Geo Challenge

 Asah Otak, Review Game Edukasi, Umum


Apakah anda ingin menguji kemampuan anda tentang pengetahuan anda tentang Geografi? Mungkin Geo Challenge adalah jawabannya. Geo Challenge merupakan aplikasi  permainan di Facebook yang di produksi oleh playfish.com yang menguji kemampuan anda  tentang geografi dunia, tentunya bukan geografi secara mendalam tetapi hanya gambaran secara umum, seperti menentukan bendera, lokasi pada peta, tempat-tempat suatu negara, dll.

Ada 3 kategori level pada interface awal, yaitu world tour dimana kita akan bermain dengan cakupan geografi seluruh dunia, lalu level european tour mencakup hanya daerah eropa saja, dan USA tour yang mencakup negara Amerika saja. Setelah kita memilih level mana(world,european,USA) kita akan bermain dalam 4 babak dimana terbadapat berbagai macam tipe permainan tiap babak, antara lain :

Suitcase Shuffle

Di sini kita diberi tugas untuk men-sorting bawaan dari turis kita dengan petunjuk bendera negara dari masing2 turis tsb. Babak ini menguji pengetahunan kita tentang bendera suatu negara. Segera akan muncul nama negara yang dimaksud, dan kita harus memilih mana bendera negara yang bersangkutan. Kita harus memilih satu diantara 6 atau 3 bendera yang ditampilkan. Waktu yang disediakan adalah 60 detik. Seberapa banyak kita bisa menebak bendera negara yang ditampilkan. Semakin cepat anda menebak semakin banyak score yang anda dapatkan.

 

Map Mayhem

Setelah koper di labeli dengan negara masing2, kemudian kita membawa turis menuju negara tujuannya. Dalam babak ini kita diuji pengetahuan akan peta. akan muncul peta suatu negara. Kita harus menebak dari 4 pilihan yang tersedia, peta negara apa yang dimaksud. Waktu yang disediakan sama, 60 detik.

City Blitz

 

Kita harus bisa menunjukkan dalam peta dunia, di mana posisi kota tujuan masing2 turis kita. Dalam misi kali ini terdapat sebuah kata yang merupakan petunjuk, yaitu nama sebuah negara, maka kita harus bisa menunjukkan posisinya dengan tepat. Ketepatan kita dinilai dalam urutan perfect, good, fair, maupun way off.

 

State to state

 

Pada misi kali ini terdapat sebuah peta yang mempunyai petunjuk 2 negara yang saling berdekatan yang mengapit negara yang dimaksud. Disini kita harus menebak negara apakah yang berada di antara negara Y dan negara Y. Semakin anda cepat menebaknya semakin banyak point yang anda kumpulkan.

City sorter

 

Untuk misi City Sorter ini, user diminta untuk memilih kota mana sajakah yang termasuk dalam negara yang dimaksud. Disini terdapat petunjuk sebuah negara dan beberapa pilihan kota(terdapat 5-6 pilihan), pilih kota mana saja yang termasuk dalam negara tersebut, jika anda salah menebak salah satu maka akan berganti ke pertanyaan selanjutnya.

 

Car conumdrum

 

Pada misi ini terdapat sebuah nama negara bagian dari USA dan terdapat beberapa pilihan koper yang bergambarkan bendera, dimana salah satu bendera tersebut merupakan jawaban dari negara bagian yang di maksud. Dan user diminta untuk memilih bendera mana yang sesuai dengan pertanyaan.

Setelah kita menyelesaikan 4 babak pada setiap levelnya(world,european,USA tour) nilai yang kita peroleh akan diakumulasikan dan kita akan mendapatkan gelar sesuai point yang kita peroleh selama bermain. Terdapat beberapa gelar salah satunya adalah Bus Driver dimana point sekitar tiga ribuan dan Tracker dengan point 17 ribu.

Yang membuat permainan ini jadi lebih menarik, kita bisa invite teman2 kita yang jg bergabung ke dalam facebook. Dengan demikian kita jadi tertantang untuk bisa mendapatkan nilai yang lebih tinggi. Kita jg bisa berinteraksi dengan teman2 yang lain di seluruh dunia dan bisa memberi komentar atas raihan nilai yang mereka peroleh.

Anda bisa mengakses game Facebook ini Geo Challenge


Dimas Bayu D | Create Your Badge

Di Review oleh : Dimas Bayu D  5108100109

Author: 

No Responses

Tinggalkan Balasan