Square Enix – Nicotto Town

 Uncategorized
Square Enix dan Warga Informatika ITS

Pada tanggal 8 November 2012 di Aula Teknik Informatika ITS kedatangan tamu spesial dari Jepang yaitu Square Enix untuk mengisi kuliah tamu Game.  Square Enix  merupakan perusahaan game yang besar yang dibagi menjadi dua, yaitu Square Enix Jepang dan Square Enix Amerika. Di jepang sendiri, karena bussiness mereka tidak hanya satu, mereka dibagi lagi menjadi beberapa lab yang masing – masing lab menangani tentang Digital Entertainment, Amusement, Publication, Merchandising.

Pada kuliah tamu kali ini, bukannya memberi ceramah seperti pembicara – pembicara biasanya, tetapi justru Square Enix memberikan warna yang berbeda dengan menampilkan game buatannya yang saat ini sedang menjadi hits di Jepang yaitu game “Nicotto Town”. Game “Nicotto Town” yang dirilis pada tahun 2008 oleh Smile Lab, merupakan game yang bergenre social game yang berbasis Web. Mungkin lebih mudahnya bisa disamakan dengan game-game yang dimainkan melalui facebook. Game ini mengusung tema tentang kehidupan sehari-hari penduduk Jepang.

Mr. Sachiko Takahashi selaku Manager Business Development Square Enix menjelaskan, ”Inti dari social game ini adalah user mendapat kesenangan dan kepuasan yang mereka tentukan sendiri”

“Selain itu, avatar yang dibuat disesuaikan dengan kesukaan orang jepang, yaitu dengan karakter yang ‘unyu unyu’”, lanjut Beliau yang membuat peserta kuliah tertawa, karena aksen jepangnya yang unik saat mengatakan unyu-unyu.

Dijelaskan juga oleh beliau, bahwa untuk membuat game menjadi laku dipasaran adalah mencari tahu apa yang sedang diinginkan oleh banyak orang, lalu mengemasnya dalam sebuah game yang menarik. Seperti dalam game Nicotto town ini, untuk memulai bermain game ini user tidak akan dikenakan biaya sama sekali, selain itu user akan mendapatkan avatar dan my home secara gratis. Namun, untuk selanjutanya dalam memodifikasi avatar, dan rumahnya user harus membeli item berbayar.

Game ini juga memiliki banyak event yang mirip dengan dunia nyata, seperti Christmas day, Valentine day, dan lain sebagainya. User diajak untuk turut berpartisipasi dalam tiap event tersebut, sehingga user tidak merasa bosan. Selain itu, juga dirilis avatar-avatar baru dan modifikasi-modifikasinya sesuai dengan event yang sedang berlangsung dan cuaca yang sedang terjadi di Negera Matahari Terbit tersebut.

“Dengan fitur-fitur yang telah diberikan, diharapkan user akan merasa bahwa game ini real seperti dunia nyata,” jelas Mr Sachiko.

Preview Game :

Author: 

One Response

  1. NaviCALApril 6, 2013 at 9:56 PMReply

    Kalau register nicotto gimana? Saya macet di tengah nih abis pilih warna rumah sama gendernya. Abis klik yg pink ada tab tulisannya jepang2 gak tau artinya* asal klik OK aja soalnya cuma itu doang. Trus balik ke tab tadi, tulisannya disuruh pilih gaya rambut sama bagian daari wajah. Disitu gak keluar apa apa, dan gak tau klik apa.. Mohon pencerahannya..

Tinggalkan Balasan