Jahit Yuk! – Game Simulasi Menjahit

 Review Game Edukasi, Review Game Realitas Virtual, Simulasi, Tugas Kuliah, Tugas Kuliah Realitas Virtual

Menu utama

Latar Belakang Cerita
Bunga adalah seorang anak yang bercita-cita ingin menjadi seorang desainer baju terkenal. Suatu hari ia melihat poster lomba membuat kebaya yang diselenggarakan oleh Sekolah Menjahit terkenal. Setiap karya pemenang akan dipamerkan di Pameran Kebaya Nasional dalam rangka memperingati hari Kartini. Selain karyanya akan dipamerkan, pemenang akan mendapatkan kursus menjahit gratis selama 1 tahun dari sekolah menjahit tersebut. “Aku ingin mengikuti lomba ini, agar cita-citaku menjadi seorang desainer baju terkenal bisa semakin dekat”, kata Bunga.
Bunga pulang ke rumahnya dan menceritakan kepada ibunya tentang lomba kebaya yang baru saja ia lihat posternya. Ia ingin minta uang untuk membeli bahan membuat kebaya dan ongkos menjahit baju di penjahit. “Ibu, aku ingin mengikuti lomba menjahit kebaya itu, apakah ibu bisa meminjamkan uang padaku?”, tanya Bunga kepada ibunya. namun sayang, uang ibu Bunga hanya cukup untuk membeli bahan saja, tidak untuk ongkos menjahit. “Maafkan ibu, Bunga, kamu bisa membuat kebaya sendiri kok. Nanti ibu ajarkan cara membuatnya.” Bunga pun menjadi semangat kembali. Ayo bantu bunga untuk memenangkan lombanya!

Ulasan
Game ini memiliki sebuah peta sederhana. Pada peta tersebut terdapat tiga tempat yaitu rumah, toko kain, dan sekolah menjahit.
peta
Pemain hanya dapat menjalankan sebuah subgame di satu tempat. Subgame yang dapat dijalankan di tok okain hanya subgame membeli kain. Sedangkan enam subgame lainnya hanya dapat dijalankan di rumah.

Pemain dibekali 10 kesempatan(live) yang digambarkan berbentuk hati. Pada setiap subgame dalam game ini, pemain harus mempertahankan live yang dimiliki, jika tidak maka Game Over. Permainan ini memiliki tujuh subgame yang harus diselesaikan, sub-sub game tersebut merupakan urutan proses dalam simulasi menjahit baju kebaya sederhana antara lain mengukur badan, membeli kain, membuat pola, meletakkan pola di atas kain, memotong kain, mengobras kain, dan menjahit baju. Setiap subgame dalam game ini disusun secara berurutan seperti proses membuat baju yang sebenarnya.

  1. Membeli Kain.
    Dalam subgame ini pemain akan menuju toko kain dan membeli kain yang akan digunakan untuk membuat kebaya dengan sejumlah uang yang tersedia. Life akan berkurang jika pemain tidak dapat membayar dengan jumlah uang yang tersedia.
    toko
  2. Mengukur Badan
    Subgame ini menggambarkan simulasi mengambil 11 bagian ukuran badan seseorang yang diperlukan untuk pembuatan baju atasan. Pemain harus memilih letak pengukuran dengan benar, kemudian mencatat hasil pengukuran yang ditampilkan dengan menginputkan melalui tombol-tombol yang berada di sebelah kanan kemudian menekan tombol catat. Jika pemain salah memilih letak pengukuran atau salah dalam mencatat hasil pengukuran maka life yang digambarkan dengan bentuk hati akan berkurang satu.10343892_10201905367692191_1860393974_o
  3. Memilih Pola
    Dengan subgame ini pemain akan mengetahui pola-pola dasar pakaian yang diperlukan untuk membuat baju kebaya. Dalam subgame ini pemain harus memilih tiga pola dasar yang diperlukan untuk membuat kebaya, yaitu pola badan depan, pola badan belakang, dan pola lengan. Disediakan berbagai macam pola dasar pakaian, dan pemain harus memilih dengan tepat sesuai urutan pada Daftar Pola yang diperlukan.
    988
  4. Meletakkan pola di atas kain
    Pada subgame ini, pemain dihadapkan pada permasalahan bagaimana cara meletakkan seluruh pola kebaya di atas kain yang terbatas panjang dan lebarnya. Saat meletakkan pola ke kain, pemain tidak diperbolehkan meletakkan pola dengan posisi beririsan dengan pola lainnya. Jika pemain meletakkan pola secara beririsan, live akan berkurang satu.
    menempelpola
  5. Memotong Kain.
    Dalam subgame ini pemain harus mengikuti titik-titik yang terdapat pada gambar dari titik pertama hingga titik terakhir untuk memotong kain sesuai pola.
    10342266_10201905367732192_135841621_o
  6. Mengobras Kain
    Pemain harus memilih bentuk obras-an dan meletakkan di posisi yang sesuai pada kain dengan cara drag and drop. Terdapat tiga jenis potongan kain yang harus diobras, yaitu kain bagian depan, kain bagian belakang, dan kain bagian lengan. Setiap potongan kain memiliki empat bentuk obras-an. Jika pemain salah meletakkan bentuk obrasan pada kain, live akan berkurang satu.
    990
  7. Menjahit Kain
    Pada subgame terdapat kain yang berjalan ke atas dengan titik-titik pola yang harus dijahit. Pemain harus menurunkan jarum jahit dengan menekan spasi pada keyboard pada saat titik pola terletak di bawahnya. Pemain dapat menggeser kain ke kiri dengan tombol panah kiri pada keyboard, serta menggeser kain ke kanan dengan tombol panah kanan pada keyboard. Jika ada titik yang telewat, maka live akan berkurang 1.
    jahit

 

Unsur Realitas
Realitas Proses

  • Urutan pembuatan kebaya dari mengukur badan hingga menjahit kain sesuai dengan proses pembuatan baju di dunia nyata.
  • Cara menjahit kain menggunakan mesin jahit sesuai dengan aslinya.

Realitas Fakta

  • Ukuran badan yang digunakan pada subgame mengukur badan menggunakan ukuran badan seseorang.
  • Daftar ukuran yang diperlukan sesuai dengan daftar pengukuran yang diperlukan untuk menjahit kebaya.
  • Pola yang digunakan sesuai dengan pola-pola yang digunakan dalam pembuatan kebaya.

Realitas Visual

  • Penggambaran badan dan letak ukuran badan sesuai dengan aslinya.
  • Mesin jahit digambarkan sesuai aslinya.
  • Pola digambarkan seperti aslinya.

Kejadian acak

  • tidak ada

Realitas Fisika

  • tidak ada

Tim Pembuat:

Author: 

No Responses

Tinggalkan Balasan