Review Dumb Ways To Die

 Review Game Edukasi, Umum

Judul, genre dan platform 

Judul : Dumb Ways to Die

Genre : Casual

Platform : Android dan IOS (Mobile)

Deskripsi

Siapa sih yang ga tau dengan game Dumb Ways to Die? Game bergenre casual ini merupakan salah satu game lama yang sempat trending / booming di seluruh dunia. Pada tahun 2012 lalu, Melbourne Metro berusaha menggalangkan sebuah campaign mengenai kewaspadaan masyarakat akan bahayanya aktivitas di sekitar rel kereta api. Berawal dari campaign tersebut terciptalah sebuah video musik yang menggambarkan karakter-karakter yang mati karna hal-hal konyol disekitar kita, seperti tertabrak kereta api, menusukan garpu ke dalam toaster, mengganggu beruang dll.  Setelah mempublish video musik,pada tahun 2013 tim Metro lanjut merilis game dengan konsep dan karakter yang sama dengan yang ada pada video. Bahkan karna kesuksesannya Metro juga merilis sekuel dan trikuel dari Dumb Ways to Die.

Gameplay

Game Dumb Ways to Die merupakan game yang terdiri dari beberapa mini-game. Seperti judul gamenya, mini-game yang ada menampilkan skenario-skenario mati konyol (dumb way to die). Tujuan dari player tentunya adalah untuk menghindari aktivitas-aktivitas berbahaya yang dapat menyebabkan kematian konyol tersebut. Setiap kali bermain, player akan memiliki 3 nyawa. Player diharuskan untuk tap, tilt, bahkan blow untuk dapat survive menghadapi tiap mini-game jika tidak ingin kehilangan nyawa. Semakin lama player bertahan maka akan semakin cepat tempo permainan. Diantara banyaknya mini-game ini, diselipkan mini-game yang bertemakan mengenai bahaya di sekitar rel kereta(tujuan utama pembuatan campaign). Dengan mencapai target dan poin tertentu, player akan mengunlock karakter dan mini-game baru.

Edukasi

Game ini secara umum memberikan edukasi mengenai hal-hal apa yang harus dihindari/tidak boleh dilakukan karena hal-hal tersebut dapat menyebabkan kematian. Di tiap mini-gamenya memberikan skenario dan pelajaran spesifik yang berbeda-beda.

  • Numpty: Tidak bermain-main dengan api
  • Hapless: Tidak bermain-main dengan binatang buas seperti beruang
  • Pillock: Jangan meminum obat yang sudah lewat masa tenggat nya
  • Dummkopf: Jangan memasukan peralatan logam ke peralatan listrik seperti toaster.
  • Dimwit: Jangan mencoba memperbaiki peralatan listrik tanpa pengetahuan dan bantuan profesional.
  • Lax: Jangan memakan makanan yang sudah basi
  • Bungle: Jangan menggunakan dryer sebagai tempat bersembunyi
  • Mishap: Hati-hati terhadap binatang buas yang mematikan seperti ular
  • Calamity: Jangan memakan superglue
  • Doofus: Jangan bermain-main dengan sarang lebah
  • Stumble: Jangan berdiri di pinggir rel kereta api
  • Bonehead: Jangan melewati pembatas rel kereta api
  • Putz: Waspada dalam menyebrangi rel kereta api

Edukasi seperti ini sangatlah cocok diberikan kepada anak kecil yang masih kurang mengetahui hal-hal apa sih yang berbahaya dan hal-hal apa yang tidak berbahaya. Secara kasarnya game ini menanamkan pesan agar tidak melakukan hal-hal yang dilakukan karakter yang ada pada game jika tidak ingin mati konyol seperti mereka.

Link Youtube Gameplay

Link Youtube Trailer

Source : Tertera

Pengulas

Feraldy Nathanael

05111840000166

Author: 

No Responses

Tinggalkan Balasan