I am an Air Traffic Controller 3 – Tokyo Big Wing

 Review Game Edukasi, Simulasi, Umum

I am an Air Traffic Controller 3 - Tokyo Big Wing

Pernah membayangkan bekerja sebagai seorang Air Traffic Controller ? Atau bercita – cita menjadi seorang Air Traffic Controller ?. Eh bentar – bentar, mungkin malah ada yang bingung, Air Traffic Controller itu apa???

Di tengah keterbatasan seorang pilot di dalam kokpit pesawatnya, Lalu lintas udara membutuhkan pengatur jalannya pesawat, seorang pengatur kapan pesawat take off dan landing dengan aman serta nyaman. Wow 😛 , kedengarannya menarik. Menjadi seseorang yang mengatur perjalanan lalu lintas udara. Memastikan semua penumpang pesawat bisa sampai ke tempat tujuan mereka dengan selamat, memastikan tidak ada pesawat yang mengalami insiden ketika beroperasi, wah sepertinya tanggung jawab yang besar dengan resiko yang lumayan besar juga tentunya.

Aerostudios (USA) and TechnoBrain CO., Ltd. (Japan) mempersembahkan sebuah game simulasi Air Traffic Controller berjudul “I am an Air Traffic Controller 3”. Sebuah game simulasi “Real World”, bagaimana seorang Air Traffic Controller bekerja. Bagaimana ketegangan dan beban yang dirasakan seorang Air Traffic controller dalam mengatur lalu lintas udara. Ketika terjadi insiden, seperti perubahan cuaca mendadak yang memaksa bandara ditutup sehingga mengubah semua jadwal penerbangan yang sudah kita susun matang – matang, hingga kecelakaan udara yang mungkin terjadi secara tiba – tiba dan tidak kita perhitungkan sebelumnya.

Game Play

“I am an Air Traffic Controller 3 – Tokyo Big Wing” memungkinkan kita untuk bertindak sebagai pengendali lalu lintas udara (ATC) di Tokyo International Airport. Sebagai ATC, kita akan mengeluarkan instruksi untuk izin rute, ground control, kontrol menara dan kontrol keberangkatan maupun kedatangan.

Simulasi 3600 view dari Bandar Udara Internasional Tokyo direproduksi dengan sangat detail. Ada 6 tahap gameplay baik pada tingkat normal ( normal mode ) dan hard ( Expert Mode ). Setiap tahap menawarkan perubahan kondisi cuaca, dan waktu yang berbeda dalam sehari.

Ada beberapa kamera yang tersedia yang memungkinkan berbagai sudut pandang dari mana kita melakukan tugas ATC. Sebagai ground control, kita harus mengeluarkan instruksi taksi ( taxi way ) yang akan memungkinkan pesawat untuk bergerak dalam lingkungan bandara menghindari tabrakan dengan pesawat lain. Tapi, waspadalah terhadap serbuan pesawat yang akan melakukan Take Off dan Landing secara bersamaan!.

Sebagai Tower Controller, kita akan mengeluarkan instruksi pendaratan dan keberangkatan. Sebagai Controller Kedatangan pesawat (approach/departure controller) kita diharuskan memilih rute penerbangan yang tepat untuk menjaga agar pesawat sesuai jadwal, dan menghindari semua insiden yang mungkin terjadi. Antarmuka untuk “I am an Air Traffic Controller 3 – Tokyo Big Wing” sangat – sangat menawan. Semua instruksi yang diperlukan  selama bermain game hanya membutuhkan mouse click saja, dan tidak ada instruksi menggunakan keyboard, jadi sungguh sangat user friendly! 😛

Screen Capture

Tokyo International AirportView Tokyo International Airport

ATC OfficeAir Traffic Controller Room

Daftar Pesawat yang akan Takeoff ( hijau ) dan Landing ( kuning )

TaxiMenentukan Rute Taxi Pesawat

Progress Bar dalam game
Radar Pesawat

TakeOff

Nilai Edukasi

Berikut adalah nilai edukasi yang didapatkan selama bermain game “I am an Air Traffic Controller 3 – Tokyo Big Wing” :

  • Mengenal berbagai macam jenis pesawat di dunia. Mulai pesawat kecil berbaling – baling ( seri ATR ) hingga pesawat Jumbo Jet B-747-400
  • Mengenal tatacara seorang Air Traffic Controller ketika melakukan tugasnya. Bisa menjadi simulasi awal jika anda ingin menjadi seorang Air Traffic Controller.
  • Mengenal proses – proses apa saja yang harus dilalui oleh pesawat, ketika akan take-off, hingga landing kembali di bandara tujuan.
  • Mengenal instrumen – instrumen pendaratan pada bandara beserta kegunaannya.
  • Mengetahui detail bandara, khususnya Tokyo International Airport Japan yang menjadi model lingkungan dalam game ini.
  • Mengetahui jenis – jenis insiden yang biasanya menimpa pesawat dalam operasinya, semisal bird strike ( ada burung yang tersedot dalam mesin pesawat ), head on ( pesawat bertubrukan di darat ) dan sebagainya

