PES 2012, Semakin Realistis dan Menantang

 Uncategorized

Gambaran Permainan

Pro Evolution Soccer kini telah hadir kembali dengan versi terbaru yang diberi nama Pro Evolution Soccer 2012. Game sepakbola yang dikembangkan oleh Konami ini menawarkan beberapa kelebihan dibandingkan dengan versi sebelumnya. Berbagai perbaikan sangat terlihat jelas dalam Pro Evolution Soccer yang satu ini, terutama dalam sisi gameplay dan grafis. Dari sisi gameplay, Pro Evolution Soccer terus mengalami perbaikan pada versi terbaru ini. Setiap pergerakan pemain dibuat seolah-olah  mendekati nyata. Pergerakan pemain jauh lebih sempurna jika dibandingkan dengan versi sebelumnya.  Selain itu, suasana yang dibangun baik sebelum pertandingan maupun ketika pertandingan sedang berjalan sangat menakjubkan, seakan-akan kita dibawa ke dalam arena pertandingan yang sesungguhnya. Dari sisi grafis, game yang diklaim sebagai game sepakbola terbaik di dunia ini menyuguhkan tampilan yang mendekati sempurna. Hal itu dapat dilihat pada karakter pemain yang hampir mirip dengan pemain sebenarnya. Pencitraan pemain, mulai dari model rambut sampai dengan bentuk tato pada tubuh  terlihat lebih realistis dan detail. Sehingga, bagi pengidola pemain tertentu tentu dapat mengenali pemain kesayangannya  dengan jelas. Selain itu, detail yang ditunjukkan pada konsep lapangan dan kostum juga harus diacungi jempol.

Berikut beberapa ulasan lain mengenai fitur-fitur yang terdapat dalam versi terbaru PES 2012 :

1. Animasi dan Dramatisasi


Visualisasi dan animasi memang mendapatkan perombakan yang meningkatkan kualitas PES 2012, namun Konami juga datang dengan      kejutan baru. Mereka menambahkan sedikit dramatisasi yang dibangun lewat sebuah plot cerita untuk dua mode besar: “Master League” dan “Become A Legend”. Jika di seri sebelumnya, Anda hanya butuh melewati beberapa step sederhana dan langsung dibawa pada inti permainan, di seri PES 2012 ada sedikit alur dimana Anda berperan sebagai pelatih dan pemain yang baru saja direkrut dan butuh untuk memperilhatkan prestasi yang memuaskan bagi  pihak yang menyewa Anda. Sebuah langkah yang cukup baik dengan visualisasi yang tergolong baik.

2. Mode Preset Tactics di Game Plans

Melalui setiap Preset Tactis ini, Anda dapat mengaplikasikan strategi yang berbeda satu sama lain, dari susunan pemain di lapangan hingga formasi dan strategi yang akan digunakan. Dengan memaksimalkan empat buah Preset-Tactics yang tersedia, Anda berkesempatan untuk menghadirkan gaya permainan yang lebih mengalir dan adaptif pada kondisi. Anda tinggal menekan tombol tertentu (d-pad kanan jika fungsi geraknya Anda matikan) untuk mengaktifkan Preset tactis dan terus merubah strategi yang Anda gunakan secara langsung di lapangan. Sederhana dan mudah untuk dikuasai.

3. Teammate Controls

Fitur paling utama yang dihadirkan Konami di dalam PES 2012 adalah kesempatan untuk menggerakkan pemain lain menggunakan skema kontrol baru yang disebut Teammate Controls. Bercermin dari keluhan gamer PES yang seringkali menyebut AI teman yang kurang adaptif untuk membaca gerak dan gaya bermain, Konami menghadirkan kebebasan lewat skema kontrol terbaru ini. Kini gamer tak perlu lagi mengandalkan kepintaran AI semata, Anda juga bisa memerintahkan pemain lain untuk bergerak maju atau bergerak sesuai keinginan Anda.

 

Penilaian

Konami memang berusaha menghadirkan beberapa fitur baru ke dalam Pro Evolution Soccer 2012 ini, namun sayangnya tidak semuanya dapat dikatakan berhasil. Konsep teammate controls memang harus diacungi jempol, sebuah inovasi yang cukup sempurna untuk mengakomodir kebutuhan gamer akan kendali yang lebih besar dalam menciptakan sebuah gaya permainan. Namun kesulitan untuk mengaplikasikannya dalam pertandingan yang berlangsung dengan cepat hampir membuat fitur yang satu ini seolah tak berguna sama sekali. Anda pasti akan lebih nyaman bermain dengan gaya permainan biasa seperti seri sebelumnya, hanya saja pada seri ini akan diperkuat dengan AI yang lebih baik dan adaptif.

Kelebihan :

  • Hadirnya dramatisasi yang membuat pengalaman bermain berbeda.
  • Visualisasi dan Animasi yang meningkat.
  • Preset Tactics yang membuat pemainan bergerak lebih hidup.
  • Gerakan pemain yang halus.
  • Pass support untuk passing lebih akurat.

Kekurangan

  • Teammate Controls yang tak berpengaruh signifikan.
  • Pemain didesain seolah terlalu rapuh, seringkali jatuh dan memicu peluit foul.
  • Tingkat kesulitan Top Player yang membuat frustrasi.
  • Lisensi dan Update Pemain yang belum terselesaikan.

 

Nilai Edukasi

  • Melatih kepada para pemain game ini untuk membangun kerja sama (team work) dengan orang lain. Kerja sama tim yang bagus menjadi salah satu kunci untuk mencapai sebuah kemenangan.
  • Mendidik pemain untuk bermain secara sportif. Apabila pemain melanggar aturan atau melakukan pelanggaran, maka pemain tersebut akan mendapatkan peringatan atau bahkan hukuman yang lebih berat dari seorang wasit. Bermain secara sportif juga dapat diaplikasikan ke dalam kehidupan sehari-hari.

Galih Adi Paryanto | Buat Lencana Anda

Author: 

No Responses

Tinggalkan Balasan