Manarul Ilmi – The Simulation

 Simulasi, Tugas Kuliah Realitas Virtual, Uncategorized

Sekilas game

Game ini merupakan sebuah simulasi mengenai Masjid Manarul Ilmi, yaitu sebuah masjid kebanggaan Institut Teknologi Sepuluh Nopember. Game ini dibuat dengan menggunakan Google Skecth Up 8 dan Unreal Development Kit (UDK). Game ini manggambarkan bentuk Masjid Manarul Ilmi yang sangat mirip dengan bentuk aslinya.

Manarul Ilmi tampak depan

Gambar 1. Masjid Manarul Ilmi ITS dilihat dari depan

 

Dalam game ini, pemain akan diajak untuk berkeliling melihat kemegahan dari Masjid Manarul Ilmi ITS. Pemain bisa mengunjungi berbagai bagian dari masjid, seperti ruang utama, serambi barat, serambi timur, dan bahkan ruang BU dan ruang pengurus masjid yang biasanya tidak bisa sembarangan dimasuki. Segala tata letak ruang dan bentuk yang ada dalam game ini dibuat semirip mungkin dengan bentuk aslinya.

Ruang utama Manarul Ilmi

Gambar 2. Ruang utama Masjid Manarul Ilmi ITS

 

Selain menampilkan bentuk dan kemegahan Masjid Manarul Ilmi ITS. Dalam game ini juga ditambahkan berbagai objek yang membuat tampilan menjadi lebih indah dan menarik. Beberapa objek tersebut diantaranya pepohonan dan rumput yang membuat suasana menjadi terkesan alami. Selain itu juga terdapat pintu gerbang untuk menambah kemegahan masjid. Pencahayaan dalam game ini juga sangat nyata berkat kecanggihan teknologi UDK sehingga ketika memainkan game ini anda seakan-akan dibawa ke dunia lain yang sangat indah.

Ruang akhwat Manarul Ilmi

Gambar 3. Ruang akhwat (putri) Masjid Manarul Ilmi ITS

 

Cara bermain

Untuk memainkan game ini cukup sederhana. Pemain cukup menggunakan tombol WASD pada papan ketik untuk bergerak dari ke atas, ke kiri, ke bawah, atau ke kanan. Pemain juga bisa menekan tombol spasi untuk melompat. Pemain juga bisa merubah pandangan kamera layaknya permainan berjenis First Person Shooter (FPS) pada umumnya. Hanya saja, dalam game ini tidak disediakan pistol atau senjata apapun, karena di masjid bukan tempat untuk tembak-tembakan :D.

 

Realitas Virtual

Aspek realitas virtual yang ditampilkan pada game ini adalah sebagai berikut :

    • Realitas Visual
      • Segala bentuk dan posisi objek mirip dengan bentuk aslinya
      • Ukuran dari objek-objek dibuat sebanding dengan ukuran aslinya

 

  • Realitas Fisika
    • Pemain bisa berjalan dan melompat sesuai dengan hukum fisika mengenai gerak dan gravitasi
    • Cabang-cabang pada pepohonan dalam game akan bergerak jika tertiup angin
    • Pemain tidak bisa menembus objek-objek padat seperti tiang, dinding, dan sebagainya. Hal ini sesuai dengan hukum fisika yang menyatakan bahwa dua benda padat tidak bisa menempati satu ruang yang sama

 

Video

Untuk video pada game ini bisa dilihat dibawah :

http://youtu.be/lQnaB_w8_R0

 

 

Pengulas :

Author: 

No Responses

Tinggalkan Balasan