Review F18 Carrier Landing [Android]

 Review Game Realitas Virtual, Uncategorized

 [sbu_post_image]

Trailer : F18 Carrier Landing Demo
F18 Carrier Landing merupakan sebuah game simulasi pendaratan pesawat tempur yang dikembangkan oleh RORTOS. Game ini dikembangkan pada platform Android dan juga IOS dengan menggunakan Unity Game Engine. Game ini menyajikan suasana seperti sedang berada di dalam sebuah kokpit pesawat tempur yang sedang terbang lengkap dengan layar navigasi serta kontrol gerak pesawat tempur. Elemen lingkungan pada game ini juga terasa nyata, seperti tekstur daratan, sensasi ketinggian, tampilan awan serta sinar matahari, fasilitas pendaratan seperti kapal induk dan lapangan terbang juga dibuat dengan cukup detail. Sampai sekarang game ini sudah sampai versi 5 dan tersedia dalam versi Lite (Free) dan juga berbayar. Perbedaan antara kedua versi tersebut hanya perbedaan jumlah pesawat serta jumlah misi yang disediakan. Review ini dibuat berdasarkan versi Lite-nya.

Gameplay :

Terdapat 2 misi dalam game ini yang bisa dipilih sesuai selera. Misi pertama, mendaratkan pesawat di atas Kapal Induk dan yang kedua adalah misi mendaratkan pesawat di Pangkalan Udara (Airport). Pemain diajak untuk bersimulasi menjadi sebuah pilot pesawat tempur. Tujuannya adalah mendaratkan pesawat sesuai dengan misi yang dipilih. Sebelum mendaratkan pesawat ada prosedur-prosedur yang harus dilakukan layaknya proses yang sebenarnya. Antara lain, menurunkan kecepatan, menurunkan ketinggian, mengatur rem udara (FLAPS), menurunkan roda pesawat, dan melakukan pendaratan. Terdapat mode Tutorial yang interaktif untuk mengerti penggunaan kontrol yang ada. Apabila terjadi kegagalan saat mendaratkan pesawat, terdapat animasi pesawat hancur dan permainan berakhir (Game Over).

Unsur-unsur realitas :

Realitas Fakta :

  • Pesawat yang ada di dalam game berdasarkan pesawat yang ada di dunia nyata.
  • Kapal Induk dan Airport dibuat sesuai dengan kondisi nyata.
  • Sistem kemudi pesawat juga seperti pesawat sebenarnya.
  • Suasana kokpit dan lingkungan di luar pesawat dibuat seperti aslinya.
  • Proses mendarat berdasarkan proses yang ada di dunia nyata.
  • Pesawat dapat belok kanan-kiri dan naik-turun.

Realitas Proses / Akibat :

  • Jika posisi hidung pesawat diarahkan ke bawah maka ketinggian pesawat akan berkurang, begitu pula sebaliknya.
  • Jika kecepatan pesawat dikurangi, maka pesawat akan melambat dan ketinggian berkurang begitu pula sebaliknya.
  • Jika pesawat keluar jalur ketika mendarat, maka pesawat akan hancur.

Realitas Kejadian Random :

  • Cuaca dan waktu (siang/malam) yang berubah tak tentu ketika game baru dimulai.
  • Pada kondisi cuaca buruk, gerakan pesawat menjadi sulit untuk dikontrol.

Realitas Hukum Fisika :

  • Ketika rem udara pada sayap (FLAPS) diatur sampai maksimal, maka kecepatan pesawat otomatis berkurang karena adanya efek gaya hambatan laju udara.
  • Ketika kecepatan pesawat berkurang, maka pesawat kehilangan daya angkatnya sehingga perlahan-lahan akan jatuh akibat efek gravitasi.

Realitas Audio Visual:

  • Suara mesin pesawat yang berbeda ketika dalam kondisi full throtle (kecepatan maksimal) dan kondisi idle (kecepatan minimal).
  • Terdapat suara radio dari menara pengendali udara.
  • Pencahayaan yang cukup nyata ketika pesawat terkena sinar matahari.
  • Sensasi ketinggian yang nyata.
  • Visualisasi awan, daratan, serta lautan.

Oleh :
Haris Wicaksono
5109100037
Haris Wicaksono

Create Your Badge

Author: 

No Responses

Tinggalkan Balasan