Belajar aksara jawa seru dengan Goa Caraka

 Uncategorized

Goa Caraka adalah game edukasi buatan Dandelion Team yang berasal dari PENS (Politeknik Elektronika Negeri Surabaya). Di game ini pengguna diajak untuk belajar huruf-huruf aksara jawa dengan cara yang menyenangkan dan adiktif.

Gameplay Goa Caraka sedikit mirip dengan game seperti Angry Birds karena mereka mengadaptasi sistem gameplay yang menggunakan gejala fisika seperti gravitasi,ledakan,massa, dan lain-lain. Pengguna disini memainkan seorang pemuda yang masuk ke goa. Dalam goa tersebut dia harus mengumpulkan semua batu aksara yang tersangkut diatas. Batu aksara kita dapatkan dengan membuatnya terjatuh. Setelah berhasil mengumpulkan semua batu kita harus memainkan mini-game yang disediakan disana. Jika kita berhasil menyelesaikan mini-game kita bisa pergi ke level selanjutnya. Ada banyak mini-game tergantung di goa apa kita berada dan setiap goa memiliki 10 level yang harus kita selesaikan. Salah satu mini-game yang sempat dimainkan penulis adalah menyusun batu aksara sesuai dengan huruf abjad yang tertulis disana dalam kurun waktu tertentu.

 

Mengumpulkan batu aksara

 

Goa Caraka juga menyediakan beberapa items untuk memudahkan pengguna dalam bermain. Items ini bisa didapat dengan menggunakan koin yang didapat saat bermain mengumpulkan batu aksara. Selain itu ada juga kamus aksara jawa atau biasa disebut ‘pephak’ digital sebagai fitur pembelajaran interaktif aksara jawa.

 

pepak digital

 

Overall, game ini sebenarnya asyik dan adiktif. Sayangnya game ini terlalu sulit untuk dimainkan. Penulis bisa merasakan betapa jauhnya kesulitan yang diberikan di level 1 dan level 2. Namun bisa saja itu penyebab penulis yang memang tidak jago bermain gameplay yang seperti ini.

 

Ditulis oleh: Nuning Septiana – 5113100143
Nuning Septiana

Create Your Badge

Author: 

No Responses

Tinggalkan Balasan