Cities XL 2011

 Review Game Edukasi

Pernahkah terbayang menjadi seseorang yang merintis sebuah kota kecil menjadi sebuah kota besar? Pernahkah terbayang menjadi seseorang yang memimpin dan mengambil keputusan jika terdapat permasalahan di sebuah kota? Pernahkah terbayang mengelola kota besar dengan berbagai macam permasalahannya?

cover

Genre : City Simulator

Stats Rating : 70 of 100 (http://www.metacritic.com/game/pc/cities-xl-2011)

Rating Category : Everyone (esrb.org)

Platform : Microsoft Windows

Developer : Monte Cristo sebelum dialihtangankan ke Focus Home Interactive

Tahun rilis : 14 Oktober 2010

 

Seperti itulah gambaran dari game Cities XL 2011. Game awalnya dikembangkan oleh Monte Cristo, sebuah developer game komputer dari Prancis, yang kemudian dijual ke Focus Home Interactive setelah mengalami kebangkrutan pada tahun 2010. Game ini sebenarnya merupakan game kedua dari franchiseCities XL yangdifokuskan padasingle-player mode, dirilis pada 14 Oktober 2010.

Di game Cities XL 2011 memiliki fitur yang lebih baik yang dikembangkan dari City XL sebelumnya, seperti penambahan gedung, semakin luasnya peta yang tersedia, public transport yang semakin berkembang, pengembangan sistem perpajakan kotanya, hingga pilihan trading barang-barangnya. Selain itu graphic dan game tutorial juga sudah lebih berkembang daripada City XL sebelumnya.

profil5 profil2

 

profil3 profil4

Gameplay pada Cities XL ini, player awalnya akan menentukan area tanah kosong yang nantinya akan dibangun sebuah kota. Tiap area tanahnya memiliki sifatnya masing-masing berdasarkan tingkat polusinya, bentuk tanahnya dan lain-lain. Tiap areanya juga memiliki tingkat kesulitan yang berbeda-beda. Setelah memilih sebuah kota, player bisa mulai membangun kotanya. Player memiliki 2 pilihan, membangun kotanya terlebih dahulu atau membangun akses jalan dari luar menuju kota untuk menarik para pendatang. Jika map1membangun kota, player diharuskan terlebih dahulu membangun town hall yang merupakan pusat kota yang kemudian bisa diikuti dengan pilihan gedung lainnya sesuai fungsinya masing-masing untuk memfasilitasi warga kotanya.

Warga kotanya sendiri terbagi menjadi 4, yakni :

  1. Unskilled workers, warga yang pertama kali mengisi kota player. Sifatnya sebagai pekerja kasar, seperti di pertanian, perternakan, karyawan industri
  2. Skilled workers, warga yang berada di atas unskilled workers. Sifatnya bekerja di perkantoran kecil
  3. Executives, warga yang berada di atas skilled workers. Sifatnya bekerja di perkantoran yang lebih besar
  4. Elites, warga yang paling tinggi statusnya. Sifatnya bekerja di gedung pencakar langit dan yang paling sulit untuk melayani keinginan mereka

dan tiap karakteristik dari 4 warga kota ini, memiliki tingkat kepuasan yang berbeda-beda. Semakin tinggi statusnya, maka pelayanan yang harus diberikan juga semakin sulit untuk memenuhi keinganan mereka. Biasanya warga kota yang statusnya lebih tinggi muncul, jika kita sudah bisa membangun sebuah perusahaan yang memang membutuhkan sesuai karakteristik warga kotanya ini, dan untuk bisa membuka menu gedung baru, biasanya jika jumlah sebuah karakteristik warga kota telah mencapai jumlah tertentu.

Di game player diberi modal sesuai area dan tingkat kesulitan area yang dipilihnya. Modal player tidak boleh sampai bangkrut, jika bangkrut maka game over. Biasanya player bisa meningkatkan pajak yang ditarik dari warganya untuk mendapatkan modal untuk mengembangkan kotanya, namun harus seimbang dengan keinginan warga kotanya. Jika terlalu berlebih, tingkat kepuasan warga kota menurun, begitu juga sebaliknya.

Game ini memberikan banyak kemungkinan untuk player. Karena di game ini bisa muncul berbagaimap2 masalah, seperti permasalahan traffic, limbah, hingga warga kota yang mogok kerja karena berbagai alasan. Di sinilah player harus bisa membuat keputusan terbaik untuk melayani warga kotanya, di samping juga mencari keuntungan untuk bisa mengembangkan kota menjadi lebih besar lagi. Try it and enjoy be a mayor.

 

Nilai Edukasi :

– Player dapat belajar bagaimana mengelola keuangan dari sejumlah modal yang telah diberikan

– Player dapat belajar bagaimana mengambil sebuah keputusan dari suatu permasalahan

– Player dapat belajar bagaimana menarik orang untuk dijadikan warga kota

– Player bisa lebih kreatif mendesain sebuah kota

– Player bisa belajar bagaimana mengelola sebuah kota besar dengan permasalahan-permasalahan yang ada

 

Video Trailer :

 

Facebook Badge :

BADGE

 

 

Disusun Oleh :

Ananta Pratama Chrisna Putra(5110100107)

Kelas Pembuatan Game A

Author: 

No Responses

Tinggalkan Balasan