Jalan-Jalan Keliling ITS

 Uncategorized

ITS merupakan salah satu perguruan tinggi yang terkenal di Indonesia.ITS berdiri sejak tahun 1960,hingga tahun 2011 umur ITS telah mencapai 51 tahun.Tidak heran dengan umur yang cukup tua ITS mempunyai banyak fakultas dan jurusan.Total fakultas di ITS mencapai 5 buah dengan jumlah jurusan mencapai 22.Luas daerah ITS sendiri mencapai 180 hektar.

Kami membuat simulasi “Jalan-jalan keliling ITS” karena kami ingin mengenalkan kepada masyarakat sekitar bagaimana keadaan wilayah kampus ITS sehingga mereka bisa melihat bangunan-bangunan yang terdapat di ITS,luas lahannya,danau dan lain-lain sebagainya.Simulasi yang kami buat merupakan simulasi dari lahan dan bangunan ITS yang sebenarnya.Disimulasi ini kita berperan sebagai pandangan orang pertama (First Person Shooter) seperti Counter Strike,jadi kita tidak dapat melihat raga kita.Orang yang kita mainkan dapat diajak berjalan-jalan mengelilingi daerah sekitar ITS,selain mengelilingi daerah ITS mereka juga dapat memasuki gedung-gedung yang terdapat didaerah tersebut dan  melihat detil yang terdapat didalam bangunan tersebut.Jika gedung tersebut bertingkat mereka dapat menaiki tangga untuk melihat detil di lantai tersebut.

Nilai Edukasi:

Simulasi ini bertujuan untuk mengenalkan kepada masyarakat bagaimana keadaan wilayah ITS yang sebenarnya,cukup berguna bagi calon mahasiswa yang berminat untuk melanjutkan pendidikannya ke ITS sehingga mereka bisa melihat keadaan lingkungan ITS dan memantapkan pilihannya.

Nilai Realitas:

-Realitas Fakta

Bentuk gedung-gedung dan isinya yang digunakan di simulasi ini merupakan bentuk gedung ITS  yang sebenarnya.Jalan-jalan yang digunakan juga merupakan bentuk jalan dari ITS yang sebenarnya.

-Realitas Fisika

Pemain dapat terjatuh kebawah apabila berada pada tempat yang lebih tinggi dan langsung melompat kebawah,jadi simulasi ini menggunakan realita gravitasi.

-Realitas Visual

Benda-benda yang terdapat pada game ini (Gedung,danau,pohon,jalan,dll) terlihat cukup detil sesuai dengan bentuk aslinya, pemain juga dapat melihat full 3d bentuk-bentuk benda tersebut dari segala arah.

 

Kesimpulan:

Simulasi ini sangat berguna untuk memperkenalkan ITS kedalam masyarakat,sehingga masyarakat  dapat mengenal ITS lebih dalam,dan para calon mahasiswa dapat melihat lingkungan ITS jika ingin melanjutkan pendidikannya ke institusi tersebut. Bentuk-bentuk gedung serta jalan yang dipakai merupakan jiplakan dari gedung aslinya,gambar 3d yang dihasilkan cukup halus dan tidak memakan banyak resource komputer sehingga komputer lamapun juga dapat menjalankan aplikasi ini.

Spesifikasi minimum   :

  • Windows: XP SP2 or later; Mac OS X: Intel CPU & “Leopard” 10.5 or later. Note that Unity was not tested on server versions of Windows and OS X.
  • Graphics card with 64 MB of VRAM and pixel shaders or 4 texture units. Any card made in this millennium should work.
  • Using Occlusion Culling requires GPU with Occlusion Query support (some Intel GPUs do not support that).
  • The rest only depends on the complexity of your projects!.

 

Screen :

Dan temukan beberapa bangunan lainnya 🙂

Anda bisa melihat trailer videonya di :

trailer Jalan-jalan ke ITS

 

Selamat berjalan-jalan 🙂

Nama tim :

– Aditya Wibisana

– Radik Kriolampah

– Izzan Waffin

– Samsul Hadi

 

Aditya Wibisana | Create Your Badge

Author: 

No Responses

Tinggalkan Balasan