Alice Greenfingers – Mari berkebun..!

 Review Game Edukasi, Simulasi

Impian besar Alice adalah menjalankan bisnisnya sendiri, menanam tanaman-tanaman, dan meningkatkan kesejahteraan ekologi hewan-hewan seperti dulu.

Mimpinya akhirnya menjadi kenyataan saat ia mewarisi beberapa petak tanah yang sempurna di pedesaan.
Dengan bantuan nasihat baik dari nenek penjaga toko yang ramah, Alice memulai kerja kerasnya untuk menumbuhkan tanaman-tanaman dan memanennya, bersamaan dengan terus memantau tren pasar untuk mengetahui pasar lokal.

Gunakan mouse untuk mengontrol Alice. Klik di mana Anda ingin Alice pergi. Jika Anda mengklik pada suatu item, Alice akan mengambilnya. Alice pun akan melakukan hal yang berbeda sesuai dengan item yang telah ia ambil. Terdapat pula tutorial di awal yang akan mengajarkan Anda cara bermain yang lebih detail.

Permainan berlangsung selama satu bulan penuh, bermain satu hari pada hitungan waktu tertentu. Anda akan mulai mempelajari dasar-dasar mempersiapkan, memelihara, dan memanen tanaman. Setelah Anda memiliki tanaman yang telah dipanen, maka pasar kota akan terbuka auntuk bisnis Anda. Warga lokal selalu senang untuk membeli sayuran segar dan bebungaan indah dengan harga layak, tetapi karena Anda mendapatkan pengetahuan lebih, maka pengalaman dan popularitas kualitas belanjaan Anda naik, sehingga pelanggan akan bersedia untuk membayar lebih. Pada akhir setiap harinya maka akan dilaporkan hasil kinerja Anda sebelumnya.

Pada permainan terdapat toko di mana Anda dapat membeli item baru untuk memperluas peternakan Anda. Dengan menjual tanaman di pasar, uang untuk dibelanjakan di toko akan didapatkan. Maka cepat atau lambat item-item yang lama akan tergantikan dengan item-item baru yang Anda beli.

Game yang cukup lengkap. Di mana kita tidak hanya belajar berkebun tetapi juga cara bertenak sapi, domba, atau bahkan unggas. Namun sayang, desain grafis masih belum terlalu detail dan hanya mengandalkan warna-warna cerah untuk menarik minat pemain, bukan dari detail gambar-gambar. Tetapi hal ini nampaknya diperbaiki pada Alice Greenfingers 2 yang juga sudah diluncurkan.

System Requirements

Windows 98, 2000, XP, Vista or compatible
10 MB free hard disk space
300 MHz Pentium II or better CPU
DirectX 3 or higher

=========================================
Nilai EDUKASI pada permainan
=========================================

  • Pada permainan ini Anda dituntut menjadi seseorang yang dapat berkebun dengan baik. Anda harus mampu membaca kebutuhan tanaman. Misalnya, tanaman yang butuh air harus segera disiram atau menjadi layu dan tanaman tidak boleh dipanen terlalu lama karena tanaman malah akan rusak.
  • Anda juga dituntut menjadi pedagang yang baik. Karena Anda harus menentukan sendiri berapa harga dari tanaman yang Anda jual dan berapa jumlah stok yang ingin Anda jual berdasarkan informasi kebutuhan pasar.
  • Selain itu, Anda juga harus menjadi peternak yang baik pada waktu yang sama. Karena pada akhirnya Anda harus mengurus sapi-sapi, domba-domba, dan juga unggas. Anda harus memanen bulu-bulu atau telur hewan ternak Anda.
  • Karena padatnya tugas-tugas yang diberikan setiap level Anda akan terlatih untuk dapat membagi waktu dengan baik. Karena manajemen pembagian waktu sangat dibutuhkan untuk dapat menyelesaikan semua tugas.

Menurut saya, permainan ini relatif menantang pada awalnya. Hal-hal baru yang ada di toko dan tanaman-tanaman baru setiap levelnya membuat kita penasaran dan ingin segera menyelesaikan level untuk dapat mengetahui apa yang terjadi selanjutnya. Namun semakin kita melanjutkan, permainan ini rentan mengakibatkan kebosanan. Karena rasanya hal-hal yang mengalami perubahan hanya itu-itu saja dan kurang menantang lagi.

Anda dapat membuka site ini untuk mengunduh permainan dengan versi trial secara gratis dan tetap harus membeli untuk versi penuhnya. Pengunduhan dapat dilakukan oleh pemakai Windows dan Mac OS. Selamat bermain!

5108100112
Annisa Nur Sari
Annisa Nur Sari | Buat Lencana Anda

Author: 

2 Responses

  1. meythameyDesember 3, 2011 at 4:56 PMReply

    ini yg versi baru yah gan??
    aqw punya (ga tau versi berapa) kykx beda dch,. (bagus yg ini) 🙁

  2. pg2011_annisa08Desember 5, 2011 at 2:26 PMReply

    bukan, game yang saya review ini yang versi pertama. ada lagi versi yang lebih baru, Alice Greenfingers 2 yang sudah tersedia di site resminya. 🙂

Tinggalkan Balasan