Patroli Tama

 Umum

Genre: Simulation
Tema : Casual, Transportation
Platform: Android

Deskripsi

Patroli Tama adalah sebuah game simulasi lalu lintas sederhana berbasis Android. Dalam Patroli Tama, pemain akan bermain sebagai seorang polisi lalu lintas bernama Tama yang memiliki tugas untuk mengawasi pengemudi di jalanan. Pemain diharuskan untuk mencari pengemudi yang melakukan pelanggaran lalu lintas dan menertibkan pengemudi tersebut.

Cara Main

Ketika sebuah level dimulai, game akan menampilkan suatu wilayah dan jaringan jalannya dimana akan terdapat kendaraan yang berlalu-lalang. Pemain kemudian akan mengawasi jalanan tersebut dan mencari kendaraan yang melanggar aturan lalu lintas. Bila pemain sudah menemukan kendaraan yang melanggar, pemain harus meng-tap kendaraan tersebut.

Tampilan level

Setelah meng-tap suatu kendaraan, akan muncul overlay pemilihan pelanggaran. Pemain harus memilih pelanggaran yang sesuai kemudian menekan tombol “Tertibkan” untuk menertibkan pelanggar tersebut. Pemain juga dapat memilih tombol “Batal” untuk keluar tanpa menertibkan kendaraan yang dipilih. Setelah itu, Pemain kembali mengawasi jalan dan mencari kendaraan yang melanggar. Hal ini dilakukan hingga waktu yang tersedia untuk level tersebut habis.

Tampilan overlay pilih pelanggaran

Jika pemain berhasil menertibkan kendaraan yang melanggar dengan alasan yang benar, pemain akan mendapatkan 10 poin. Bila pemain menertibkan kendaraan yang melanggar tetapi alasannya tidak benar, pemain akan mendapatkan 5 poin. Sedangkan bila pemain menertibkan kendaraan yang tidak melanggar, poin pemain akan berkurang 5 poin.

Pada sebuah level, akan terdapat tiga target poin yang akan menentukan jumlah bintang yang didapatkan pemain untuk level tersebut. Bila pemain berhasil mencapai minimal target pertama dan mendapatkan bintang 1 ketika waktu habis, maka level tersebut selesai dan level selanjutnya akan terbuka. Bila pemain gagal mencapai target pertama, maka pemain perlu mengulang level tersebut.

Level selesai
Level gagal

Game ini sendiri memiliki 16 level yang dibagi menjadi 4 stage, yaitu Pedesaan, Kota Kecil, Kota Metropolitan, dan Kawasan Industri. Seiring dengan naiknya level, peraturan lalu lintas akan dikenalkan secara berkala pada pemain sehingga pelanggaran yang harus diawasi menjadi lebih beragam. Selain itu, luas kota dan target poin akan terus bertambah sedangkan waktu level akan berkurang.

Level pada stage kawasan indsutri

Konten Edukasi

Patroli tama mengenalkan dan mengajarkan anak-anak mengenai peraturan juga rambu-rambu lalu lintas. Selain itu, ada 12 jenis pelanggaran yang ditunjukkan pada game ini, mulai dari melawan arah, tidak menggunakan helm, hingga pelanggaran rambu dilarang masuk untuk mobil atau truk. Dengan menunjukkan pelanggaran-pelanggaran tersebut, terutama yang umum terjadi, pemain diharapkan dapat memahami aturan lalu lintas dan menghindari perilaku yang melanggar aturan tersebut.

Pengenalan aturan lalu lintas
Pengenalan rambu

Screenshot Lainnya

Sebuah persimpangan dengan lampu lalu lintas
Pelanggaran dilarang parkir
Truk yang mengebut
Truk kelebihan muatan
Truk mengangkut orang

Video

Nama: Muhammad Nur Abdurrauf
NRP: 05111940000140

No Responses

Tinggalkan Balasan