BeritaJatim: Wow! Game Perjuangan Mahasiswa ITS Dilaunching

 Berita Media

p10ner launching

Jum’at, 01 Oktober 2010 08:48:05 WIB
Reporter : Teddy Ardianto

Surabaya (beritajatim.com) – Usai berprestasi membuat mobil sapu angin ITS di ajang Shell Eco Competition, giliran mahasiswa Informatika ITS yang menunjukkan karyanya dengan membuat game edukasi yang bertema perjuangan.

Game yang diberi nama P10NER (Pertempuran 10 November) Arek Suroboyo ini syarat dengan momen Historical di dalamnya, ditampilkan dalam bentuk video, suasana perang dan alur cerita yang sengaja dibuat untuk menimbulkan kesan sekaligus semangat perjuangan saat itu.

Felix Handani mahasiswa informatika angkatan 2009 salah satu Developer sekaligus programmer game yang bergenre First Person Shooter tersebut menjelaskan alasan game ini dibuat awalnya hanya sebagai pengisi waktu luang liburan selain itu untuk mengingatkan kembali sejarah pertempuran 10 November.

“Melalui game ini semoga mampu memberikan pengaruh positif yaitu menanamkan dan mengenalkan semangat kepahlawanan kepada masyarakat, khususnya para pengguna atau user, tambahnya.

Yustiana Triwahyuni angkatan 2009, salah satu Design Tema game menambahkan pengisisan video pertempuran 10 November yang didapat dari internet membutuhkan proses panjang karena terkendala oleh keterbatasan alat, juga masalah dubbing vocal yang terus mengalami perbaikan suara terus menerus.

Dalam acara launching ini Imam Kuswardayan S.Kom, MT pembimbing tim Developer game P10NIR menjelaskan bahwa game tidak selalu berpengaruh buruk atau negatif, khususnya bila game bergenre edukasi yang secara tidak langsung dan tidak sadar telah mengajarkan yang baik dan positif kepada para penggunanya.

“Edukasi sangat baik jika disajikan dalam bentuk permainan, tegasnya.

Acara yang bertempat di ruang Aula Jurusan Teknik Informatika ITS (lantai 2) ditutup dengan Demo game yang dimainkan oleh para undangan yang berminat.

Game yang didalamnya merupakan peristiwa bersejarah pada tahun 1945 di Surabaya mulai dari perebutan bendera hotel Oranye atau Yamato, terbunuhnya jendral Mallaby, pertempuran 3 hari hingga pertempuran yang paling dahsyat pada tanggal 10 Nopember 1945 di Jembatan Merah akan mengikuti pameran dan lomba GEMASTIK 2010 pada hari Rabu – Kamis tanggal 6 – 7 Oktober 2010 di gedung Robotika ITS.[ted]

sumber: http://www.beritajatim.com/detailnews.php/12/Teknologi/2010-10-01/79300/Wow!_Game_Perjuangan_Mahasiswa_ITS_Dilaunching

Author: 

No Responses

Tinggalkan Balasan