RECETTEAR

 Review Game Edukasi, Simulasi, Uncategorized

recettear-title

Just play. Have fun. Enjoy the game – michael jordan

Genre : RPG

Score : 82

Recettear adalah game mengenai suatu toko yang menjual berbagai item seperti makanan, baju, pedang, dan lain sebagainya. Pemeran utama dalam game Recettear adalah seorang gadis bernama Recette Lemongrass yang didampingi oleh peri bernama Tear. Alkisah Recette memiliki seorang ayah, namun ayah Recette telah meninggal dunia. Akan tetapi ayah Recette meninggalkan hutang yang sangat besar pada suatu tempat peminjaman uang. Kemudian datanglah si peri penagih hutang, sang peri mengetahi bahwa Recette kesulitan untuk mengambalikan uang kemudian peri tersebut memiliki ide untuk membantu Recette. Ide tersebut adalah dengan membuka suatu toko yang menjual berbagai item. Pilihan yang dimiliki Recette adalah membuka toko dan mulai berusaha kemudian melunasi hutangnya atau menyerahkan rumah untuk membayar hutang.Dalam game ini goalnya adalah untuk melunasi hutang ayah Recette. Dalam permainan ini pemain berperan sebagai Recette.

Aturan main :

Recettear melatih pemain untuk lihai sebagai penjual.Berikut adalah peta dari wilayang game Recettear :

map

Pada permainan ini dibagi menjadi 4 pembagian waktu yaitu pagi, siang, sore dan malam.

time

Aturan dari pebagian waktunya adalah sebagai berikut :

  • Jika pemain pergi keluar Recettear dan mengitari berbagai toko untuk membeli perlengkapan, maka akan menghabiskan waktu 1 waktu
  • Jika pemain pergi ke adventure guild maka pemain akan menghabiskan 2 waktu

Pemain dapat membeli barang, menjual barang dan bertarung dengan musuh untuk mendapatkan item. Berikut adalah keterangan cara bermain Recettear :

Membeli barang

Pemain dapat membeli item yang diingin kan sesuai dengan kebutuhan dan keinginan. Pemain tidak dapat membeli item dengan harga lebih dari yang dimiliki. Pemain harus mengira-ngira item apa yang dibutuhkan oleh pembeli.

buy

 

Jika pemain ditawari item dari pembeli, pemain dapat membelinya dengan menawar harga item dengan lebih murah antara 70%-50%. Untuk mendapatkan harga yang diinginkan pemain dapat melakukan tawar-menawar dengan yang menawarkan item.

jual barang

Menjual barang

Pemain dapat menjual barang yang telah dibeli di toko ataupun yang didapatkan setelah bertanding. Untuk menjual barang, barang harus disusun sedemikian rupa agar banyak pengunjung yang tertarik membeli. Barang-barang yang memiliki nilai ekonomi yang tinggi dapat diletakkan di dekat etalase, sehingga pembeli dapat melihar dari jendela. Pemain dapat menaikkan harga item yang dijual, maksimal menaikkan harga adalan 30% diatas harga asli item. Jika pembeli sudah setuju dengan harga jual maka transaksi berhasil, namun jika tidak pemain dapat melakukan penawaran harga baru. Semakin banyak pendapatan dalam satu hari maka akan semakin baik, karena uang digunakan untuk membayar hutang ayah Recette.

jual

Bertarung  di Adventure’s Guild

Pemain dapat menambah item yang diinginkan dengan gratis jika mengikut pertarungan di Adventure’s Guild. Pemain dapat menyewa petarung dengan cara membayarnya dengan makanan, yang digunakan untuk menambah life dari petarung. Pemain diharusnya menyelesaikan 5 level permainan, sehingga item yang didapat selama bermain dapat dibawa pulang semuanya. Namun jika tidak, pemain hanya bisa membawa 1 item.

adv

Nilai edukasi :

Berikut adalah beberapa nilai edukasi dari Recettear :

  • Mengajarkan cara berdagang
  • Mengajarkan bagaimana cara menawarkan harga yang sesuai dengan kebutuhan pelanggan
  • Mengarjarkan bagaimana mengira-ngira item yang memang dibutuhkan oleh pembeli, sehingga barang-barang yang dijual dapat bermanfaat untuk pembeli
  • Mengajarkan kesabaran

Ingin tau permainannya seperti apa? Cek video berikut!
Recettear

NRP : 5110100006

NAMA : Puspa Arty Ghaisani
Puspa Arty Ghaisani

Create Your Badge

Author: 

No Responses

Tinggalkan Balasan