Where’s My Water?

 Review Game Edukasi

Where’s My Water?

Disney-Wheres-My-Water-App

SUMMERIES

Where’s My Water , ya inilah salah satu judul game terbaik untuk platform mobile yang akan kita bahas pada kesempatan kali ini. Game ini diproduksi oleh salah satu produsen game mobile kawakan yakni Disney Games. Banyak mendapatkan pujian dan respon positif dari para gamer casual maupun para gamer hardcore hingga para game reviewer karena keunikan dan kesederhanaan gameplay yang disajikan. Dan jika kita melihat dari judulnya memang game yang satu ini masih asing di telinga kebanyakan para gamer, tapi hal ini tidak bisa membuat game ini bisa kita remehkan begitu saja karena terbukti game ini sangat laku dipasaran dan membuat disney selaku pemegang franchise-nya tidak ragu untuk menggarap sekuelnya.

wimw-sc2

Seperti kebanyakan tipikal mobile game yang lain game ini menonjolkan keserderhanaan di setiap levelnya sehingga sangat nyaman dimainkan kapanpun dan dimanapun kita inginkan. Tidak ada kerumitan yang berarti dalam gameplay yang disajikan oleh game ini sehingga pemain sudah akan cukup nyaman hanya dengan kontrol touch dan swipe yang diberikan.  Desain karakter yang sangat baik khas game disney menjadi kekuatan utama game ini , lihat saja si karakter utama Swampi si buaya yang memiliki desain lucu dan menggemaskan. Hingga desain selokan yang menjadi setting utama dalam game di desain sedemikian rupa hingga terlihat manis dan sedap dipandang.

GAMEPLAY

Siapapun pasti langsung menyadari bahwa game ini membawa elemen puzzle sebagai genre utama dari game hanya dengan melihat sceeenshot game yang banyak tersebar di internet. Elemen puzzle solving memang jadi suguhan utama dari game ini. Dimana pemain diharuskan untuk memecahkan puzzle berupa aliran air yang harus disalurkan dari satu titik ke titik tertentu dengan cara meledakkan saluran, mengalirkan maupun mengarahkan aliran air dengan merekayasa saluran yang tersedia. Untuk mengalirkan dan mengarahkan aliran air pun pemain hanya cukup mengusap tanah yang menjadi penghalang hingga membentuk pola aliran air teretentu. Sejauh ini game yang satu ini dapat mempresentasikan gameplay nya dengan sangat baik dibumbui dengan desain karakter yang kuat dan background story yang membuat pemain memilki cukup alasan untuk menamatkan game ini. Mengalirkan air dari saluran air hingga mencapai bak mandi swampy si buaya yang terletak di dalam selokan air, tidak ada latar cerita yang lebih konyol dari game ini namun sangat menyenangkan.  wimw-sc1

EDUCATIONAL

wimw-sc3

Mengapa game ini sangat educational menurut saya? Ya, karena game ini menuntut pemain untuk berpikir dan mengeluarkan kreatifitas para pemain untuk membentuk pola aliran air tertentu untuk memenuhi bak mandi Swampy si buaya. Dimana pemain dapat dipastikan akan memeras otak mereka untuk melalui 80 level yang tersedia dengan variasi struktur tanah dan berbagai benda yang dapat dimanfaatkan untuk membetuk pola aliran air. Yang tentunya setiap level akan memiliki pola penyelesain yang berbeda-beda sehingga pemain akan dibuat puas dengan menyelesaikan setiap level yang disediakan. Tidak lupa game ini juga menyuguhkan elemen fisik berupa aliran air yang natural layaknya game lain yang memanfaatkan elemen fisik seperti angry bird dan cut the rope. Dengan adanya elemen fisik dan struktur tanah yang bervariasi mampu memperkuat unsur educational dari game ini.

CLASSIFICATION

Genre                  : Puzzle
Theme                : Physics/Logic Puzzle Games
ESRB Rating     : E (Everyone)
Rating                 : 9/10 Amazing [http://www.ign.com/articles/2011/09/27/wheres-my-water-review-ios]
Developer(s)      : Disney Mobile
Publisher(s)       : Disney Mobile
Platform(s)         : Android™, iPad®, iPhone®, PC, Windows® Phone
Release date(s)  : 22 September 2011

Where’s My Water? Minimum System Requirements

Android System Requirements

60 MB of free space;
800 MHz or higher CPU;
Adreno 205, Tegra 2, SGX 540 or Mali 400 or higher GPU;
Android O/S: 2.1+;

Video :

Facebook Badge :

Dandy Argan

Create Your Badge

by Dandy Arganto – 5110100110

Author: 

No Responses

Tinggalkan Balasan