Bermain “Give Blood, Give Life”, Cara Mudah Memahami Proses Donor Darah

 Simulasi, Uncategorized

“Di sebuah pedesaan, terdapat sebuah kantor PMI yang mengadakan kegiatan donor darah terpadu. Kegiatan ini banyak menarik warga, sehingga setiap kali acara ini diadakan semakin banyak pendonor yang mengikuti kegiatan ini…”
begitulah bunyi prolog permainan yang dibahas pada review ini.
Review ini membahas tentang salah satu tugas perkuliahan dari mata kuliah Realitas Virtual yang berjudul Give Blood, Give Life. Game ini merupakan simulasi dari proses donor darah, yang bertujuan untuk mengenalkan prosedur serta syarat-syarat yang harus dipenuhi oleh pendonor.
Dalam permainan ini, pemain bertindak sebagai petugas yang membantu melayani pendonor untuk menyumbangkan darahnya. Proses dimulai dari persiapan donor meliputi pengecekan umur, berat badan, dan persiapan-persiapan lainnya. Sebagai pemain, Anda harus mengetahui terlebih dahulu syarat-syarat calon pendonor yang diperbolehkan melakukan proses transfusi darah. Selain itu, pemain juga harus memiliki pengetahuan dalam menentukan golongan darah. Jika pemain salah menentukan golongan darah, akan berakibat fatal pada proses selanjutnya, sehingga permainan berakhir ketika pemain melakukan kesalahan tersebut.


Semakin seru rasanya ketika pemain telah memasuki proses transfusi darah. Dalam proses transfusi, pemain dituntut untuk melakukan prosedur secara urut dan teliti, karena dalam hal nyata jika hal tersebut terjadi maka kemungkinan dapat membahayakan nyawa si pendonor.

keseluruhan proses dalam permainan ini akan membuat pemain lebih memahami proses donor darah secara lebih mendalam. Harapannya setelah memainkan permainan ini si pemain akan tergerak hatinya agar tidak canggung untuk melakukan donor darah dalam kehidupan nyatanya, bukan hanya dalam permainan Virtualnya.


Sisi Realitas

Realitas Kejadian Acak

  • Saat tes darah, pemain akan dihadapkan dengan problem menentukan golongan darah dengan pengambilan keputusan berdasarkan randomisasi hasil tes darah.

Realitas Fakta

  • Latar belakang cerita disesuaikan dengan kehidupan sehari-hari yang terjadi di masyarakat
  • Proses donor darah dibuat sesuai dengan prosedur sebenarnya dalam proses pendonoran darah pada umumnya

Realitas Sebab Akibat

    • Setiap tindakan yang tidak sesuai dengan prosedur donor darah akan membahayakan keselamatan pendonor, akibatnya darah akan muncrat ke sisi layar dan permainan berakhir

Video

Video Trailer game ini dapat dilihat di sini

Download

Game ini dapat Anda download di sini


Developer

      • 5109100085 – Ahmad Rifa’i
      • 5109100111 – Muhammad Najib
      • 5109100130 – Rachmad Nafisholeh

Reviewer

Muhammad Najib
Najib Nasich Muhammad | Buat Lencana Anda

Author: 

One Response

  1. LorenaAgustus 26, 2012 at 7:55 AMReply

    suami saya juga darah tigngi dan “trigliserida tigngi”, serta punya diabetes. Yang diatur adalah pola makannya, makan buah dan sayur banyak-banyak, terus makanannya tak ada yang digoreng (pepes, rebus, bakar). Akibatnya seluruh rumah ikutan diet dan menjadi terbiasa tak makan gorengan .dan ternyata enak kok. Badan lebih segar, berat badan nggak melonjak.Sebetulnya yg berbahaya adalah kalau jajan di luar, karena ada kemungkinan minyak gorengnya nggak sekali pakai .kalau terpaksa ingin gorengan, masak makanan rumah saja dan sebelum dimakan di tus (apa ya bahasa Indonesia nya), pakai tisue, sehingga minyaknya ga terlalu banyak.

Tinggalkan Balasan