Review : The Settlers 7 – Path to a Kingdom

 Review Game Realitas Virtual

Video Trailer

Terdiri dari 7 judul(Tidak termasuk add-on dan berbagai judul di platform lain) The Settlers, adalah sebuah RTS Game yang memiliki kelas tersendiri. Tidak seperti Dawn of Empire II, Supreme Commander II. Dalam game-game tersebut seorang pemain harus membunuh lawannya untuk menang atas musuhnya. Tapi Settlers 7 berbeda, satu-satunya cara untuk menang dari seorang lawan adalah ‘war’. ‘War’ yang dimaksud bukanlah pertempuran yang asal-asalan, saling menghancurkan bangunan dan berdarah-darah(meskipun tetap ada kemungkinan untuk mati),  ‘War’ yang dimaksud adalah perang yang teratur dan sedikit lebih bermartabat, dimana seorang jenderal/pemimpin dan pasukannya dari suatu wilayah berhadapan dengan jenderal/pemimpin dari wilayah lain yang dilakukan tanpa melakukan penghancuran bangunan ataupun pembunuhan warga biasa.

Selain dari sistem penaklukan yang cukup berbeda dari yang lain, the Settlers 7 juga memiliki sistem ekonomi yang sangat menarik dan sangat kompleks yang jelas akan memberikan tantangan bagi pemain sebelum memulai invasi. Biasanya dalam masalah resource game RTS normalnya pembagiannya cukup simple antara lain adalah, Gold, Food, Wood/Stone/Iron. Tapi hal itu tidak berlaku di game ini, Settler 7 memiliki sebuah sistem dimana yang membentuk sebuah ‘chain’ karena sebelum sebuah resource siap digunakan raw resource harus diproses terlebih dahulu dan proses pembuatannya sangak berkaitan dengan proses lainnya.

Sedangkan, untuk proses invasi ada 2 jenis wilayah yang bisa diinvasi pemain, yaitu wilayah netral dan wilayah yang telah dikuasai  lawan dimana keduanya memiliki cara penaklukan yang berbeda. Hal ini dikarenakan untuk wilayah netral pasti akan ada penjaganya sehingga pemain tidak dapat langsung menggunakannya melainkan harus dikonvert menjadi wilayah kita dengan cara yang diinginkan.

trading route

Gambar yang menunjukkan trading route dalam game Settlers 7, salah satu kompleksitas yang menantang bagi pemain.

Nilai Realitas Virtual

Unsur realitas dalam game Settlers 7 sangat terlihat terutama untuk unsur sebab akibat.

Proses/ Sebab Akibat

– Resource seperti batuan mineral memiliki jumlah yang terbatas

– Adanya ‘resource chain’ sehingga suatu barang tidak bisa digunakan secara langsung dan hal ini merupakan unsur terpenting. Ex : untuk membuat roti, dibutuhkan tepung yang diolah dari gandum.  Dimana untuk mendapatkan gandum dibutuhkan ‘farm area’ yang mana membutuhkan pekerja yang tinggal di ‘residence area’ dan dibutuhkan makanan untuk menjaga efektifitas kerjanya, dan begitu seterusnya.

– Proses trading yang sesuai dengan fakta yaitu pertukaran(yang tidak terbatas pada uang dengan barang).

– Resource memiliki tempat yang sesuai dengan jenisnya, misal : kayu didapat dari pohon, ikan dari sungai/laut, gandum dari sawah.

History/Sejarah

– Penggunaan koin emas(yang diduga penulis adalah koin emas ‘Florin’) sesuai dengan masa yang digambarkan di game ini yaitu era kerajaan Renaissance,  karena uang kertas baru muncul pertama kali di Asia atau lebih tepatnya Cina.

Fakta

– Peta dari Trading route yang digunakan sudah mirip dengan peta masa kini meskipun masi terlihat sedikit kasar.

 

Gamal Abdul Nasser | Create Your Badge

Gamal A. Nasser

5109100003

Realitas Virtual B

Author: 

No Responses

Tinggalkan Balasan