CellCraft Game

 Kesehatan, Review Game Edukasi, Uncategorized

Menu Screen

CellCraft adalah game edukasi biologi yang dibuat oleh CellCraft Team pada tahun 2010. Selama memainkan game ini maka secara tidak langsung kita akan mempelajari salah satu bab pada pelajaran biologi yaitu sel organik. Pelajaran yang dipelajari ketika masih di bangku Sekolah Menengah.

Dooms-meteor

spike and sydney

Cerita pada permainan ini bermula ketika dua ekor platypus ahli biologi bernama spike dan sydney mulai menyadari bahwa planetnya akan segera hancur terkena hantaman meteor. Mereka mencari cara untuk menyelamatkan spesiesnya dari kepunahan. Kemudian mereka menemukan cara yaitu dengan membangun sebuah amuba yang akan menampung potongan dna platypus dan membawanya terbang melintasi angkasa menuju ke planet bumi.

Diawal permainan, pemain hanya akan menggerakkan amuba yang belum berorgan lengkap. Seiring dengan berlanjutnya permainan maka amuba tersebut akan memiliki banyak organ.

begin cellcraft

full cell

 

Aturan main

Game ini memiliki aturan main yang sangat sederhana, pemain bisa menggerakkan amuba menggunakan mouse.Pada setiap stage akan ada objektif tertentu, seperti ketika mendapatkan organ sel baru maka pemain harus memanfaatkannya untuk mendapatkan komponen yang memiliki fungsi tertentu.

got-glukosa

Glukosa

got-centrosome

Setiap mendapatkan organ baru maka akan muncul animasi ilustrasi penjelasan dan fungsi organ tersebut. Jika masih belum jelas, penjelasan tiap organ bisa dilihat di ensiklopedia yang bisa dibuka selama permainan berlangsung.

encyclopedia-mytocondria

encyclopedia-nukleus

Salah satu organ sel, berfungsi untuk memberikan ketahanan terhadap virus yang menyerang dari luar sel, jika organ tersebut sudah didapat maka virus akan mulai menyerang amuba. Pemain harus dapat mempertahankan membran sel agar tidak pecah atau mempertahankan inti sel agar tidak mengalami lisis (kerusakan), karena bila itu terjadi maka permainan berakhir. Untuk membentuk komponen komponen sel diperlukan glukosa, ATP, AA, NA, dan FA. Untuk glukosa, AA, dan NA bisa didapatkan dengan menggerakkan sel menyusuri arena permainan. Untuk glukosa dan FA diproduksi oleh organ sel, jadi bila organ sel tersebut mati maka glukosa dan FA tidak bisa didapat lagi.

Virus yang menyerang ada tiga macam, yaitu:

Injector virus

injector virus

Invader virus

invader virus

Infester virus

infester virus

 

Genre dan Tema

Genre dari game ini adalah strategi, hal itu terllihat ketika kita harus menggunakan strategi untuk menghadapi virus yang menyerang dengan resource yang terbatas. Game ini bertema mengenai eksperimen biologi yaitu eksperimen sel.

 

ESRB dan Status Rating Game

Game ini tidak memiliki rating esrb, tetapi beberapa situs yang mereview game memberikan nilai yang cukup bagus. situs sciencegamecenter.org memberikan nilai 14.0/15 dan situs omgn.com memberikan nilai 9.0/10. Angka yang sangat bagus untuk sebuah game edukasi.

 

Nilai Edukasi

  1. Memberikan informasi kepada pemain mengenai organ organ dan istilah yang ada pada sel.
  2. Memberikan informasi kepada pemain mengenai fungsi organ organ yang terdapat pada sel serta ilustrasi yang dapat memudahkan pemain untuk menyerap informasi tersebut.
  3. Memberikan informasi kepada pemain mengenai cara kerja virus dalam menginfeksi sel.

 

Berikut ini adalah video trailer dan play demo game cellcraft.

Trailer Video

play demo

 

Identitas pereview

Nama: M. Aminudin Rahman

NRP: 5110100143

Aminudin Rahman Muhamad|Create Your Badge

 

Author: 

No Responses

Tinggalkan Balasan