Puasa Yuk

 Review Game Realitas Virtual

Game ini adalah sebuah game simulasi belajar berpuasa. Game ini diperuntukkan untuk anak usia sekolah dasar. Di dalam game ini terdapat pertanyaan-pertanyaan yang biasa muncul pada anak-anak pada saat berpuasa. Pemain harus memilih aktivitas mana yang akan dia lakukan. Cara memilihnya adalah dengan meng-klik gambar pilihan aktivitas yang dia pilih. Berikut contohnya :

Setiap aktivitas yang pemain pilih mempunyai skor yang berbeda. Pilihan yang tepat akan menambah skor, sebaliknya pilihan yang tidak tepat akan mengurangi skor yang dimiliki. Jika pilihan yang dipilih merupakan pilihan yang tepat, maka akan keluar notivikasi bahwa pilihan pemain benar seperti gambar berikut ini :

Sedangkan jika pilihan pemain salah, akan muncul notivikasi pula dalam bentuk nasihat. Tujuannya adalah agar pemain mengetahui bahwa pilihan yang dia pilih merupakan pilihan yang salah dan jangan mengulanginya lagi.

Game ini juga memuat unsur edukasi umum, karena pada saat kegiatan sekolah, pemain dapat memilih matapelajaran apa yang akan dia pelajari. Pada saat di sekolah, pemain awalnya juga akan diberikan ringkasan materi sebelum akhirnya diminta untuk menjawab beberapa soal. Jika jawaban yang diberikan benar maka akan menambah skor pemain, begitu juga sebaliknya jika salah maka skornya berkurang.

Di akhir permainan akan ditampilkan penilaian akhir untuk puasa yang dijalani pemain selama sehari penuh. Semakin besar skor yang kita peroleh maka penilaian akhir untuk puasa kita akan semakin baik pula.

Unsur Realitas pada Game :

Realitas Fakta :
•    Rangkaiain kegiatan puasa sesuai dengan kenyataan, seperti adanya kegiatan sahur, buka puasa, dan sholat terawih.
•    Doa-doa serta ayat tentang puasa yang disajikan dalam game juga sesuai dengan kenyataan baik dari segi waktu digunakannya maupun penggunaannya (dalil tentang puasa, doa setelah adzan dan doa ketika berbuka puasa).

Realitas sebab-akibat :
•    Ketika puasa dan memilih untuk minum, maka puasanya batal dan game berakhir.

Realitas Audio dan Visual
•    Terdapat suara adzan pada saat tiba waktu shalat.
•    Terdapat suara pada saat mengaji

Video Trailer Game ini dapat diliat di : http://youtu.be/o79NTwZ-COw

Video Game Play ini dapat dilihat di : http://youtu.be/pw_X3SGB6Ek

Link download media fire : http://www.mediafire.com/?0qzyf55r7akr8xd

Dibuat Oleh :

5109100027
Sally Indah Khansa

Create Your Badge

5109100065
Faizah Alkaff

Create Your Badge

5109100160
Nurina Aisyah F

Create Your Badge

Author: 

2 Responses

  1. ndiiJuli 25, 2012 at 10:12 AMReply

    pertamax di amankan 😀
    game nya bagus mendidik, like this

  2. muhammad syahmi dhiu rahmanFebruari 25, 2013 at 9:02 PMReply

    bagus

Tinggalkan Balasan