Lemonade Tycoon 2 – New York Edition – Belajar Berbisnis dengan Menjual Sirup Limun di kota New York

 Review Game Realitas Virtual, Uncategorized

Berbagai macam permainan simulasi semakin banyak dapat ditemui, mulai dari permainan simulasi mengendarai mobil, pesawat hingga kereta api. Namun permainan simulasi tidak hanya melulu mengenai mengendarai atau memainkan sesuatu tapi ada pula simulasi mengenai cara berbisnis. Salah satu permainan simulasi bisnis yang digemari banyak orang adalah Lemonade Tycoon 2.

Lemonade Tycoon 2 video :

https://www.youtube.com/watch?v=oL10gbPwRTY

Lemonade Tycoon 2 adalah permainan simulasi cara berjualan sirup limun. Setting  dari permainan ini sendiri adalah di kota New York. Terdapat 3 mode permainan yaitu time challenge, money challenge dan career mode.

Pada mode time challenge, pemain harus dapat menjual sirup limun sebanyak mungkin dan menghasilkan banyak uang. Inti dari mode ini, waktu adalah uang. Pada mode money challenge, pemain harus terus bermain hingga mencapai batas uang tertentu yang telah ditetapkan pada awal permainan. Sedangkan pada career mode memungkinkan pemain untuk bersaing dengan permainan itu sendiri.

 

UNSUR REALITAS :

1. Realitas Fakta :

  • Cakupan dari permainan adalah beberapa district di kota New York.
  • Benda-benda pada permainan menyerupai benda pada dunia nyata, seperti bangunan dan jalan.
  • Dalam membuat sirup limun, bahan-bahan dasar yang digunakan sama dengan yang ada di dunia nyata, yaitu buah lemon, gula, es batu dan gelas.
  • Saat bermain, beberapa kali pemain berjualan di tempat yang tidak sesuai seperti di pinggir jalan raya, namun di jalan tersebut hanya terdapat orang-orang yang berjalan tanpa arah dan tidak terdapat kendaraan yang berlalu-lalang. Hal ini tidak sesuai dengan dunia nyata, dimana seseorang tidak boleh berjualan di pinggir jalan raya. Di jalan raya pada dunia nyata tentu saja terdapat kendaraan yang berlalu-lalang dan pejalan kaki berjalan di trotoar, bukan di tengah jalan raya tanpa arah yang jelas.

 

2. Realitas Proses/Sebab Akibat :

  • Selayaknya berjualan di dunia nyata, pemain harus membeli stok terlebih dahulu dan uang yang dimiliki berkurang saat membeli stok baru.
  • Dalam membuat sirup limun, pemain dapat menentukan banyaknya bahan yang digunakan dan dari sana dapat ditentukan berapa gelas sirup limun yang dapat dijual hari itu dan berapa profit yang di dapat tiap gelas.
  • Jika limun yang dijual sedikit, maka pemain merugi, uangnya berkurang dan begitu pula sebaliknya.
  • Jika sirup limun terdapat kekurangan, seperti terlalu banyak es baru, maka pembeli akan menunjukkan reaksi bahwa sirup limun terlalu dingin.

 

3. Realitas Random Event :

  • Cuaca pada permainan setiap harinya berubah-ubah.
  • Pembeli-pembeli berlalu-lalang di sekitar daerah berjualan.

 

4. Realitas Hukum Fisika :

  • Pada game terdapat indikator suhu saat itu, jika cuaca sedang hujan, maka suhu antara 20-30° F dan jika cerah, suhu  menjadi lebih tinggi.

 

5. Realitas Audio/Visual :

  • Audio yang disediakan dalam permainan sangat minim, hanya berupa musik yang mengiringi permainan dan suara-suara seperti suara burung dan lainnya.
  • Visualisasi yang disajikan permainan berupa :

– visualisasi kota New York
– visualisasi lokasi berjualan seperti jalan raya, taman dan lainnya
– visualisasi hujan
– visualisasi siang dan malam

Penulis :

Dewa Ayu Sri Mertiani

NRP : 5110100169

Dewa Ayu Sri Mertiani | Create Your Badge

Author: 

No Responses

Tinggalkan Balasan