CITIES XL 2011 : Make Your Dream City !!

 Simulasi, Uncategorized

CitiesXL2011

CitiesXL2011

Game : Cities XL 2011

Release : October, 14th 2010

Genre : City Builder Simulation

Developer : Focus Home Interactive (France)

Available Platforms : PC

Players : Single Player Mode

ESRB Rating : PEGI 7+

Website : http://www2.citiesxl.com/


Player akan bermain sebagai seorang mayor yang harus bisa menyeimbangkan antara pembangunan ekonomi kota, transportasi publik, perumahan, layanan sosial, aktivitas hiburan, traffic, pajak, berbagai event spesial di kota tersebut, dan lain-lain.

žDengan 700 gaya bangunan yang berbeda, kondisi yang berbeda untuk masing-masing region tempat, cuaca yang unik, ditambah beberapa jenis terrain, player akan memiliki nuansa yang berbeda dengan masing-masing kota baru.

Nilai edukasi yang bisa didapatkan dari game ini

Nilai edukasi yang ada dalam game ini dapat kita rasakan pada saat kota yang telah kita buat mulai berkembang, dari sana akan timbul banyak permasalahan yang harus kita solve satu per satu untuk dapat membuat kota kita menjadi kota yang tak hanya indah, namun juga makmur karena setiap penduduk mampu menghidupi dirinya sendiri.

Tak hanya nilai ‘problem solving’ saja yang kita dapatkan, pada saat kota kita mulai maju, kita juga harus memperhatikan komposisi dari setiap model penduduk sehingga kota kita tetap balance baik dalam urusan pekerjaan, entertainment, pendidikan, keamanan, dan financial. Memanajemen kota akan jauh lebih menyenangkan pada saat kita memiliki resource (uang) yang memadai untuk membangun setiap jengkal kota kita.

Unsur Kenyataan (Realitas) di dalam game

Random Reality

Realitas Random yang berjalan baik untuk beberapa case, misalnya setiap orang yang tinggal di perumahan akan mencari atau mendapatkan pekerjaan di tempat-tempat yang dekat dengan tempat tinggalnya, pembangunan gedung, dan lain-lain.

žRealitas Random yang tidak berjalan baik pada beberapa case, misalnya randomisasi cuaca tidak ada, dan beberapa case yang justru seharusnya tidak diberikan secara random.

poin : 6.5

Causal Reality

Realitas Sebab-Akibat dapat ditemukan player pada saat player melakukan pembangunan, tata letak bangunan-bangunan yang kurang baik dapat menimbulkan kerugian pada perusahaan yang ada, traffic yang jelek, dan juga tingkat polusi yang tinggi.

Realitas Sebab-Akibat yang buruk secara implisit dapat kita lihat pada saat kota kita mulai berkembang, ternyata dari jumlah perumahan maupun jumlah pabrik/perusahaan yang ada, jumlah kendaraan yang melintas di dalam kota hanya sedikit (perbandingan berbeda jauh).

poin : 7.5

Audio Reality

Realitas Audio dapat kita perhatikan berbeda pada saat layar kamera kita dekatkan pada objek-objek yang berbeda, kompleks perumahan (hanya suara mobil yang lalu lalang), kompleks pabrik (suara pabrik), da lain-lain.

Suatu blunder yang dibuat Focus pada Realitas Audio dapat kita temukan pada saat kita dekatkan layar kamera di perumahan, jumlah traffic pada keadaan yang ada tidak sebanyak jumlah traffic pada keadaan audio.

poin : 6.5

Fact Reality

žRealitas Fakta yang ada sudah sangat baik dilakukan oleh Focus untuk ‘mathematical model’ dari game ini, namun untuk ‘physical model’-nya masih perlu banyak perbaikan.

Realitas Fakta untuk ‘mathematical model’ terpetakan baik hampir di seluruh game, mulai dari kondisi ekonomi masyarakat, kondisi keuangan kota, perkembangan kota (mulai dari desa hingga menjadi kota yang besar), transaksi ekspor-impor, traffic, dan lain-lain.

poin : 8.0

Visual Reality

Aspek Realitas Visual untuk game ini sudah baik dengan diandalkannya lebih dari 700 bentuk bangunan dan struktur unik (dekorasi kota).

Perbaikan yang diperlukan selain pendetailan pada karakter manusia dan beberapa pendetailan lain, adalah penambahan variasi pada kendaraan, karakter manusia, dan dekorasi-dekorasi kota yang ada.

poin : 8.5

Physics Reality

žAspek Realitas Fisika dapat kita temukan pada pergerakan kendaraan, yaitu percepatan, perlambatan, dan lain-lain. žYang perlu diperbaiki untuk Realitas Fisika dari game ini adalah pada pergerakan kendaraan belok.

Realitas Fisika pada game ini tidak begitu jelas terlihat pada saat player mulai bermain game karena memang hanya terdapat/terbatas pada kendaraan/traffic  yang ada saja.

poin : 7.0

Overall : 7.33

žAspek Realitas pada game ini berjalan dengan sangat baik pada ‘mathematical model’-nya, dan tidak terlalu buruk pada ‘physical model’-nya.

Kekuatan pada game ini tergambar jelas pada ‘mathematical model’-nya, segala perhitungan dilakukan dengan cermat sehingga memungkinkan player untuk mengatur pemerintahan kotanya se-real mungkin.

Tampilan yang terkesan standar pada game ini lah yang membuat ‘physical model’-nya biasa-biasa saja, bahkan variasi bentuk bangunan yang begitu banyak pun tak mampu mengangkat kelemahan pada tampilan yang miss pada beberapa fitur penting.

penulis :
Visco Magistar
5108100081


Visco Magistar | Create Your Badge

Author: 

No Responses

Tinggalkan Balasan