Nanny 911.The Game :::: back to normal household

 Review Game Edukasi, Simulasi

nanny1

Nanny 911 merupakan sebuah game simulasi tentang mengembalikan kedisiplinan sebuah keluarga dalam suatu rumah tangga. Dan mengubah orang tua dari bad parenting menjadi good parenting.

Seperti yang kita lihat di program televisi, tayangan Nanny 911 sangat mendidik untuk disaksikan oleh semua anggota keluarga, karena  Nanny 911 tidak hanya membantu orang tua untuk mendisiplinkan anak mereka tetapi juga membantu orang tua itu sendiri untuk mendisiplinkan diri sehingga terciptalah semua keluarga yang disiplin dan saling bekerja sama satu sama lainnya secara keseluruhan.

Di dalam game ini terdapat 3 level : easy, medium, dan hard yang menentukan tingkat kesulitan bermain, dalam hal ini mendisiplinkan keluarga. Kitasebagai player bertugas untuk menyelesaikan tugas – tugas yang di berikan oleh Nanny kepada ayah dan ibu untuk mendisiplinkan diri dan anak – anak mereka. Tugas – tugas tersebut banyaknya tergantung pada tingkat kesulitan yang kita pilih sebelumnya.

Misalnya, ayah bertugas untuk membersihkan barang – barang yang berantakan sebanyak 7 buah, menidurkan anaknya sebanyak 2 kali, mencuci piring, mengganti popok, berhenti untuk berteriak di telepon, menemani dan mempersiapkan perlengkapan anaknya di saat belajar, dan familiy time. Dan misalkan ibu bertugas untuk membersihkan barang – barang yang berantakan sebanyak 5 buah, mengganti popok sebanyak 2 kali, mendisiplinkan anak yang menggambar di tembok, mendisiplinkan anak yang melompat di tempat tidur, mendisiplikan anak yang sedang berkelahi, menyiapkan meja untuk makan malam, memasak makan malam, berhenti untuk makan di tempat tidur, membereskan mainan anak, dan family time.

Dari tugas – tugas tersebut kita dapat belajar untuk me – manage waktu dengan melakukan pekerjaan yang bisa dilakukan terlebih dahulu untuk menghemat waktu, karena banyak waktu yang diselesaikan untuk sebuah level menentukan score. Dan juga kita harus peka dengan keadaan sekitar agar tugas yang akan kita selesaikan bisa dilakukan dengan baik dan rumah pun menjadi bersih dan tercipta semua anggota keluarga yang disiplin.

Apabila tugas ayah ‘mencuci piring’ dikerjakan oleh ibu maka tugas mencuci piring ayah akan hilang tetapi kemudian diganti dengan tugas lainnya, begitu pula sebaliknya. Apabila semua tugas yang diberikan untuk ayah dan ibu sudah terselesaikan semua maka berakhir pula permainan di sebuah level.

Dalam game ini terdapat level kebaikan untuk ayah dan ibu. Apabila ayah / ibu melakukan pekerjaan yang baik dan tidak melakukan kebiasaan buruk maka level kebaikan mereka pun meningkat. Level kebaikan ayah dan ibu ini berfungsi pada saat mendisiplinkan anak mereka. Apabila level kebaikan mereka tinggi maka mereka dapat dengan mudah mendisiplinkan anak mereka, dan apabila level kebaikan mereka rendah maka mereka harus menghasikan waktu yang lama untuk mendisiplinkan anak mereka.

