Augmented Reality Walking Man

 Review Game Realitas Virtual, Simulasi

Alhamdulillah, setelah melalui perjalanan yang cukup panjang *haish*.. akhirnya kami berempat ingin memamerkan hasil karya aplikasi kami. Yang mana, aplikasi ini berbasis augmented reality yang dapat menampilkan objek manusia yang dapat dilihat dari segala arah dan mengendalikan manusia tersebut dengan menggunakan papan marker yang khas digunakan dalam aplikasi berbasis augmented reality.

Tentunya orang tersebut dapat digerakkan, tidak statis yang cuma diam saja. Kita dapat mengendalikan gerakan orang tersebut maju dan mundur. dengan cara memiringkan gambar markernya seperti gambar berikut.

Selain itu, kita juga bisa melihat gerakan orang tersebut secara berputar. dengan cara menggerakan marker seperti berikut.

Walaupun sederhana dan hanya bisa bergerak secara monoton.. hal ini cukup bikin mencengangkan, dan bisa jadi mainan baru buat para pecinta game-game yang berbau realita. Mungkin buat orang yang awam, lihat aplikasi berbasis AR seperti ini bikin jadi bertanya-tanya. “Kok bisa ya, muncul benda sesuatu setelah dilihat dengan kamera?” Nah itulah ajaibnya AR.

Namun dibalik keajaiban itu, kita juga menemui banyak kesulitan di dalam proses pembuatannya. Kesulitan dalam pembuatan aplikasi AR, berada pada proses konfigurasinya. hal tersebut memakan waktu hingga 4 hari. setelah itu pada saat menampilkan tekstur dan animasi objek. Jika ingin menampilkan objek dengan kreasi sendiri, yang diberi tekstur dan animasi sendiri, hal tersebut juga perlu ketekunan lebih. Permasalahannya bukan pada saat pembuatan objeknya. Namun pada saat importing & penggunaan objek tersebut dalam aplikasi AR.

Ke depannya, pengembangan aplikasi berbasis AR akan semakin membaik. Dan akan semakin menunjukkan sisi realita yang sesungguhnya. Sedangkan saat ini, sisi realita yang bisa kami perlihatkan dalam aplikasi yang kami buat ini, berada pada objek manusianya, yang bisa bergerak ke sana kemari.

Pada saat mendemokan aplikasi AR ini ke dosen kami, kami juga mencoba menunjukkan implementasi animasi objek pesawat capsule dengan menggunakan augmented reality. Sayangnya untuk objek pesawat capsule kami belum sempat merekamnya. Kami hanya sempat merekam untuk objek manusia saja.

 

About Us :

Sandi Rizky Kharisma

Yohanda Mandala

Toni Candra K
Toni Kun

Buat Lencana Anda

Rizaldy Rahmadia Catra

Create Your Badge

Author: 

6 Responses

  1. diwanAgustus 25, 2011 at 3:35 PMReply

    kalo boleh tau,agan2 menggunakan tool apa untuk AR nya?

  2. ardhiSeptember 26, 2011 at 12:35 PMReply

    selamat siang…
    saya mau tanya… apakah dari pihak sini pernah ada yang menjadi pembicara dalam suatu seminar?

    kebetulan kampus saya di daerah semarang, lagi butuh pembicara dengan tema
    Augmented Reality – Flartoolkit / ARtoolkit
    jika bersedia,
    itu mau dalam bentuk kerjasama / dengan membyar pemateri nantinya, kalo pemateri kira-kira berapa?
    kontak email saya di ardhi.informatika@gmail.com

    terimakasih 🙂

    • iMaM KuswardayanSeptember 28, 2011 at 4:36 AMReply

      mas Ardhi silakan mengontak salah satu dari 3 anggota tim yang membuatnya. ada link facebooknya tuh di bagian bawah artikel.

  3. padankJuni 16, 2012 at 2:33 PMReply

    Gan,, ada tutorial ga cara membuat game berbasis AR, kalau ada, mohon infonya ya gan, terimakasih gan sebelumnya Ass.wr.wb

Tinggalkan Balasan