Game Dev Story : Bermain Simulasi Proses Pembuatan Game

 Review Game Edukasi, Simulasi

Review

Bagi Anda yang suka bermain game atau ingin tahu bagaimana sebenarnya proses pembuatan sebuah game itu? Anda wajib mencoba Game Simulasi Game Dev Story ini. Game yang dibuat oleh Kairosoft Co. Ltd. ini dapat menambah wawasan bagi kita tentang proses pembuatan dan manajemen bisnis game oleh para developer. Permainan ini memang relatif ringan untuk dijalankan. Karena itu, permainan ini lebih sering dimainkan sebagai aplikasi mobile, daripada di PC komputer. Dari segi kualitas tampilan, permainan ini memang sangat kurang menarik. Tapi ada banyak tantangan, selama kita bersimulasi menjadi developer game.

Permainan ini telah dapat dijalankan di berbagai platform. Untuk aplikasi mobile, iOS untuk iPhone/iPod/iPad, lalu Android, dan juga Symbian OS dapat menjalankannya dengan baik. Untuk pembahasan Game Dev Story kali ini, penulis akan mereview proses saat mencoba memainkan game ini di platform Android OS. Pada Android OS, kita dapat mendownload permainan ini secara gratis melalui Android Market. Namun versi yang kita dapatkan hanya versi free-nya. Jika anda ingin memainkannya dalam full-version, maka anda harus mengeluarkan sedikit uang untuk merasakan sensasi yang lebih berasa dari Game Dev Story ini. Walaupun yang saya mainkan merupakan versi free-nya, namun permainan ini tetap menarik dan cukup membuat saya ketagihan.

Di awal mula permainan ini, kita diceritakan sebagai seorang founder dari sebuah game developer. Anda akan memulai perusahaan pembuatan Anda dengan cara merekrut staf. Setiap staf memiliki kemampuan atau spesialisasi yang berbeda-beda. Ada yang ahli desain dan animasi, scenario, coder, hardware engineer, sound engineer, dll. Semakin tinggi kualitas kemampuan staf Anda, tentunya game-game yang Anda buat akan semakin berkelas. Jadi, rekrutlah staf-staf yang memiliki kemampuan baik dan jangan lupa menggaji mereka setiap tahun. ūüėÄ

Yang Anda lakukan secara umum pada permainan ini yaitu merekrut dan memecat staf; membangun suatu game sebaik mungkin, kemudian memasarkannya; memilih, membeli, dan menggunakan platform yang dapat digunakan untuk membangun suatu game; kemudian mempromosikan perusahaan anda; dan memenangi setiap penghargaan di akhir tahun.

Supaya Anda sukses membangun perusahaan pembuatan game milik Anda, maka Anda harus memperhatikan kualitas staf dan keuangan perusahaan. Tingkatkan level staf Anda, jangan terlalu banyak merekrut staf, bermainlah secara efektif dan efisien. Anda juga lebih baik meningkatkan kualitas game Anda yang telah sukses laku di pasaran, daripada Anda membangun dengan tema yang baru lagi. Anda juga harus pandai memilih platform, genre, dan juga tipe dari game yang ingin Anda bangun. Terkadang staf Anda juga merasa kelelahan, atau kekurangan ide dalam membuat game, Anda dapat memanfaatkan penjual ramuan yang beberapa bulan sekali datang ke perusahaan Anda dan menawarkan ramuan-ramuan khusus yang dapat meningkatkan kinerja staf-staf Anda.

Akhirnya,,mulailah bermain sambil belajar mengelola perusahaan game Anda.. Siapa tahu Anda jadi developer Game Dev Story 2.. hehe.. ūüėÄ

 

Nilai Edukasi

Berikut ini nilai edukasi yang bisa didapatkan dalam permainan Game Dev Story :

  • Anda dapat memahami tahapan-tahapan proses pembuatan game.
  • Anda dapat belajar mengatur keuangan, manajemen proyek game, mengelola staf, dll.
  • Anda dapat belajar memahami selera pasar.

Tentu, dari namanya saja kita sudah bisa menebak, manfaat apa saja yang akan kita dapatkan dengan bermain game ini, khususnya dilihat dari nilai edukasinya. Game ini memang cocok dimainkan oleh mereka-mereka yang sering berkecimpung di dunia perangkat lunak. ūüôā

 

Unsur Kenyataan (Realita) dalam Game

Realitas Fakta

Game simulasi tentunya banyak mensimulasikan dari suatu aktivitas di kehidupan nyata, berikut ini adalah realita-realita yang terdapat di dalam game ini:

  • Waktu yang digunakan dalam proses pembuatan suatu game disesuaikan atau disimulasikan sesuai dengan waktu realita.
  • Mata uang yang digunakan yaitu US Dollar.

  • Setiap staf perusahaan memiliki bidang keahlian tersendiri, seperti desainer, coder, scenario writer, sound engineer, hardware engineer, sekretaris/bendahara, dll.
  • Yang namanya staf / karyawan, tentunya harus mendapat gaji dong.. mereka selalu mendapat gaji di akhir tahun..
  • Komputer digunakan oleh staf-staf untuk mengerjakan pembuatan game.
  • Setiap staf akan berlibur sementara, atau berhenti bekerja ketika mereka kelelahan.

