NBA 2k11 – Bring Michael Jordan to Your Life

 Review Game Edukasi, Simulasi, Uncategorized

2k Sports tahun ini melakukan sebuah gebrakan dengan menghadirkan sebuah game dengan banyak fitur dibandingkan dengan beberapa game lainnya.Siapa yang tidak kenal Michael Jordan? Seorang Legenda Hidup Basket yang membuat sebuah gebrakan besar di dunia basket. Dasar pembuatan NBA 2k11 ialah berdasarkan sejarah permainan Michael Jordan ketika masanya dan juga perasaan pemain yang ingin memainkan dan merasakan seperti halnya di dunia nyata. NBA 2k11 merupakan suatu peningkatan dan perkembangan yang signifikan dari 2k Sports.

NBA 2k11 merupakan game simulasi basket profesional dimana Michael Jordan yang dahulu kembali ke NBA pada tahun 1995 kini kembali ke dalam NBA 2k11. Game ini menawarkan berbagai macam fitur dan gameplay baru mulai dari association, Season, Online League dan juga My Player yang menawarkan karir personal pemain NBA mulai dari dasar karirnya hingga menjadi pemain NBA profesional. NBA 2k11 ini juga dilengkapi dengan 18 tim classic yang ikut meramaikan persaingan antar tim-tim NBA.

Ketika memulai permainan kita akan disuguhkan sebuah video dimana terdapat screenshot dari legenda hidup basket NBA Michael Jordan. Lalu kita akan masuk ke dalam mode Quick Game atau Langsung Main. Tapi, kita bisa keluar untuk memainkan mode game lainnya seperti My Player, Michael Jordan menu, main di Online League atau hanya sekedar latihan.

Nilai Edukasi

Mungkin tidak ada nilai edukasi akademis yang signifikan dalam game ini, namun bukan berarti tidak ada yang bisa dipelajari dalam game ini. Melalui beberapa fitur seperti My Player kita bisa belajar bagaimana seseorang meniti karir dari dasar hingga bisa mencapai kesuksesan dalam karirnya. Selain itu, melalui Michael Jordan Menu kita bisa mempelajari lebih jauh tentang Michael Jordan dan mengapa namanya bisa melegenda hingga sekarang, dengan itu kita bisa belajar bagaimana perjuangan seseorang untuk menjadi seorang legenda tidaklah instan.

Unsur Realitas

Realitas Proses

Game ini merupakan game simulasi basket profesional dimana pasti terdapat sebuah virtual reality process didalamnya. Dalam game ini, unsur realitas proses yang mencolok yaitu proses transfer pemain. Dalam beberapa fitur, kita bisa melakukan transaksi jual beli pemain seperti di dunia nyata. Selain itu, ketika kita bermain fitur My Player terdapat fungsi latihan (Practice) yang mana dapat meningkatkan kemampuan dari seorang pemain.

Realitas fakta

Unsur-unsur fakta didalam game ini sangat banyak mulai dari realitas barang berupa ring dan bola basket, kostum, meja official, stadion yang menyerupai aslinya, peraturan-peraturan dasar basket yang biasa diterapkan hingga penonton yang berada di bangku penonton.

Realitas Sebab Akibat

Dalam game ini ada hal-hal yang harus anda lakukan sebelum anda mencapai target tertentu. Seperti contohnya fitur My Player yang mengharuskan anda berlatih untuk meningkatkan kemampuan anda. Jika kemampuan anda tidak cukup bagus dan anda bermain jelek ketika pertandingan, hal ini bisa menjadi penyebab nilai jual pemain anda akan turun dan tim-tim besar bisa jadi tidak akan melirik pemain anda untuk direkrut.

Realitas Kejadian Acak

Tidak semuanya dalam game ini berdasarkan dengan nilai yang ada, bisa jadi hal itu menjadi acak tergantung cara anda memainkannya. Seperti halnya ketika kita bermain, meskipun pemain anda memiliki kemampuan tembakan yang tinggi namun hal itu tidak menjamin kemungkinan bola masuk menjadi besar, namun bisa jadi malah pemain tersebut akan kesulitan memasukkan bola selama permainan. Selain itu, pada fitur My Player terdapat beberapa kemungkinan yang bisa meningkatkan atau bahkan menurunkan nilai jual dari pemain anda.

Realitas Fisika

Pada bagian ini, 2k sports benar-benar mengambil aspek realitas untuk dimasukkan ke dalam game ini. Contoh paling terlihat ialah faktor stamina. Pada game ini pemain bisa kelelahan jika bermain terus menerus. Hanya itu ? Bukankah banyak game yang menerapkannya? Mungkin benar, karena itulah 2k Sports  menambahkan suatu realitas fisik dimana pemain memiliki stamina untuk sekali berlari. Faktanya seseorang tidak akan kuat berlari cepat dalam waktu yang lama. Orang tersebut butuh waktu untuk istirahat sejenak mengembalikan stamina dan kemudian melanjutkan berlari lagi dan hal itulah yang diterapkan 2k Sports pada NBA 2k11.

Realitas Audio dan Visual

Suara memegang peranan tidak kalah penting dalam game ini, sebagai contoh suara ketika bola masuk, suara penonton dan juga suara komentator. Bentuk visual badan dan wajah seorang karakter juga dibuat sedemikian rupa agar menyerupai pemain aslinya.

Penulis :

Muhammad Iqbal Permana

5109100124

Muhammad Iqbal Permana | Buat Lencana Anda

Author: 

5 Responses

  1. dianMaret 2, 2011 at 4:52 PMReply

    nice writing…

  2. MisbachMaret 2, 2011 at 4:53 PMReply

    wow, nice review ,…
    jadi pengen maen,…

  3. NurinaMaret 2, 2011 at 5:25 PMReply

    Waaa jd pengen nyobain gamenya 😛

  4. gonaku senseMaret 2, 2011 at 5:31 PMReply

    Hey bal…I dont know that your review is good. maybe you can give me another review

  5. Kevin phytagorasMaret 2, 2011 at 6:33 PMReply

    Gamenya bagus
    dah kumaenin nih,
    fitur paling keren ya My Playernya itu, bagaimana kita dari pemain biasa, didraft ke tim nba, kemudian bermain hingga masuk allstar
    recommended

Tinggalkan Balasan