GeoGuessr

 Umum

Genre & Tema: Quiz, Geografi

Platform: Browser, Android, iOS

Deskripsi

GeoGuessr adalah game edukasi geografi yang mengantarkan pemain ke dalam perjalanan mengelilingi seluruh dunia melalui gambar dari Google Street View dan menantang kemampuan pemain dalam mengenali lingkungan sekitar dengan menebak lokasi yang diberikan oleh gambar.

Cara Main

Terdapat beberapa game mode yang dapat dipilih oleh pemain dalam GeoGuessr, namun untuk cara bermain dan aturan bermainnya secara umum sama. Oleh karena itu, disini Saya akan membahas cara bermainnya secara umum dan kemudian menjelaskan macam-macam-macam game mode dibagian berikutnya.

Pada saat memulai permainan, pemain akan ditempatkan secara acak di peta dunia dan dengan bantuan Google Street View, Pemain dapat:

  1. Menjelajah daerah sekitar tempat pemain ditempatkan,
  2. Memperbesar gambar,
  3. Mencari petunjuk melalui nama jalan, nama bangunan, dll.

Pemain diminta untuk menebak lokasi berdasarkan petunjuk-petunjuk yang didapatkan oleh pemain dengan menjelajahi Google Street View. Apabila Pemain sudah yakin dengan jawabannya, Pemain dapat menjawab dengan meletakkan titik pada peta dunia yang tersedia di pojok kanan bawah layar, seperti yang ditampilkan pada gambar di bawah:

Tampilan interface game

Setelah menekan tombol ‘Guess’ yang berwarna hijau di bawah peta, maka jawaban akan disimpan dan akan ditampilkan jawaban dari lokasi sebenarnya (ditandai dengan ikon bendera kuning) dan jarak antara lokasi sebenarnya dengan lokasi yang dipilih oleh pemain (garis putus-putus pada peta).

Tampilan jawaban

Semakin dekat jarak antara jawaban pemain dengan jawaban sebenarnya, maka semakin besar pula poin yang didapatkan oleh pemain. Poin yang didapatkan akan menjadi XP yang digunakan untuk meningkatkan level pemain, semakin tinggi level pemain semakin banyak game mode yang dapat dimainkan dan pemain juga akan mendapatkan ‘title’ sesuai dengan level pemain.

Singleplayer

Singleplayer mode

Terdapat dua mode yang dapat dipilih oleh pemain dalam permainan singleplayer, yaitu:

Explorer Cups: Pada mode ini, pemain akan melawan bot untuk menebak lokasi yang diberikan secara random. Permainan akan berlangsung selama tiga permainan dimana setiap permainannya terdiri atas lima babak, dua pemain dengan skor terendah akan gugur dan tidak dapat melanjutkan ke permainan selanjutnya. Selama permainan berlangsung, game akan memberikan petunjuk yang berkaitan dengan lokasi yang diberikan seperti, makanan daerah, orang terkenal yang berasal dari negara tersebut, bendera negara, dll.

Maps: Pada mode ini, pemain dapat memilih peta negara yang diinginkan, sehingga lokasi yang diberikan akan berasal dari negara yang telah dipilih. Permainan terdiri atas lima babak, dimana di setiap babaknya pemain diberikan waktu dua menit untuk menebak lokasi yang diberikan.

Multiplayer

Multiplayer mode

Berbeda dengan singleplayer dimana pemain bermain melawan bot, pada multiplayer, pemain akan melawan sembilan pemain lain dari seluruh dunia, di sini terdapat tiga mode yang dapat dipilih oleh pemain, yaitu:

Battle Royale COUNTRIES: Pada mode ini, setiap pemain memiliki tiga nyawa untuk menebak negara dari gambar yang ditampilkan Google Street View, untuk setiap jawaban yang salah nyawa pemain akan berkurang dan ketika semua nyawa habis digunakan pemain akan didiskualifikasi dari permainan, permainan akan berlanjut hingga hanya satu pemain yang tersisa.

Battle Royale DISTANCE: Pada mode ini, setiap pemain akan berlomba-lomba untuk menebak lokasi eksak dari gambar yang ditampilkan Google Street View, pemain dengan tebakan terdekat akan mendapatkan poin yang lebih tinggi sedangkan pemain dengan tebakan terjauh akan didisfikualikasi dari permainan dan tidak dapat melanjutkan ke ronde selanjutnya. Setiap pemain memiliki tiga kesempatan awal untuk men-submit jawaban dan untuk setiap ronde yang berhasil dimainkan, pemain akan mendapatkan satu kesempatan ekstra untuk menebak. Permainan berlangsung sampai tersisa satu pemain yang akan menjadi pemenang.

Team Duels: Pada mode ini pemain dapat mengajak teman untuk melawan tim lain dalam permainan GeoGuessr. Terdapat dua tim dalam satu permainan, dimana setiap tim memiliki HP bar yang akan berkurang apabila tim lawan memiliki skor yang lebih besar dari tim sendiri, permainan akan terus berlangsung sampai HP bar dari salah satu tim bernilai nol.

Konten Edukasi

Pada game ini pemain dapat mempelajari tentang peta dunia secara interaktif, dengan berbagai game mode yang dapat dipilih pemain, pemain dapat mempelajari dan mengetahui tentang karakteristik tiap-tiap daerah yang ada di seluruh dunia dengan menyenangkan.

Pemain dapat mempelajari bahasa yang digunakan oleh suatu daerah, karakteristik bangunan dari suatu daerah, dan karakteristik lingkungan dari suatu daerah untuk menebak lokasi yang diberikan oleh game.

Screenshot In-game

Negara yang dapat dipilih pada mode Maps.
Badges yang bisa didapatkan oleh pemain.
Kostumisasi avatar GeoGuessr.
Salah satu review dari game GeoGuessr.

Shahnaaz Anisa Firdaus

05111940000158

No Responses

Tinggalkan Balasan