Final Project RV – Virtual Reality Kota Paris (Tour de Paris)

 Tugas Kuliah Realitas Virtual

peta perancis

Paris adalah ibu kota Perancis. Terletak di sungai Seine, di utara Perancis, di jantung region Ile-de-France. Kota Paris pada batas administratifnya (tak berubah sejak 1860) memiliki penduduk 2.167.994 jiwa (Januari 2006).Unite urbaine Paris (atau wilayah urban) memanjang ke luar batas kota administratif dan memiliki perkiraan penduduk 9.93 juta (tahun 2005).Aire urbaine Paris (atau wilayah metropolitan) memiliki penduduk hampir 12 juta jiwa, dan merupakan salah satu wilayah metropolitan terpadat di Eropa.

Pemukiman penting bagi lebih dari dua milenium, Paris hari ini menjadi salah satu pusat bisnis dan budaya terdepan di dunia, dan campuran politik, pendidikan, hiburan, media, fashion, sains dan seni semuanya membantu statusnya sebagai salah satu kota global terbesar di dunia. Region Paris (Ile-de-France) adalah ekonomi kota terbesar di Eropa, dan kelima terbesar dalam daftar kota menurut PDB dunia. Dengan €500.8 miliar (US$628.9 miliar), kota ini menghasilkan seperempat produk domestik bruto (PDB) Perancis tahun 2006. Region Paris memiliki 36 dari perusahaan Fortune Global 500 di beberapa distrik bisnis, terutama La Defense, distrik bisnis terbesar di Eropa. Paris juga memiliki banyak organisasi internasional seperti UNESCO, OECD, ICC dan Paris Club.

Paris adalah kota tujuan turis paling populer di dunia, dengan 30 juta pengunjung asing per tahun. Terdapat sejumlah bangunan terkenal baik itu menara, stadion, museum dan bangunan lainnya. Kali ini kami akan membuat bagaimana kondisi di sekitar paris, maka dari itu kita memberi nama project kami TOUR DE PARIS. Disana kami akan mensimulasikan bagaimana jika kita berjalan-jalan di Paris terutama di sekitar pusat Menara Eiffel. Di sekitarnya akan ada 4 bangunan yang menjadi ikon paris, yaitu :
1) Menara Eiffel
2) Stadion Parc des Princes
3) Stadion Roland Garros
4) Museum del Prado

Peta Paris

===================================================================================================================

MENARA EIFFEL

Menara Eiffel merupakan sebuah menara besi yang dibangun di Champ de Mars di tepi Sungai Seine di Paris. Menara ini telah menjadi ikon global Perancis dan salah satu struktur terkenal di dunia.

Dinamai sesuai nama perancangnya, Gustave Eiffel , Menara Eiffel adalah bangunan tertinggi di Paris dan salah satu struktur terkenal di dunia. Lebih dari 200.000.000 orang telah mengunjungi menara ini sejak pembangunannya tahun 1889, termasuk 6.719.200 orang tahun 2006, menjadikannya monumen berbayar yang paling banyak dikunjungi di dunia. Termasuk antena setinggi 24 m (79 kaki), struktur ini memiliki tinggi 325 m (1.063 kaki) sejak 2000, yang sama dengan bangunan konvensional bertingkat 81.

Eiffelturm Paris

Ketika menara selesai dibangun tahun 1889, struktur ini menjadi yang tertinggi di dunia — gelar yang dipertahankan hingga 1930 ketika Chrysler Building di New York City (319 m — 1.047 kaki) selesai. Menara ini sekarang yang tertingggi kelima di Perancis dan paling tinggi di Paris, dengan struktur tertinggi kedua Tour Montparnasse (210 m — 689 kaki), meskipun akan dikalahkan oleh Tour AXA (225.11 m — 738.36 kaki).

Eiffel tower

Struktur besi Menara Eiffel berbobot 7.300 ton sementara keseluruhan struktur termasuk komponen non-besi berbobot 10.000 ton. Tergantung temperatur, puncak menara dapat menjauhi matahari 18 cm (7 inci) karena pemuaian besi pada bagian yang menghadap matahari. Menara ini juga berayun 6-7 cm (2-3 inci) dalam suasana berangin. Sebagai demonstrasi terhadap ekonomisnya bangunan, bila 7300 ton struktur besi dicairkan, maka akan memenuhi 125 meter persegi dengan kedalaman 6 cm (2.36 inci), yang berarti kepadatan besi 7.8 ton per meter kubik. Menara ini memiliki massa yang kurang dari massa udara di dalam silinder dengan dimensi yang sama, setinggi 324 meter dan 88.3 jari-jarinya. Berat menara 10.100 ton bila dibandingkan dengan 10.265 ton udara.

