Review Game Edukasi – Petualangan Sejarah Nusantara

 Uncategorized

Petualangan Sejarah Nusantara
Game ini adalah game edukasi ber-genre RPG yang berisi tentang pengenalan sejarah Nusantara. Game ini ditujukan untuk umum yang ingin mengenal sejarah nusantara mulai dari zaman batu sampai zaman penjajahan. Alur cerita game dimulai dari seorang anak muda bernama Andi yang sangat mencintai sejarah. Suatu hari dia bertemu seorang Kakek diperpustakaan yang membawanya kembali ke masa lampau dan bergabung dengan kejadian-kejadian penting dalam sejarah.

Skenario :

Terdiri dari 4 zaman yang merepresentasikan level : zaman batu, zaman logam, zaman hindu-budha, zaman islam, zaman penjajahan dan masa sekarang.
Barang-barang yang dijual-belikan di masa islam adalah rempah-rempah, kain tenun, emas, permata, minyak kasturi, dll.
Tokoh proklamator adalah Bung Karno.
Nama senjata dan perlengkapan perang : bamboo runcing, bom atom, pistol, tank, meriam, dll.
Aturan main :
untuk dapat masuk ke masa lampau andi harus menemui seorang kakek tua di perpustakaan yang membawanya ke masa lampau.
Di Zaman batu Andi menemukan Ranubaya yang akan membimbing Andi untuk menjelajah masa lalu. Tugas Andi dizaman ini adalah mencari berbagai macam peralatan zaman batu. Semakin banyak peralatan yang bisa terkumpul semakin banyak item yang didapatkan dan semakin banyak informasi yang diperoleh. Dia juga harus menemukan 5 batu mulia untuk membuka pintu ke zaman Logam.
Di Zaman Logam Andi harus mengumpulkan sebanyak mungkin peralatan zaman logam. Semakin banyak peralatan yang dapat dikumpulkan maka semakin banyak item yang didapatkan dan semakin banyak informasi yang diperoleh. Andi harus menuju ke sebuah goa tempat Nekara. Di goa tersebut terdapat prasati yang akan memberi petunjuk bagaimana membuka Nekara. Disini Andi harus menemukan goa yang dihuni oleh Empu Tawang. Andi harus menjawab dengan benar ketiga pertanyaan dari Empu Tawang untuk mendapatkan Kapak Corong. Kapak corong adalah peralatan yang dapat membuka Nekara. Selanjutnya Andi harus menemukan patung perunggu untuk membuka portal yang akan membawanya ke masa Hindu-Budha.
Di Zaman Hindu-Budha Andi harus membantu Raja Mulawarwan mencari prasasti Kutai yang dicuri oleh seorang Penyihir. Untuk mendapatkan informasi tentang keberadaan Penyihir, Andi harus bertanya dengan orang-orang disekitar kerajaan. Untuk mencapai goa penyihir yang ada di tengah-tengah danau, andi harus meminjam kapal penduduk setempat. Andi harus mengalahkan penjaga untuk dapat masuk ke dalam goa dengan menjawab satu pertanyaan dengan benar. Setelah bertemu dengan penyihir, dia harus mengalahkan untuk mendapatkan kembali prasasti Kutai. Setelah prasasti Kutai didapatkan, Andi kembali ke Kerajaan bertemu dengan Raja. Secara otomatis Andi akan ditransfer ke masa Islam.
Di Masa Islam Andi harus melakukan transaksi jual-beli. Andi harus menjual item yang dimiliki untuk dapat membeli sebanyak mungkin senjata yang nantinya digunakan melawan musuh di masa penjajahan. Andi harus membeli mesin waktu untuk menuju ke zaman penjajahan.
Di Zaman penjajahan Andi harus mencari tokoh proklamator “Bung Karno”. Bung Karno berada di sebuah penjara. Andi harus menemukan seseorang yang membawa kunci penjara Bung Karno tersebut. Orang tersebut berada di sebuah penjara. Setiap saat selalu ada sergapan dari penjajah. Setelah menemukan Bung Karno langsung proklamasi. Jika teks proklamasi sudah dibacakan maka zaman Kemerdekaan sudah direbut. Dan Andi secara otomatis dapat kembali ke masa sekarang.

Anggota Kelompok :

Listyanti Dewi A. (5112201003)

Nur Hayatin (5112201025)

Author: 

No Responses

Tinggalkan Balasan