Simulasi Gedung Perpustakaan Pusat Institut Teknologi Sepuluh Nopember

 Review Game Realitas Virtual

Splash

Model 3D Perpustakaan ITS

Sebagai civitas akademika (khususnya mahasiswa) Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) pastinya pernah mengunjungi perpustakaan pusat yang terletak di sebelah gedung rektorat. Gedung perpustakaan memiliki luas tanah sebesar 9.000 m2 dan memiliki enam lantai yang setiap lantainya memiliki fungsi tersendiri yaitu:

Lingkungan Perpustakaan pusat ITS

  1. Pada lantai satu, digunakan untuk ruang sirkulasi, administrasi, daftar katalog (manual dan komputer), Koran, loker, dan kafetaria.
  2. Pada lantai dua, selain terdapat ruang administrasi, juga ruang seminar yang sering digunakan untuk ujian tulis penerimaan pegawai dari berbagai perusahaan, seminar, dan pelatihan singkat lainnya.
  3. Pada lantai tiga, digunakan sebagai ruang majalah, jurnal dan ruang referensi. Di sini terdapat majalah-majalah terbitan dalam dan luar negeri yang jumlahnya tak kurang dari 1.222 judul majalah dan jumlahnya sebanyak 15.009 eksemplar, selain itu terdapat juga jurnal-jurnal ilmiah dan sosial yang jumlahnya tidak kurang dari 1.169 judul. Sedangkan ruang referensi digunakan sebagai tempat untuk mencari buku-buku referensi.
  4. Pada lantai empat digunakan sebagai ruang reservasi, audio visual, karya ilmiah, dan Tugas Akhir (TA). Koleksi audio visual berupa kaset video sebanyak 473 kaset dan jumlah judul sebanyak 374 judul, mikrofilm 151 judul 1.716 rol, microfiche 150 judul 2.251 fiche, transparansi OHP 5 judul sebanyak 137 lembar, dan kaset suara 40 judul 108 kaset dan 22 judul perangkat lunak CDROM sebanyak 34 buah. Koleksi buku yang berada di ruang ini digunakan sebagai tandon buku (buku cadangan). Jumlah koleksi Tugas Akhir, Kerja Praktek, Thesis dan World Bank terdiri dari 13.519 judul sebanyak 19.494 eksemplar.
  5. Pada lantai lima, merupakan ruang koleksi buku-buku teks dengan jumlah 33.992 judul buku sebanyak 77.847 eksemplar, ditambah yang berada di Ruang Baca seluruhnya tidak kurang dari 18.343 judul buku sebanyak 25.705 eksemplar.
  6. Pada lantai enam, merupakan ruangan ITSnet. Seluruh jaringan server yang terdapat di lingkungan ITS atau dengan kata lain adalah pusat kendali jaringan server di ITS.

 

Perpustakaan-its

Perpustakaan-pusat-its

perpus-its

Bagi anda yang ingin mengunjungi linkungan perpustakaan pusat ITS tetapi tidak mempunyai cukup waktu untuk berkunjung, tidak perlu berkecil hati. Karena telah ada aplikasi 3D simulasi lingkungan gedung perpustakaan pusat ITS. Aplikasi ini memiliki beberapa kelebihan diantaranya adalah unsur realitas fakta.  Maket tiga dimensi  gedung perpustakaan pusat ITS dibuat dengan mempertimbangkan ukuran yang ada di dalam dokumen cetak biru yang dimiliki pihak UPT Perpustakaan ITS.

Selain itu, keunggulan berikutnya adalah aplikasi ini bergenre First Person Shooter (FPS). Jadi pengguna seolah – olah akan berada di lingkungan gedung. Pengguna bisa bergerak kedepan, kebelakang, kekiri dan kekanan untuk berkeliling pada area didalam dan diluar gedung perpustakaan pusat ITS.

Sekian dan Terima kasih 🙂

 

link video trailer

Pembuat:

Muh Fadjar Rhomadoni – 5110100136

Muh Fadjar Rhomadoni

Buat Lencana Anda

Muhamad Aminudin Rahman – 5110100143

Aminudin Rahman Muhamad

Create Your Badge

 

Fahmi Hidayatullah  – 5110100199

Fahmi Hidayatullah

Create Your Badge

 

 

Author: 

No Responses

Tinggalkan Balasan