Hitman: Absolution

 Review Game Realitas Virtual

Existing Post Image

Hitman: Absolution adalah game terbaru dari seri Hitman dari IO Interactive yang dirilis oleh Square Enix. Game ini cukup lama ditunggu-tunggu oleh penggemarnya karena game Hitman terakhir yang keluar sebelumnya adalah Hitman: Blood Money yang dirilis sekitar 6 tahun yang lalu. Saya basically grow up bersama game ini karena game pertama dari seri ini yaitu Hitman: Codename 47 rilis pada tahun 2000 dan waktu itu saya sering menonton kakak saya memainkan game ini.

Game ini pada dasarnya terdiri dari beberapa level dimana pada setiap level terdapat misi-misi yang harus diselesaikan. Misi mulai dari mengambil benda penting tertentu, mencari informasi, hingga (sesuai dengan judulnya) membunuh orang. Jangan bayangkan pembunuhan disini seperti kebanyakan game action yang dilakukan secara sloppy dimana kita tinggal menembak semua orang. Pada game ini kita dituntut untuk menyelesaikan misi selayaknya seorang profesional. Kita dituntut menyelesaikan misi serapi mungkin sehingga, seperti kata orang-orang, they’ll never know what hit em. Kita bisa menggunakan penyamaran-penyamaran dan bersembunyi agar tidak ada seorangpung yang sadar bahwa kita pernah berada disana. Metode Pembunuhanpun bisa beragam sesuai dengan situasi yang ada mulai dari lokasi, alat, hingga caranya.

Oleh karena itu game ini terhitung sangat sulit diselesaikan karena kita dituntut untuk bergerak efisien, cepat, dan tepat. Kita harus selalu memperhatikan sekeliling untuk mencari celah sekecil apapun yang bisa dimanfaatkan untuk menyelesaikan misi. Kita harus memperhatikan percakapan orang disekitar, periaku orang lain, lokasi target, kegiatan target, kemungkinan pengganggu, kamera pengawas, penyamaran, dan masih sangat banyak lagi. Oleh karena itu game ini sangat menantang dan sulit diselesaikan!

Aspek realita dalam game inipun sangat terasa karena memang pada dasarnya kita harus serasa benar-benar hidup di dalam game sebagai 47 (nama karakter utama) untuk menyelesaikan setiap misi. Setiap tindakan yang kita lakukan akan memiliki efek terhadap sekitar. Setiap suara yang kita dengar memiliki kemungkinan untuk kita manfaatkan, setiap percakapan memiliki peluang informasi yang berharga. So, you can name every reality aspects for a game, this game has it all!

Pada seri terbaru ini, Absolution memiliki sebuah fitur baru yang kalau kita kaitkan dengan realita menjadi sedikit tidak real yaitu Instinct Mode. Instinct Mode ini mirip seperti Eagle Eye pada seri Assassin Creed dimana pada mode ini kita bisa memperkirakan rute yang akan ditempuh orang lain dan item-item yang mungkin berguna untuk kita. Tampaknya fitur ini diperkenalkan untuk membantu mempermudah jalannya permainan. Tapi bagi penggemar sejati seri Hitman tidak perlu kecewa karena pada tingkat Difficulty paling tinggi kita akan kehilangan semua fitur-fitur untuk mempermudah tersebut. Ini artinya kita tetap harus kembali berusaha hidup di dalam game menjadi 47 dan merasakan semua kejadian yang ada sendiri!

 

 

Aspek realitas dalam game ini adalah:

Realitas Fakta:

  • Jenis-jenis senjata dalam game
  • Setting kota dalam game.
  • Metode menyelesaikan misi.

Realitas Sebab Akibat:

  • Jika melakukan kegiatan yang mencurigakan akan membuat penjaga curiga
  • Penyamaran yang tidak sesuai dengan lokasi akan membuat ketahuan.
  • Memanfaatkan lingkungan sekitar. misalnya dengan melempar suatu benda untuk memancing perhatian penjaga

Audio Visual

  • Game ini menggunakan suara dan penampilan semua objek mendekati nyata.

 

Satrio G. Nugraha

5109100097
Satrio G Nugraha

Create Your Badge

Author: 

No Responses

Tinggalkan Balasan