Nilai edukasi yang didapatkan dari game ini

Berikut ini adalah nilai – nilai edukasi yang didapatkan dari game Nanny 911 :

  • Belajar team work dengan : bekerja sama menyelesaikan tugas yang diberikan.
  • Belajar tanggung jawab : dengan menyelesaikan tugas yang diberikan untuk masing – masing individu.
  • Belajar mendisiplinkan diri sendiri : dengan tidak melakukan kebiasaan buruk yang nantinya dapat ditiru oleh orang lain.
  • Belajar mendisiplinkan orang lain yang tergantung dari level kebaikan diri sendiri, ini berarti disiplin harus mulai dari diri sendiri kemudian baru bisa mendisiplinkan orang lain.
  • Belajar tepat waktu : apabila waktunya family time, maka semua keluarga harus berkumpul bersama. Apabila waktunya makan malam maka semua harus berkumpul di meja makan dan ayah ibu harus melakukan tugasnya.
  • Belajar kebersihan dengan tugas membereskan barang – barang yang berantakan dan mengembalikan pada tempatnya yang harus dipenuhi untuk dapat menyelesaikan sebuah level.
  • Kebersamaan. Semua anggota keluarga tidak akan memulai makan apabila ada satu anggota saja yang tidak ada di meja makan.

Secara keseluruhan game ini mengandung nilai edukasi yang tinggi untuk kehidupan berdisiplin sehari – hari.

Unsur kenyataan (Realitas) yang terdapat dalam game

Realitas fakta dalam game :

Sebagaimana yang terdapat dalam game simulasi yang mensimulasikan kehidupan nyata, berikut adalah realitas yang terdapat di dalam game Nanny 911 ini :

  • Fungsi – fungsi barang yang tersedia, misalnya :

o   Kulkas, kompor, lemari makanan untuk membantu menyiapkan makanan

o   Sofa, tempat tidur untuk merelaksasikan diri

o   Taman, mainan anak, televisi, radio untuk hiburan

o   Buku untu belajar

o   Handphone untuk berkomunikasi

o   Piring, garpu, sendok untuk menikmati makanan

o   Dan sebagainya

  • Realitas fakta lainnya :

o   Level kebaikan ayah / ibu akan menurun apabila melakukan kebiasaan buruk dan memarahi anaknya, begitu pula sebaliknya.

o   Anak – anak akan menangis terus apabila popoknya tidak diganti atau sedang mengantuk dan tidak ditidurkan.

o   Dan sebagainya

Realitas sebab akibat dalam game :

Realitas sebab akibat yang tedapat dalam game Nanny 911 adalah sebagi berikut :

  • Karena anak satu mengganggu anak lainnya maka terjadilah perkelahian
  • Apabila barang – barang yang berantakan tidak dibersihkan maka rumah akan berantakan dan tidak teratur
  • Di kamar mandi akan banjir apabila kran air tidak dimatikan
  • Dan sebagainya

Realitas kejadian acak dalam game :

Dalam game ini terdapat kejadian – kejadian yang mungkin saja terjadi beserta kemungkinan salah satu faktor penyebabnya yang sesuai dengan dunia nyata, berikut relalitasnya :

  • Barang – barang elektronik pada saat digunakan terkadang akan terbakar dan mengeluarkan asap dan kemudian rusak.
  • Barang – barang yang berserakan di lantai terkadang menyebabkan kecelakaan ringan.

Realitas fisika dalam game :

Realitas hukum – hukum fisika yang terdapat dalam game :

  • Benda jatuh
  • Bola memantul
  • Tulang yang dilemparkan untuk anjing

Realitas audio dan visual dalam game :

Realitas audio dan visual yang terdapat dalam game :

  • Suara alat – alat yang digunakan seperti TV, handphone, radio, video game, kran air, dsb sesuai dengan kenyataan.
  • Bentuk karakter sesuai dengan usia dan jenis kelamin mereka
  • Bentuk visual dan ukuran alat – alat yang terdapat di dalam game sesuai dengan bentuk dan ukuran yang disesuaikan dengan dunia nyata.
  • Suara laki – laki, perempuan, gonggongan anjing, tangisan bayi, perkelahian anak – anak sesuai dengan kenyataan.

Writer

Yolanda Puspita – 5108100114
Yolanda Puspita | Create your badge

Author: 

No Responses

Tinggalkan Balasan