembang forza, Turn 10, kembali lagi dengan Forza Motorsport 4.

Di seri yang ke 4 ini, 500 mobil dan 26 trek hadir di dalam game ini. Di dalam game ini, pemain juga bisa menggunakan fitur kinect, dimana fitur ini tidak membutuhkan kontroler (joystick) untuk mengendalikan mobilnya. Fitur ini merupakan fitur tambahan saja. Fitur yang paling di tampakkan di seri ke 4 ini adalah Autovista. Dengan fitur ini pemain bisa melihat mobil-mobil pilihan dengan detail yang luar biasa, dimana pemain mengendalikan kamera dari sudut pandang orang pertama dan melihat bagian-bagian mobil seperti komponen mesin, interior, brake pads, dan lain-lain. Tetapi tidak semua mobil yang dilengkapi fitur ini, hanya 24 mobil mempunyai fitur Autovista ini. Detail-detail mobil tersebut di komentari oleh pembawa acara BBC Top Gear, Jeremy Clarkson.

Beberapa keunggulan yang dimiliki dari game ini adalah tampak mobil baik interior dan eksterior. studio Turn 10 memberikan detail yang sangat baik sehingga mobil mobil tersebut terlihat amat nyata. Ditambah dengan adanya kompabilitas kinect, menjadikan game ini lebih terasa nyata, Sayangnya kekurangan yang fatal juga menjadikan nilai efek nyata game ini terlihat buruk, yaitu Pemain dapat menabrakkan mobil pada kecepatan 200 km/jam ke dinding trek ataupun ke mobil lawan, tanpa mengalami damage yang serius.

Tentu saja bermain di dalam sirkuit bukanlah menjadi hal yang baru bagi penggemar game genre racing. Saya sarankan kalian bermain game ini dengan perangkat audio yang memiliki teknologi canggih. Karena suara mesin ketika balapan dari tiap mobil akan terdengar beda, khususnya pada saat mengendarai Ferrari atau Aston Martin, pemain dapat merasakan efek suara yang dahsyat dan tentu saja terdengar sangat nyata.

Pada saat pemain melakukan drifting, juga tidak ketinggalan decitan suara ban yang menggesek aspal sirkuit.

Selain itu cahaya juga menjadi tantangan kita dalam melakukan balapan yang sesungguhnya. Dalam game ini, cahaya juga menjadi tantangan tersendiri dalam mengemudi, karena apabila kita berhadapan langsung dengan sinar matahari, makan pemain akan merasakan efek silau yang dapat membuat pemain kesusahan mengendarai mobilnya.

 

Screenshot :

Tampilan single-player mode cockpit

Fitur AUTOVISTA yang menampilkan detail mobil

 

Game Trailer at Youtube

Muhammad エヂアックヤル

Create your badge

Author: 

No Responses

Tinggalkan Balasan