Rocket Mania Deluve

 Asah Otak

Game keluaran pop cap ini terdiri dari beberapa jenis, yaitu Classic, Arcade, dan Strategy.

Namun secara umum, aturan main game ini adalah menghubungkan roket dengan api agar roket-roket tersebut menyala dan bisa meluncur. Cara menghubungkannya, kita harus me-rotate atau memutar-mutar posisi sumbu agar bisa saling menyambung. Roket yang diluncurkan bisa lebih dari satu karena ada beberapa sumbu yang memungkinkan bercabang ke beberapa sumbu yang lainnya.

Jenis classic memungkinkan gamers untuk menyalakan roket dengan batas waktu yang ditandai dengan lentera di sisi atas papan permainan. Waktu habis jika semua lentera sudah mati.

Jenis arcade memungkinkan gamers menyalakan beberapa buah roket yang telah ditentukan jumlahnya tanpa dibatasi oleh waktu. Pada saat pertama kali ditampilkan, hanya ada beberapa buah sumbu yang ada pada papan permainan. Sumbu-sumbu yang lain akan terus berjatuhan dan bertumpuk pada sumbu-sumbu yang sudah ada.

Jika sumbu-sumbu yang bertumpuk sudah mencapai batas atas papan permainan, maka game over. Oleh karena itu, gamers diharuskan untuk mencegah hal itu terjadi dengan menyambungkan api ke roket. Jika api dengan roket sudah tersambung melalui sumbu, maka roket akan meluncur dan tumpukan sumbu yang tersambung tersebut akan hilang. Jenis arcade lebih fleksibel karena sumbu-sumbu bisa digeser-geser.

Dan yang terakhir, jenis strategy. Jenis ini agak berbeda dengan yang lainnya karena gamers diharuskan meluncurkan roket sebanyak-banyaknya dengan jumlah api yang terbatas. Untuk mendapatkan tambahan  api lagi, maka gamers harus meluncurkan tiga roket atau lebih, atau dengan memungut api pada sumbu yang ada papan permainan. Namun, keberadaaan api pada papan permainan tersebut kondisional.

Unsur edukasi

Unsur edukasi yang bisa didapat dari game ini adalah

  • Ketangkasan, ditandai dengan kecepatan menyalakan roket sebelum habis waktu
  • Strategi untuk menyambungkan sumbu-sumbu roket
  • Keefisienan penggunaan sumbu dengan cara mencermati setiap kemungkinan untuk dapat menyalakan lebih dari satu roket

Reviewer : Rizka Noviana Indriyani (5110100133)

Rizka Noviana Indriyani

Buat Lencana Anda

Author: 

No Responses

Tinggalkan Balasan