Simulasi Taman Bungkul

 Review Game Realitas Virtual, Simulasi, Tugas Kuliah Realitas Virtual

Simulasi Taman Bungkul


Taman Bungkul  merupakan salah satu taman kota yang mempunyai peranan penting di dalam kota Surabaya. Taman ini merupakan taman yang bersejarah, awalnya taman ini terbangun karena keberadaan makam tokoh sejarah Ki Ageng Supo atau Empu Supo yang mendapat gelar Sunan Bungkul atau Mbah Bungkul. Sejak awal taman ini telah digunakan sebagai tempat aktivitas sosial masyarakat warga kota Surabaya.

Seiring dengan perjalanan waktu, kini desain taman yang diresmikan pada tanggal 21 Maret 2007 ini mengusung konsep ‘Sport, Education, dan Entertainment’ dengan fasilitas terdiri dari skateboard dan BMX track, jogging track, plaza (panggung untuk live performance), zona akses internet Wi-Fi, telepon umum, arena green park dengan kolam air mancur, playground untuk tempat bermain anak – anak serta taman yang dilengkapi dengan gazebo.

Simulasi ini kami buat dengan menggunakan beberapa tools. Untuk membangun tiap objek mulai dari tahap sketching, building object dan taging tekstrur object kami menggunakan tools Google Sketcup Pro 8 dan Tools Autodesk 3dsMax sebagai penghalus pivot pengconvert ke bentuk .fbx.  Dan untuk menyatukan keseluruhan object, kami menggunakan Unreal Development Kit (UDK-2011-05).

Nilai Edukasi

Nilai Edukasi yang dapat diberikan kepada masyrakat ialah nilai sejarah dibalik Taman Bungkul, dan dapat memperkenalkan lahan hijau yang berada dipertengahan kota Surabaya.

Nilai Realitas Virtual

Dalam Simulasi Taman Bungkul  ini kami membuat beberapa realitas yang ada pada kehidupan sebenarnya, yaitu :

Realitas Visual
–  Arsitektur taman dan bangunan  yang dibuat hampir sama seperti Taman Bungkul pada kenyaataannya.

Realitas Fisika
– Terdapat simulasi partikel air pada air mancur.
– Terdapat simulasi daun berguguran pada beberapa pohon.
– Terdapat simulasi bayangan yang muncul akibat pencahayaan dari matahari.

Tim Pembuat :
Devina Christiana [5108100051]
Yunata Dede Pratiwi [5108100072]
Visco Magistar [5108100081]
Yovanita Sidabutar [5108100102]

Author: 

No Responses

Tinggalkan Balasan