Review Aspek Realitas Farm Frenzy

 Review Game Realitas Virtual, Simulasi, Tugas Kuliah Realitas Virtual

gambar 2

Farm Frenzy adalah sebuah game simulasi peternakan. Pemain seolah-olah diajak untuk menjadi peternak dimana memiliki sejumlah hewan dan dapat menjual hasil produksi dari hewan tersebut. Semakin banyak uang yang dipunya peternak maka kemungkinan dia untuk memperbesar peternakannya pun semakin besar.

tampilan level pada farm frenzy

Dalam game ini terdapat beberapa hewan yang dapat memproduksi bahan baku. Dan terdapat beberapa mesin yang dapat mengolah bahan baku menjadi suatu produk. Produk disimpan dalam gudang dan akhirnya akan dijual untuk mendapatkan uang. Uang digunakan untuk mengupgrade mesin, gudang, dan kendaraan untuk menjual barang. Uang juga dapat digunakan untuk membeli hewan, dengan semakin banyaknya hewan produksi bahan baku juga akan semakin banyak. Semakin sering mesin di upgrade maka kemampuan mengolah bahan baku akan lebih cepat. Gudang yang diupgrade akan dapat menampung produk lebih banyak. Kendaraan yang diupgrade dapat menambah kapasitas untuk menjual produk ke pasar dan setiap kendaraan memiliki kecepatan mengantarkan barang yang berbeda.

Pemain dihadapkan pada 2 hal yaitu waktu dan musuh. Setiap level memiliki kapasitas waktu dan target yang harus didapat. Apabila dapat mencapai batas, maka dapat melanjutkan ke level berikutnya. Musuh dalam game ini adalah beruang yang tiba tiba jatuh dan membunuh hewan hewan yang ada di peternakan. Cara membunuh beruang ini dengan mengklik beruang tersebut berkali-kali hingga terkurung dalam sebuah kandang. Beruang yang sudah terkurung sebaiknya segera dimasukkan ke gudang, apabila tidak beruang akan lepas.

tampilan peternakan

Game Play

Awalnya disediakan hewan dasar yaitu bebek untuk mendapatkan modal awal. Bebek yang diberi makan(rumput) akan mengeluarkan telur. Jangan lupa untuk mengambil telur yang telah dihasilkan oleh bebek. Setelah diambil secara otomatis telur disimpan dalam gudang. Setelah itu ada dua pilihan, telur ingin dijual dengan menggunakan kendaraan yang tersedia lalu mendapatkan uang atau mengolah telur tersebut dengan memasukkannya ke dalam mesin yang akan menghasilkan suatu produk. Setelah menjadi suatu produk jangan lupa untuk menekan hasil produk itu agar masuk kedalam gudang. Hasil produksi yang dan bahan baku yg dikeluarkan hewan akan menghilang apabila tidak cepat-cepat dimasukkan kedalam gudang. Jangan lupa berhati-hati pada beruang yang tiba-tiba jatuh dari langit dan dapat membunuh hewan di peternakanmu. Klik sajaa beruang itu berkali-kali hingga ia terkurung. Selamat mencoba 🙂

tampilan peternakan pada farm frenzy

Aspek realitas dalam game ini :

Realitas Fakta

  • hasil produksi dari setiap hewan sama seperti yang ada pada kenyataan
  • jenis hewan yang sama seperti yang ada pada kenyataan

Realitas Proses/ Sebab Akibat

  • Uang akan berkurang jika peternak membeli hewan baru.
  • Uang akan bertambah jika hasil produk telah dijual.
  • Hewan akan mati jika diterkam beruang
  • Hewan akan mati jika tidak diberi makan
  • Mesin pengolah akan semakin cepat jika telah diupgrade

Realitas Fisika

  • Awan yang bergerak
  • Kecepatan kendaraan saat mengantarkan hasil produksi

Realitas Audio

  • Suara hewan yang sama seperti pada kenyataan.
  • Terdapat suara rumput dan air seperti pada kenyataan
  • Suara kandang saat beruang akan lepas

Realitas Visual

  • Terdapat bayangan saat beruang akan jatuh
  • Game manampilkan keadaan peternakan seperti yang ada pada kenyataan, terdapat rumput, hewan, gudang, mesin pengolah dan awan.

Realitas Kejadian Acak

<tidak ada>

link trailer : https://www.youtube.com/watch?v=tZornhmb-T0

Astari Larasati (5111100186)

 

 

 

1.

Astari Larasati | Create your badge

Author: 

No Responses

Tinggalkan Balasan