Be a Great Transporter – OpenTTD

 Review Game Edukasi, Simulasi

Pernahkah anda menanyakan mengapa banyak truk dan colt  hilir mudik mengangkut barang?

Pernahkah anda menduga bahwa makanan, minuman, dan barang-barang cepat pakai yang kita beli di minimarket telah mengalami perjalanan yang panjang?

 

Jawabannya hanya di OpenTTD (Open Transport Tycoon Deluxe)

OpenTTD merupakan open source simulation game yang dibuat berdasarkan salah satu game terkenal Micropose, “Transport Tycoon Deluxe“, yang dibuat oleh Chris Sawyer. Proyek ini bertujuan untuk membuat game serupa dengan aslinya dengan menambahkan fitur-fitur baru.

 

Game ini mensimulasikan bagaimana cara untuk mentrasfer barang baku untuk diolah menjadi bahan siap pakai.

Sebelum memulai simulasi, pemain harus mengatur parameter untuk mengenerate dunia dimana pemain akan ditempatkan. Ukuran dunia yang dapat dibuat mulai dari [64 x 64] hingga [2048 x 2048] petak. Pemain juga dapat mengatur pada tahun berapa simulasi akan dimulai, hingga jumlah sumber daya, pabrik pengolahan, maupun kota yang akan digenerate.

 

 

Dunia baru pun terbentuk, pemain harus bergegas mencari sumber daya, pabrik pengolahan, dan kota untuk mengembangkan kerjaan transportasi anda. Menentukan dan membangun rute transportasi, depot kendaraan, maupun depot bongkar muat yang efisien dan tepat sasaran menjadi tujuannya.

Ketika semua pra sarana telah siap, waktunya pemain untuk memilih jenis kendaraan, rute yang akan dijalani, kegiatan yang akan dipenuhi, maupun rentang waktu untuk maintenance keendaraan.

Tidak hanya itu saja, pemain dituntut untuk membayar pinjaman bank yang mendanai jasa transportasi anda. Pemain juga dituntut untuk membangun rute jalan paling efisien, membuat armada kendaraan secukupnya, mengatur jadwal angkut sesuai kecepatan produksi, dan memberikan citra baik pada penduduk sekitar (mengurangi penebangan hutan, memenuhi permintaan pertama otoritas lokal, maupun suap menyuap).

 

 

Buatlah rute yang efisien maupun efektif, dan galilah profit setinggi mungkin demi kejayaan kerajaan transportasi anda.

Dan jadilah Transporter terbaik.

 

 

Grafik yang simple menambah daya tarik tersendiri untuk lebih memfokuskan pemain pada informasi yang ada.

Efek suara yang lengkap untuk berbagai kendaraan maupun pabrik.

Musik yang belum ditambahkan namun dapat ditambahkan sendiri oleh pemain.

Fitur-fitur yang ditambahkan melebihi game yang asli :

  • Ukuran dunia super besar [2048 x 2048]
  • Mode Multiplayer yang sanggup untuk mengatasi 255 pemain pada 15 perusahaan, atau sebagai penonton
  • Mode Dedicated-server dan in-game console untuk administrasi server
  • Layanan IPv6 dan IPv4 untuk komunikasi client dan server
  • Algoritma path-finding terbaru untuk memastikan kendaraanmu menuju tempat yang kamu inginkan
  • dan lain-lain.

 

 

Kesimpulan :

Seperti semua game simulasi, tanpa pemahaman awal game ini akan terlihat susah dan menyebalkan. UI yang sederhana, detail yang tercantum secara lengkap, maupun banyaknya data yang harus diperhatikan tentu saja akan membuat casual gamer menjadi muak.

Namun, hal ini akan jadi menyenangkan ketika pemain mendambakan sesuatu yang rinci, tertantang untuk menyelesaikan permasalahan secara efisien. Hal yang diangap remeh pun bisa mempengaruhi kondisi keuangan perusahaan anda dikemudian waktu.

 

 

Buah karya tulis

5108 100 123 – Pramono Adhi Widagdo

 

External Link :

Author: 

No Responses

Tinggalkan Balasan