Typeracer.com – the global typing competition

 Asah Otak, Bahasa, Review Game Edukasi, Uncategorized

Homepage Typeracer.com
Typeracer.com ini merupakan sebuah game online dengan genre MMOG (Massive Multiplayer Online Game) karena game ini dapat dimainkan oleh banyak pengguna dan dapat dimainkan secara bersamaan. Game ini merupakan game yang dibuat oleh Alex Epshteyn. Dia dihubungi oleh seorang former dari Mavis Beacon Teaches Typing engineer. Mavis Beacon Teaches Typing merupakan aplikasi belajar mengetik yang dibuat oleh The Software Toolworks tahun 1987. Typeracer ini memiliki beberapa fitur menarik yang dapat digunakan oleh user yaitu, fitur registrasi, login, dan fitur invite teman-teman agar dapat memainkan game typeracer ini secara bersama sehingga dapat membuat perlombaan mengetik kata dengan cepat ini menjadi lebih seru dan menantang. Setiap user juga diberikan kecepatan mengetiknya yang dapat mempengaruhi kecepatan mobilnya untuk mencapai garis finish. Pada akhir permainan, tiap pemain dapat mengetahui akurasi dan kecepatan mengetiknya.

Start typeracer

Typeracer ini merupakan game edukasi yang sangat baik dimainkan untuk semua orang. Tidak terbatas pada anak-anak saja dikarenakan orang dewasa juga perlu belajar mengetik dengan lancar(cepat dan akurat). Game ini dapat memberikan pelajaran dini kepada anak-anak untuk dapat mengetik dengan lancar. Melalui game ini juga, pemain dapat mempelajari banyak kosa-kata baik dalam bahasa Indonesia maupun dalam bahasa Inggris dan bahasa lainnya karena game ini terdapat fitur pemilihan bahasa dan paragraph yang terdapat di dalam game ini merupakan quote dari buku-buku, film maupun lagu-lagu yang terkenal sehingga melalui kata-kata yang diketikkan kita dapat mengetahui makna dan isi dari buku, film maupun lagu tersebut.

play

Typeracer juga telah memiliki versi edukasinya sendiri, dimana dengan versi ini guru dapat mengontrol muridnya melalui skema dari hasil yang dapat dilihatnya. Dalam versi ini, paragraphnya berisi quote yang diambil dari buku pelajaran ataupun literature yang digunakan oleh sekolah tersebut. hal ini sungguh sangat mendukung nilai edukasi dalam game ini.

result

Penilaian :

Menurut saya game ini adalah game yang sangat menarik, seru dan baik untuk dimainkan karena:
• memiliki unsur kesenangan yang dapat dirasakan bila memenangkan perlombaan
• memiliki keseruan yang tinggi bila dimainkan bersama teman-teman,
• memiliki unsur edukasi mengenai pentingnya mengetik yang cepat dan akurat.

Akan tetapi, game ini juga memiliki kekurangan yaitu :
• tampilannya kurang menarik (terkesan monoton)
• paragraph yang diberikan kepada pemain juga kurang banyak / kurang update sehingga terkadang pemain dapat memainkan/mengetikkan suatu paragraph yang sama.

Sehingga rating untuk game ini adalah 4/5 star.

Nilai /unsur edukasi :

• Melatih kecepatan dan ketepatan mengetik.
• Memperkaya kosakata dalam berbagai bahasa yang berasal dari beberapa referensi seperti buku, film dan lagu.
• Melatih pribadi seseorang agar tetap berjuang untuk menang.

Trailer / play demo Typeracer.com

Play Demo Typeracer.com

 

Fernandes Sinaga
5110100190
Fernandes Sinaga

Create Your Badge

Author: 

No Responses

Tinggalkan Balasan