Tingkat pertama dan kedua dapat diakses dengan tangga dan lift. Sebuah loket tiket di menara selatan menjual tiket ke anak tangga yang dimulai di tempat itu. Di platform pertama tangga menaik dari menara timur dan pertemuan tingkat ketika hanya dapat diakses dengan lift. Dari platform pertama atau kedua tangga dibuka bagi semua orang yang naik dan turun tergantung apabila mereka telah membeli tiket lift atau tiket tangga. Jumlah anak tangga 9 ke loket tiket di dasar, 328 ke tingkat pertama, 340 ke tingkat kedua dan 18 ke platform lift di tingkat kedua. Ketika keluar lift di tingkat ketiga terdapat 15 anak tangga naik menuju platform pengamatan atas. Jumlah anak tangga dituliskan secara bertahap di sisi tangga untuk memberikan tanda tangga naik. Kebanyakan tangga naik memberikan pemandangan langsung ke bawah atau sekitar menara meskipun beebrapa anak tangga pendek tertutup.

Perawatan menara terdiri dari pengadaan 50 hingga 60 ton cat setiap tujuh tahun untuk menjaganya dari karatan. Untuk menjaga penampilannya terhadap pengunjung di bawah, tiga warna berbeda digunakan pada menara ini, dengan warna gelap di bawah dan warna terang di atas. Warna cat diubah; menara ini dicat coklat-kelabu. Di tingkat pertama terdapat konsol interaktif yang memberitahukan warna pada pengecatan selanjutnya. Arsitek Menara Eiffel adalah Emile Nouguier, Maurice Koechlin dan Stephen Sauvestre.

=============================================================================================================================

STADION PARC DES PRINCES

Paris Saint-Germain atau lebih dikenal dengan nama PSG. klub ini bermarkas di kota Paris, Perancis. klub didirikan pada tahun 1970. prestasi klub ini adalah 3 kali menjuarai liga utama Perancis (Ligue 1), 8 kali menjuarai piala Perancis dan 1 kali juara Piala Winners pada kompetisi Eropa. klub di juluki dengan nama “PSG”, klub ini memiliki markas yang megah dan diberi nama Stadion Parc Des Princes.

Setelah Perang Dunia Kedua , pusat penelitian menyisakan ruang untuk fasilitas olahraga. Peralatan pertama olahraga di tempat Parc des Princes adalah sebuah velodrome , dibangun pada tahun 1897 . Dia mendapat di trek oval dengan model sedikit condong dan diberi nama Tour de France dari 1902 . Tapi semangat untuk bersepeda menyebabkan pada tahun 1931 rekonstruksi terjadi pada Velodrome .

Stadion Parc des Princes dibangun untuk menyediakan kota Paris dengan tempat modern untuk pertandingan rugby dan sepak bola penting. Stadion ini menggantikan Vélodrome tua , yang telah berdiri di tempatnya sejak 1897 .

Stade Velodrome baru Parc des Princes selesai pada April 1932 dengan kapasitas 50.000 penonton, stadion ini digunakan untuk pertandingan sepak bola dan rugby.

Stadion ini dirancang oleh arsitek Roger Taillibert. Fitur yang paling mencolok pada stadion ini adalah adanya beberapa beton yang menyangga atap yang mengelilingi stadion .

Panggung direkonstruksi dan mencapai 48.527 kursi , tetapi dengan penghapusan jalur sepeda , dan trek atletik. Roger Taillibert dipilih untuk keahliannya dalam bidang peralatan olahraga , untuk merancang stadion baru Parc des Princes . Bouygues bertanggung jawab atas proyek yang dimulai pada tahun 1969 . Bangunan ini resmi dibuka oleh Georges Pompidou 4 Juni 1972 . Stadion baru adalah oval besar ditutupi oleh kanopi pintu overhang monumental yang melindungi kursi .

