Review Wingspan: Game Konservasi Burung

 Review Game Edukasi

Judul Game: Wingspan
Genre: Educational, Turn-Based Strategy
Platform: Windows
Publisher: Indienova
Developer: Monster Couch

Deskripsi Game

Wingspan adalah game strategi multiplayer berbasis kartu yang dimainkan bergiliran. Dalam permainan ini, anda berperan sebagai penggemar dan peneliti burung yang ingin memikat burung-burung terbaik ke ekosistem pelestarianmu.Setiap burung memiliki kombinasi kekuatan pada masing-masing habitat untuk membantu perkembangan ekosistem untuk kedepannya.
Pada awalnya Wingspan adalah board game yang diadopsi menjadi game digital. Game ini memiliki fitur lengkap untuk memberikan pengalaman seperti di konservasi burung. Game memiliki suara burung, suara hutan, serta ilustrasi dan animasi burung yang indah.

Cara Main

Pertama-tama, pemain diminta untuk memilih 1-5 burung dan jenis makanan yang ingin dipegang serta 1 kartu tantangan poin. Kemudian pemain dapat melakukan 4 jenis gerakan: mengambil makanan, mengambil telur dan menempatkannya pada burung, mengambil kartu, atau menempatkan burung di salah satu dari 3 habitat. Untuk menempatkan burung pada habitat, pemain harus memenuhi syarat jumlah makanan dan jumlah telur. Dan dengan menempatkan burung, pemain akan membuat aksi pada habitat tersebut lebih efektif.
Untuk memenangkan game ini, pemain harus mengumpulkan poin sebanyak mungkin. Poin-poin ini bisa didapatkan dari beberapa hal. Pertama, dari jumlah nilai burung yang sudah ditempatkan di habitat. Kedua, dengan memenuhi kartu tantangan yang diberikan, tantangan bisa berupa penempatan jenis burung, penempatan telur pada jenis burung tertentu, dan lain-lain. Ketiga, poin juga bisa didapat dari jumlah telur yang ditempatkan pada burung. Lalu permainan juga dibagi menjadi 4 bagian dimana tiap bagian memberikan tantangan kepada semua pemain untuk berlomba menjadi pemain yang menyelesaikan tantangna dengan nilai tertinggi.

Konten edukasi

Hal yang dapat dipelajari dari game ini adalah berbagai jenis burung yang ada beserta fakta unik mereka, dan juga pengetahuan tentang konservasi burung secara umum. Setiap kali kita memainkan seekor burung kedalam ekosistem, game akan membacakan fakta menarik mengenai burung tersebut. Kita pun dapat mengakses fakta tersebut kapan pun dengan menekan tombol kanan pada mouse, selain itu kita dapat mengecek semua jenis burung yang sudah kita temui melalui menu.

Selain mengetahui fakta mengenai berbagai jenis burung, game ini juga memberi kita pemahaman mengenai ekosistem dan habitat yang dihidupi burung-burung tersebut dan juga jenis makanannya. Dengan memainkan game ini kita juga merasakan perasaan berada pada konservasi burung dan bagaimana perkembangannya

WINGSPAN – Launch trailer – YouTube

Oleh:
05111740000089
Arif Rahman

No Responses

Tinggalkan Balasan