Tug Team Tructor Multiplication

 Matematika

Review Oleh : Fajar Dwi Nugroho

Silahkan Download di sini

Penjelasan Singkat

Game “Tug Team Truck Multiplication” merupakan salah satu game edukasi yang membantu siswa dalam mempelajari pelajaran matematika. Game ini dikembangkan menggunakan bahasa pemrograman action script pada flash (flash game) yang dipublish ke dalam web sehingga memudahkan bagi siapa saja untuk mengaksesnya. Karena game ini web base dan dikembangkan menggunakan flash maka browser yang digunakan maka dibutuhkan flash player yang terinstasll dalam browser yang digunakan. Game ini bertipe multi-player.

screen shoot tug team tructor multiplication

Game ini merupakan game edukasi bagi para siswa untuk membantu dalam mempelajari dan aplikasi pelajaran matematika yaitu dalam operasi perkalian bilangan . Game ini berupa permaina semacam tarik tambang di mana terdiri dari dua kubu yang diwakili oleh kubu truk kanan dan kubu truk kiri. Truk dari kubu ternentu yang kuatlah yang akan memenangkan permainan ini. Untuk dapat menggerakkan truk tersebut dalam menarik tali makan pemain atau siswa harus menjawab soal-soal matemtika yang muncul secara terus-menerus. Di sini pemain harus menjawab setiap soal dengan tepat dan cepat jika tidak ingin dikalahkan oleh waktu dan kubu lawan. Pemain tercepat yang menyelesaikan soal-soal perkalian tersebut dan dapat bertahan dalam waktu tertentulah yang akan keluar sebagai pemenang.

Nilai edukasi yang ditanamkan & rentang usia

Nilai edukasi yang ditanamkan di sini adalah melatih pemain, dalam hal ini adalah siswa, untuk lebih memotivasi dan membantu dalam mempelajari salah satu operasi bilangan yaitu perkalian bilangan. Selain itu nilai lain yang dapat ditanamkan melalui game ini adalah kerjasama antar pemain yang 1 kubu untuk mengalahkan kubu yang lain. Permainan ini kira-kira sangat pantas bagi siswa SD khususnya kelas 4 ke bawah yakni kira-kira umur 7th s.d 10th.

Penilaian Pribadi

Menurut saya game ini  sangat bagus dan cocok sekali untuk diberikan pada siswa SD karena sangat membantu sekali dalam mempelajari operasi bilangan matematika yaitu operasi perkalian (multiplication). Selain grafis yang cukup bagus yang dapat menarik perhatian pemain, game ini dibatasi oleh waktu sehingga mamacu siswa untuk lebih cepat dalam menguasai materi pembagian yang ingin disampaikan. Nilai lebih dari game ini adalah dapat dimainkan hingga 8 pemain dalam satu waktu melalui koneksi jaringa n internet.

Kelebihan game ini:

– Grafisnya dan backsound menarik

– Bisa dimainkan secara multiplayer atau banyak pemain

– Diakhir level diberikan jawaban yan benar dari kesalahan yang telah dilakukan

Kekurangan game ini:

– Grafisnya monoton

– Tidak terdapat leveling

Saran:

– Untuk permainan melawan AI atau comp sebaiknya diberi level sehingga tidak membosankan

– Terdapat semacam shoutbox yang memungkinkan pemain satu dengan yang lainnya dapat berkomunikasi

Ilustrasi deskriptif waktu memainkan.

Keterangan:

Untuk memainkan game ini berikut adalah user control yang digunakan:

Mouse:

-          Klik kiri secara langsung pada jawaban yang benar.

Cara memainkan permainan ini dalah pemainharus mendaftar terlebih dahulu :

Setelah melakukan pendaftaran, pemain dapat membuat permainana baru atau join pada permainan yang telah ada:

Jika membuat permainan sendiri maka pilih:

Pilih dan pendaftaran selesai deh..

Sekarang silahkan pilih team:

Klik Start dan selamat mencoba..

Komentar Mereka

“The math activities on your site have improved the students performance grades in classroom timed tests and have boosted the students confidence in their math abilities.”
Mr. White’s success story in New Baltimore, MI.

“The students love this. They get so excited. Several of my students would rather stay inside at recess to play the games instead of going outside.”
Mrs. Kido’s success story in Topeka, KS.

Link:

http://www.arcademicskillbuilders.com/games/tractor-multiplication/tractor-multiplication.html

Author: 

No Responses

Tinggalkan Balasan