Review: Burnout Paradise, The Ultimate Box

 Review Game Realitas Virtual

Di game ini pemain melakukan balapan di sebuah kota bernama “Paradise City”. Di kota tersebut pemain bisa melakukan berbagai macam jenis balapan, dari mulai balapan biasa, melakukan aksi stunt, sampai balapan mencapai garis finish sambil diganggu oleh beberapa mobil yang memburu pemain dan mencoba menghancurkan mobil pemain. Setiap beberapa kali memenangkan balapan maka akan muncul sebuah mobil baru yang berkeliaran di kota. Agar dapat menggunakan mobil tersebut maka pemain harus menghancurkan terlebih dahulu mobil tersebut. Hal ini bisa dilakukan dengan cara mendorong mobil tersebut ke pinggir jalan sampai menabrak dan hancur. Setelah hancur mobil tersebut dibawa ke “Junk Yard” dimana nantinya pemain bisa mengambil dan menggunakannya.

Ketika pemain pertama kali bermain Paradise Burnout, mereka diminta  memilih gambar untuk Lisensi Paradise City Driver-nya (semacam SIM).  Lalu pemain dibawa ke tempat barang rongsokan (Junk Yard) untuk mengambil mobil pertama, membersihkan dan mengeksplorasi banyak bagian kota Paradise mulai dari pantai, tempat latihan militer angkatan laut, pegunungan dan berbagai daerah pinggiran kota, turun ke kota dan tengah kota. Perlombaan terpanjang adalah sekitar 17 mil dan waktu rata-rata adalah sekitar di bawah lima menit, jadi game ini lebih tentang uji kecepatan dan keterampilan.

Kenaikan level game ini adalah kenaikan grade lisensi SIM.  Naik level berarti akan melawan mobil-mobil yang performanya lebih tinggi. Tingkat kesulitan game ini cukup tinggi. Kesulitan di game ini adalah tidak adanya panah yang membantu belok ke kanan atau belok ke kiri untuk mencapai garis finish, hal ini seringkali membuat  salah jalan padahal sedang memimpin. Jadi agar bisa menang balapan di game ini, harus mahir-mahir membaca peta dan menghafalkan jalan.  Tips agar mencapai garis finish adalah sengaja berada di posisi dua hingga beberapa ratus meter menyentuh garis finish agar bisa mencontek rute mobil yang ada di depan. Setelah tinggal beberapa ratus meter barulah salip mobil yang ada di depan dengan memanfaatkan NOS yang tersisa.

Mobil balap di game ini dilengkapi dengan NOS, ada dua jenis NOS, yang pertama bisa kita gunakan setiap saat dan yang satu lagi harus menunggu hingga penuh baru bisa kita gunakan. NOS ini akan terisi setiap kali kita melakukan aksi stunt atau melakukan drift. Mobil yang ada juga bervariasi, dari mulai sedan, SUV hingga truk. Di game ini juga ada mode Party dimana bisa saling beradu skill dengan pemain lain dengan cara bergantian (menggunakan controller yang sama). Hal yang seru dari game ini adalah mencari lokasi-lokasi dimana pemain bisa melakukan aksi lompatan menggunakan mobil atau motor. Untuk yang mode balapan motor (Paradise Bikes) yang membedakan adalah tidak ada NOS-nya.

Nilai Realitas Virtual

Dalam game ini terdapat beberapa faktor realitas virtual yang membuat game ini  nampak mirip dengan fakta balapan mobil yang sebenarnya, yaitu:

Realitas Fakta

  • Realitas fakta sudah nampak pada jenis-jenis mobil yang digunakan seperti mobil sedan, SUV dan truk.
  • Di tengah jalan dapat ditemukan baliho-baliho iklan. Beberapa iklan adalah iklan nyata, seperti baliho burger Quikies.

 

Realitas Sebab-Akibat/Proses

  • Tidak adanya panah yang membantu belok ke kanan atau belok ke kiri untuk mencapai garis finish, hal ini seringkali membuat  salah jalan dan susah untuk mencapai garis finish. 
  •  Agar bisa menang balapan di game ini,  pemain harus mahir-mahir membaca peta dan menghafalkan jalan.
  • Karena banyaknya pilihan rute dan tidak ada penunjuk arah ke garis finish, jika pemain salah mengambil rute, pemain bisa kembali ke tempat semula.
  • Setiap beberapa kali memenangkan balapan (menyalip) maka akan muncul mobil baru yang berkeliaran di kota. Naik level berarti akan melawan mobil yang performanya lebih tinggi.

Realitas Fisika

  • Realitas fisika di game ini nampak saat pemain berusaha menghancurkan mobil-mobil musuh. Mobil musuh akan hancur saat mobil diserempet hingga menabrak trotoar atau pembatas jalan atau objek-objek lain yang memiliki daya hancur dengan gaya dorong yang kuat.
  • Realitas fisika lain yang juga nampak adalah saat mobil melakukan aksi stunt dan drift. Lompatan mobil sudah nampak menyerupai gerak lengkung yang dipengaruhi kecepatan mobil.
  • Besarnya gas, kecepatan, dan arah gerak mobil sesuai dengan jenis mobil yang dipilih pemain.

Realitas Acak

  • Keadaan cuaca yang dinamis, seperti cerah, mendung, panas, bersalju, hujan.
  • Adanya pergantian siang dan malam.
  • Pada keadaan malam terdapat beberapa lampu kota yang mati/rusak.
  • Adanya kecelakaan di jalan yang mengakibatkan kebakaran dan kekacauan rute. Kebanyakan kecelakaan terjadi di perempatan jalan.

Realitas Audio Visual

  • Realitas audio dapat didapatkan dari bunyi gas mobil, bunyi trabarakan, bunyai gesekan ban dengan jalan.
  • Desain tampilan jalan, jembatan, gedung-gedung, panorama alam (gunung, pantai, pusat militer), tempat pengisian bahan bakar, jenis-jenis mobil dan segala atribut-atribut jalanan sudah nampak seperti asli di dunia nyata.
  • Adanya bunga api akibat serempetan mobil dengan benda keras lain (mobil dengan mobil, mobil dengan pembatas jalan, dll.)

Official Trailer

http://www.youtube.com/watch?v=HmQWkoRi5zo&ob=av3e

Play Demo

http://www.youtube.com/watch?v=Cs0Gq1f8jsY

5106100137, Irwanto
Irwanto Laman

Create Your Badge

Author: 

No Responses

Tinggalkan Balasan