Menjadi Miliarder di MILIONER JOWO

 Review Game Edukasi, Umum, Uncategorized

Siapa yang tidak kenal dengan permainan Who Wants to Be a Millionaire? Permainan ini merupakan sebuah kuis yang sangat terkenal di televisi dunia yang menawarkan hadiah uang tunai dalam jumlah besar untuk peserta yang bisa menjawab 15 soal pilihan ganda. Who wants to Be a Millionaire merupakan acara televisi yang pertama kali ditayangkan di Britania Raya pada 4 September 1998, dan hingga kini formatnya telah dilisensikan ke banyak stasiun televisi di lebih dari 100 negara. Namun sebenarnya bukan Who Wants to Be a Millionaire yang akan direview di sini, melainkan sebuah permainan serupa dalam bentuk kuis yang dikemas dalam bentuk yang sedikit berbeda. Review kali ini adalah mengenai game SOPO GELEM DADI MILLIONEERR BOSO JOWO 2011, atau bisa disebut game MILIONER JOWO.

Game MILIONER JOWO adalah sebuah game yang tersedia di facebook yang didevelop oleh 3 Mahasiswa Teknik Informatika ITS pada tahun 2011 sebagai salah satu tugas akhir sebuah mata kuliah. Sesuai dengan namanya, MILIONER JOWO ini dibuat untuk memperkenalkan dan membudayakan Basa Jawa (baca : Bahasa Jawa) yang selama ini sudah banyak ditinggalkan, bahkan oleh orang Jawa pun tak jarang yang tidak mengerti bahasa jawa itu sendiri.

Aturan main dari game MILIONER JOWO ini hampir sama dengan aturan main dalam permainan Who Wants to Be a Millionaire dalam kursi panas. Diberikan sejumlah soal mengenai pengetahuan Bahasa Jawa maupun pengetahuan umum yang dikemas secara kental dalam Bahasa Jawa. Tentunya dalam setiap soal yang dikeluarkan memiliki bobot yang berbeda, sesuai dengan score yang akan didapatkannya. Diberikan sebuah pertanyaan kepada pemain, jika pemain berhasil menjawab maka permainan akan berlanjut dengan pertanyaan berikutnya dengan score yang meningkat. Dan hal itu berulang hingga tujuan menjadi seorang MILIONER terwujud. Seperti namanya, tujuan dari game ini adalah menjadi ‘MILIONER’ dengan mendapatkan uang sejumlah Rp 1.000.000.000,00. Untuk menuju Nominal tersebut, terdapat beberapa titik aman setiap kali menjawab 5 pertanyaan. Titik aman di sini berarti sejumlah score (dalam hal ini score yang dimaksudkan adalah uang) yang telah didapatkan saat dia mencapai sebuah titik aman merupakan poin yang akan didapatkan oleh pemain jika ternyata dia gagal dalam menjawab soal sebelum mencapai titik aman selanjutnya. Pemain dapat mempertahankan score pada soal tertentu jika dia memutuskan untuk ‘Menyerah’ saat disodorkan pertanyaan yang menyulitkannya.

Permainan MILIONER dimulai dengan soal-soal yang masih mudah untuk dikerjakan oleh orang jawa asli, karena pada soal-soal yang pertama kali dimunculkan memang tergolong mudah untuk dikerjakan. Namun jangan kaget, saat mencapai soal-soal dengan score lumayan tinggi, terkadang seorang yang merupakan orang jawa asli pun tidak tahu jawabnnya. Terkadang pemain pun sangat perlu untuk membuka buku sakti orang jawa yang berjudul ‘Pepak Basa Jawa’, yakni Buku tentang istilah-istilah dalam Bahasa Jawa, peribahasa, maupun aksara Jawa.

Pada permainan MILIONER JOWO ini, pemain yang sudah pernah bermain sebelumnya dapat melihat score terakhir dari permainannya. Dalam tampilan Home permainan ini (halaman ‘Emperan’) juga ditampilkan 6 pemain dari facebook yang telah mencapai poin tertinggi selama memainkan MILIONER JOWO ini. Hal ini membangkitkan semangat para pemain lainnya untuk terus bermain dan meningkatkan poinnya agar menjadi salah satu yang ditampilkan pada halaman Emperan.

Seperti tujuan awal pembuatannya, MILIONER JOWO ini memang sangat baik untuk membudayakan bahasa daerah, khususnya Basa Jawa. Nilai edukasi yang terkandung dalam game ini tentunya adalah untuk meningkatkan pengetahuan pemain mengenai Basa Jawa, bisa dibilang inilah cara lain untuk bisa memahami Basa Jawa selain dengan mempelajari Pepak Basa Jawa. Game ini juga bisa dijadikan sebagai tolok ukur seberapa Jawakah orang-orang yang memainkan game ini. MILIONER JOWO ini juga cocok bagi mereka yang masih belajar Basa Jawa, baik itu anak kecil yang masih belajar dengan bahasanya sendiri sebagai orang Jawa, ataupun bukan orang Jawa yang ingin bisa berbahasa Jawa. Hal ini dikarenakan tingkatan soal yang progresif dari soal mudah di awal hingga soal tersulit di puncak game dengan poin Rp 1.000.000.000,00.

Game ini dapat dimainkan melalui link ini.

Berikut Slideshow dari Screenshot game ini :

Selamat mencoba. Game MILIONER JOWO dijamin asyik.

Reviewer : Muhammad Najib
NRP. 5109100111

Najib Nasich Muhammad | Buat Lencana Anda

Author: 

One Response

  1. akematSeptember 30, 2011 at 2:07 PMReply

    arek 2 iki isok wae…………………………..!

Tinggalkan Balasan