Arm Surgery 2: Simulasi Medis untuk Patah Lengan

 Kesehatan, Review Game Edukasi, Simulasi

Arm Surgery 2 adalah sebuah game edukasi dari AGame berbasis flash yang ditujukan bagi mereka yang bermimpi menjadi dokter, perawat atau profesional medis lainnya suatu hari nanti. Kita akan bekerja di Rumah Sakit St. Flak, dan kita dituntut untuk menyelamatkan nyawa dalam waktu yang singkat. Terdapat beragam pilihan bahasa di dalam game ini, termasuk di dalamnya bahasa Indonesia. Klik ‘Operasi’ untuk memulai operasi atau ‘Cara Main’ untuk mendapatkan bimbingan dari ‘Lara’, kepala perawat, untuk membimbing kita dalam menyelesaikan tahap-tahap permainan.

Dalam game ini kita akan menjumpai kasus medis seperti ini:

Seorang pasien yang sedang tertekan dengan benjolan di lengannya dibawa ke rumah sakit. Pertama, perawat melakukan pemeriksaan x-ray terhadap pasien tersebut. Hasil dari pemeriksaan tersebut menunjukkan jika pasien tersebut mengalami patah tulang. Tujuan kita adalah untuk mengoperasi lengannya yang patah.

 

 

Arm Surgery 2  menuntut kita untuk menangani pasien tersebut secepat  mungkin. Jawablah pertanyaan dari perawat, pilihlah penanganan yang tepat untuk suatu kasus medis, alat-alat medis (seperti pisau bedah, turniket, gunting steril, dll.) dan tindakan. Dalam game ini kita juga harus berhatai-hati terhadap organ vital dari pasien tersebut. Apabila kita melakukan pengangan yang tepat, kondisi pasien kita akan segera membaik. Namun, jika kita terlalu lambat atau terlalu banyak membuat kesalahan, pasien dapat menjadi terlalu tidak stabil untuk melanjutkan operasi dan kita akan gagal. Oleh karena itu, lakukan yang terbaik dan selamatkan nyawa sebanyak yang kita bisa.

Nilai Edukasi

  • Memberikan gambaran atau edukasi mengenai simulasi tindakan medis yang dilakukan terhadap kasus patah tulang pada lengan.
  • Menekankan perlunya ketelitian dan konsentrasi yang tinggi pada profesi di bidang medis.

Kelebihan

  • Game ini mensimulasikan dengan cukup baik secara garis besar tentang penanganan medis terhadap kasus patah tulang pada lengan, mulai dari diagnosis awal hingga teknik operasi pada lengan.
  • Kompatibilitas alat-alat medis terhadap kasus medis yang terjadi. Kita tidak dapat sembarangan memilih alat medis, game ini juga menunjukkan kegunaan dari masing-masing alat medis dalam berbagai tahap penanganan medis

Kekurangan

  • Pasien dapat meninggal hanya karena mereka mengalami patah pergelangan tangan, serta simulasi yang sederhana (kurang realistis) seperti pada bagian dalam memasukkan gips ke dalam bagian yang patah (hanya drag and drop).
  • Anggota badan yang terlibat dalam simulasi ini dirasa kurang banyak, dan permainannya terlalu mudah.

Kesimpulan

Game ini lebih cocok dimainkan oleh anak-anak mengingat tingkat kesukarannya yang terlalu mudah. Arm Surgery 2 telah mensimulasikan dengan cukup baik penanganan untuk  kasus medis pada lengan walaupun dirasa kurang detail, namun sudah cukup untuk sekedar pengetahuan bagi orang awam. Gameplay yang baik dan bantuan dalam game yang cukup interaktif serta didukung oleh beragam bahasa.

Video Demo

Download Link

Arm Surgery 2: Download Link

Reviewer

Satriya Dinata | 5108100068

Satriya Dinata | Create Your Badge

Author: 

No Responses

Tinggalkan Balasan