Realitas Uang / Keuntungan

  • Semakin tinggi level atau kualitas staf Anda, semakin tinggi pula gajinya.
  • Keuntungan yang didapatkan dari penjualan game atau pengerjaan tawaran proyek sebuah game disesuaikan dalam kehidupan nyata.
  • Semakin baik kualitas game yang Anda buat, maka semakin tinggi pula keuntungan yang akan didapat.
  • Biaya pembuatan suatu game juga disesuaikan dengan kehidupan nyata

Realitas Visual

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, hanya sedikit realitas visual yang dapat kita temukan pada game ini. Namun kita tetap dapat melihat beberapa bentuk seperti ruang kerja, hiasan, komputer, meja, dan tempat duduk yang mirip dengan aslinya.

Realitas Proses Pembuatan Game

Berikut ini akan lebih menerangkan proses menjalankan sebuah perusahaan beserta urutan-urutan proses pembuatan suatu proyek game :

  • Posisi Anda adalah sebagai pemilik perusahaan sekaligus project manager.
  • ¬óGame dimulai dengan proses mengawali usaha dengan modal dan merekrut anggota
  • ¬óSetelah memiliki anggota, baru dapat memulai pembuatan game ¬ó
  • Anda¬†dapat mengajukan penawaran untuk mengerjakan proyek yang dibutuhkan oleh suatu organisasi dengan jangka waktu yang ditentukan ¬ó
  • Pengembangan game dimulai dari proses perencanaan, desain, lalu implementasi.
  • Anda¬†dapat merencanakan model proses pembuatan game (speed, normal, quality, atau research development)

  • Dalam proses perencanaan, Anda juga dapat memilih platform, genre, dan juga tipe dari game yang ingin Anda¬†bangun ¬ó
  • Setelah proses perencanaan selesai, dilanjukan proses penulisan skenario game play
  • Kemudian proses implementasi yang terdiri dari coding, mendesain game visual atau antarmuka, serta mengaransemen efek-efek suara dari game
  • ¬óSetelah produk game / proyek selesai, lalu dipasarkan ke masyarakat dan Anda¬†akan mendapatkan uang serta fans sebagai timbal balik. ¬ó
  • ¬óAnda¬†dapat meminta bantuan dari ahli developer game, agar game yang Anda¬†bangun jadi lebih baik.
  • Setiap akhir tahun, Anda¬†akan menghadiri acara penganugerahan game-game terbaik tahun itu. Anda¬†berkesempatan untuk memenangkan penghargaannya.

Realitas Kejadian Acak

Di dalam game ini ada kejadian-kejadian yang mungkin terjadi secara tidak disengaja. Berikut ini adalah kejadian tersebut dan faktor-faktornya yang sesuai dengan dunia nyata:

  • Terkadang, pelamar kerja di perusahaan Anda¬†tidak sesuai dengan kriteria yang diinginkan. Sehingga Anda¬†tidak bisa merekrut mereka.
  • Suatu saat, staf Anda¬†ingin bereksperimen lebih di dalam proses pembuatan game, namun hasil eksperimennya terkadang berhasil, dan terkadang juga gagal. Hal ini tergantung dari kualitas dari staf Anda.
  • Sebaik apa pun game yang Anda¬†hasilkan, belum tentu dapat memenangi penghargaan tiap tahun. Karena kita bersaing dengan perusahaan lainnya (fiktif). Semakin baik game dan perusahaan Anda, perusahaan saingan Anda¬†juga akan semakin baik.
  • dll.

Realitas Sebab Akibat

Berikut ini realitas sebab-akibat atau urutan yang yang terjadi dalam game ini, yaitu :

  • Semakin baik perpaduan antara type dan genre game Anda, maka semakin semangat pula staf Anda dalam meneruskan pembuatan game.
  • Semakin tinggi kualitas orang-orang yang terlibat / ikut dalam pembuatan game, maka akan semakin baik kualitas game yang Anda hasilkan.
  • Semakin tinggi kualitas game yang Anda¬†bangun, semakin banyak pula keuntungan yang anda peroleh, juga semakin banyak pula fans yang Anda miliki.
  • ¬óSemakin tinggi peminat dari game Anda, maka Anda¬†akan mendapat tanggapan positif dari masyarakat. ¬ó
  • Semakin tinggi kualitas game yang Anda¬†bangun, semakin tinggi pula kesempatan Anda¬†untuk memenangi penghargaan.
  • Semakin tinggi kualitas dan level dari staf Anda, maka semakin tinggi pula gaji mereka.
  • dll.

User Review


 

Finally…

Walaupun game ini memiliki banyak kekurangan dari sisi user interface atau antar muka dan juga efek suara, namun game ini memiliki skenario / cerita simulasi yang cukup menarik. Bagi Anda yang memiliki mobile phone yang mendukung untuk aplikasi ini, penulis merekomendasikan game ini untuk dijalankan dan dimainkan. Selain ringan, game ini juga dapat mengakibatkan kecanduan dan efek samping (baca : tidak tidur semalaman) ūüėõ

Namun, review ini rasanya kurang lengkap jika tidak disertai trailer dari game tersebut. Sebagai penutup, penulis mempersembahkan trailer & link download Game Dev Story (untuk Android Platform).. Silakan menikmati.. Cheers..

Download :

https://market.android.com/details?id=net.kairosoft.android.gamedev3en&feature=search_result

Rizaldy Rahmadia Catra | Create Your Badge

Author: 

One Response

  1. parkingOktober 16, 2012 at 10:33 AMReply

    terima kasih atas informasi yang sudah di berikan

Tinggalkan Balasan