Realitas dalam Game :

Realitas Sebab Akibat :

  1. Jika anda melakukan kesalahan pada saat menyusun jadwal penerbangan, maka akan banyak sekali pesawat yang mengalami delay sehingga akan merugikan dari segi point permainan.
  2. Jika kita mendaratkan pesawat pada landasan yang sedang ditutup karena arah angin / cuaca yang buruk, pilot akan menolak dan mengakibatkan stress bar naik karena jadwal menjadi kacau.
  3. Pemilihan rute penrbangan harus tepat dan pastikan tidak ada pesawat yang saling memotong rute, karena bisa mengakibatkan pesawat bertabrakan di udara. Hal ini juga berlaku pada pemilihan rute ketika Taxi ( parkir bandara ).
  4. Respon pada permintaan rute pesawat yang terlalu lama akan mengakibatkan pesawat memutuskan rute sendiri dan akan mengurangi point kita serta meningkatkan stress bar.

Realitas Fisika :

  1. Ketika pesawat menyentuh landasan pada saat mendarat, suara decit roda terdengar jelas disertai dengan kepulan asap akibat gesekan roda sehingga terlihat sangat realistis.
  2. Suasana alam dalam game mengikuti suasana pada dunia sebenarnya. Ketika game dimulai pada pagi hari, matahari berada pada ufuk timur dan pencahayaan masih belum terlalu terang ( suasana subuh ) dan akhirnya gelap ketika memasuki malam hari. Bayangan objek dalam game juga mengikuti pergerakan matahari ini.
  3. Fenomena hujan juga terjadi  pada game ini. Ketika hujan disertai angin keras, maka air hujan akan terlihat miring mengikuti arah angin berhembus.

Realitas Kejadian Acak :

  • Insiden pesawat, seperti bird strike, cuaca memburuk sehingga harus menutup bandara terjadi secara acak, sehingga diperlukan kesiapan dan kesigapan dalam menangani perubahan yang terjadi.

Realitas Fakta :

  1. Poin – poin navigasi pesawat ketika menuju bandara atau meninggalkan bandara juga dibuat sama dengan dunia nyata, sehingga kita bisa merasakan bagaimana menjadi Air Traffic Controller yang menentukan poin optimal agar pesawat bisa menuju atau meninggalkan bandara dengan sempurna.
  2. Semua nama tempat dan tipe pesawat dalam game ini adalah nama – nama nyata.
  3. Prosedur untuk take off atau pun landing ( ijin – ijin yang dikeluarkan oleh Air Traffic Controller ) suatu pesawat sama dengan prosedur yang harus dilalui pada dunia nyata, sehingga kita benar – benar merasa menjadi seorang Air Traffic Controller.

Realitas Audio Visual :

  1. Model peswat yang digunakan dalam game ini bermacam – macam sesuai dengan tipe pesawat dalam dunia nyata. Tiap model dibuat sedetil mungkin, mulai dari bentuk sayap, ekor, hingga mesin pesawat.
  2. Suara deru mesin pesawat seperti aslinya, suara akan membesar ketika pesawat akan take – off dan mengecil ketika sudah tiba di parking area.
  3. Lingkungan bandara beserta alat – alat pendukung navigasi pesawat mirip sekali dengan lingkungan asli di dunia nyata yaitu Tokyo International Airport. Tiap detail bandara diperhatikan, struktur bangunan dibuat sangat mirip, sehingga orang yang pernah melihat Tokyo International Airport akan mengetahui secara langsung bahwa bandara yang digunakan dalam game ini adalah Tokyo International Airport

SYSTEM REQUIREMENTS
OS – Windows XP / Vista / 7
CPU -1.8GHz(Pentium4) minimum
System Memory – 512MB/ Vista – 1GB
Storage Space – 1.2GB
Video cards – DirectX9 compatible/·Intel915G
NVIDIA GeForce 5000/ATI RADEON X300 or newer 9200 or newer
with 64MB video memory / Vista-128MB video memory
DirectX Sound compatible sound card
DVD-ROM drive
Video display resolution 1024×768 or higher (widescreen mode is supported)

Penulis :
Rizky Widhanto Herlambang ( 5108100186 )
Rizky Widhanto Herlambang

Create Your Badge

Author: 

One Response

  1. masedi26April 26, 2013 at 4:41 PMReply

    gan,ada yang tahu jual ini game gak…

Tinggalkan Balasan