Parc des princes3

Stadion Parc des Princes juga menjadi tuan rumah atas pertandingan final Piala Winners antara Real Zaragoza vs Arsenal ( 2-1 ) yang terjadi pada tahun pada tahun 1995 , dan pertama kali juga menyelenggarakan final Piala UEFA antara Internazionale vs Lazio ( 3-0 ) pada tahun 1998.

Sejak itu, Stadion Parc des Princes dibuat tidak hanya sebagai sarang sepakbola dan rugby, tetapi juga sebagai tempat hiburan dan peristiwa besar. Dan koordinasi telah ditetapkan antara arsitek dan informasi spesialis yang mengarah pada penciptaan sel kaca dengan jumlah visibilitas dan disediakan untuk komentator gambar. Kamera yang lebih berada pada platform, guna untuk mendapatkan gambar yang lebih baik dari dari lapangan.

Parc des princes6

Sementara masih menghitung sebagai salah satu stadion yang paling modern Perancis , pemilik baru PSG baru-baru ini merencanakan untuk melakukan ekspansi besar atau pembangunan kembali stadion . Namun, seperti Parc des Princes telah terpilih sebagai salah satu tempat bermain dari turnamen Euro 2016 dan bekerja tidak akan mampu menyelesaikan dalam waktu , justru malah memutuskan untuk hanya membarui stadion untuk Kejuaraan dan reinvestigate pilihan untuk membangun kembali setelah turnamen .

=============================================================================================================================

STADION ROLAND GARROS

Stade Roland Garros adalah kompleks stadion tenis yang terletak di Paris, Perancis. Stadion ini merupakan tempat penyelenggaraan turnamen tenis Perancis Terbuka (diketahui sebagai Roland Garros seantero Perancis), sebuah turnamen berskala Grand Slam yang dimainkan setiap tahunnya pada akhir Mei hingga awal Juni. Fasilitas turnamen ini dibangun pada tahun 1928, untuk menyelenggarakan pertandingan pertamanya di Piala Davis, dan dinamai setelah nama aviator Perancis terkenal, Roland Garros (orang pertama yang transit di Laut Mediterania menggunakan pesawat dengan sukses), insinyur (penemu senapan mesin pesawat penembak maju pertama), dan pahlawan Perang Dunia I, dimana ia meninggal pada tahun 1918 karena serangan musuh.

RolandGarros

=============================================================================================================================

MUSEUM DEL PRADO

Jika Anda ingin mengetahui tentang budaya, sejarah atau tradisi dari sebuah tempat, museum harus menjadi tujuan utama Anda. Anda dapat memeriksa web atau sekilas melalui buku-buku untuk mendapatkan beberapa informasi dari masa lalu, tetapi dalam museum Anda akan dapat menyaksikan masih kuno. Dengan demikian, ini akan membantu Anda membentuk ide yang lebih baik dari masa lalu. Ini adalah tempat di mana Anda bisa lebih mendekati sejarah. Hampir setiap negara memiliki museum, yang berbicara tentang masa lalu dan kejayaan. Meskipun setiap museum akan menceritakan beberapa peristiwa sejarah, bukan berarti setiap museum memiliki popularitas yang sama. Artefak, yang dipamerkan di museum, menentukan popularitasnya.

Di Paris juga terdapat Museum yang terkenal yaitu Museum del Prado. Terletak di Paris, Museum del Prado pada awalnya didirikan sebagai museum untuk patung dan lukisan. Namun, kemudian koleksi medali, koin, cetakan dan gambar tersebut telah ditambahkan ke koleksinya. Namun, masih dikenal lukisan Yanez Fernando Saint Catherine dan The Last Supper oleh Juan de Flandes.

Museum del Prado

=============================================================================================================================

HASIL SCREENSHOT PROGRAM

gambar1 gambar2 gambar3 gambar4 gambar5 gambar6 gambar7 gambar8 gambar9 gambar10 gambar11 gambar12 gambar13 gambar14 gambar15 gambar16 gambar17 gambar19
Untuk video demonya bisa dilihat disini :
http://www.youtube.com/watch?v=ykLwqY5T8VQ&feature=youtu.be

Ardian Atminanto

Create Your Badge

Andhik Ampuh Yunanto

Buat Lencana Anda

Author: 

No Responses

Tinggalkan Balasan