Review Game Toon Math – Endless Run and Math Games

 Matematika, Review Game Edukasi

Pada artikel ini, saya akan menulis review game edukasi yang berjudul “Toon Math – Endless Run and Math Games”. Game ini berbasis aplikasi smartphone, yang dapat diunduh secara gratis di Google Play Store maupun Apple App Store. Toon Math merupakan game ber-genre edukasi, dan bertema action. Game Toon Math adalah game matematika monster dan petualangan tanpa akhir di mana para permain dapat berlatih matematika sambil bermain. Konsep permainan ini menyerupai game petualangan tanpa akhir lainnya seperti Temple Run dan Subway Surfers. Namun, game Toon Math menyediakan sensasi lain berupa soal matematika yang muncul ketika karakter permainan sedang berlari melewati rintangan.

Cara bermain game ini cukup simpel, pemain hanya perlu berlari menghindari rintangan yang ada, serta menjawab soal matematika dengan benar. Pemain hanya perlu untuk menyentuh layar smartphone untuk menggeser karakter sehingga karakter dapat bergerak ke kiri, kanan, lompat, dan menundukkan kepala untuk melewati rintangan. Pemain nantinya akan bermain game secara terus menerus hingga gagal melewati rintangan atau menjawal soal. Toon Math tidak memiliki batas score yang harus dicapai karena permainan ini bersifat endless running.

Selain aktivitas lari yang dijalankan di dalam game, pemain memiliki karakter yang dapat diupgrade kemampuannya. Mulai dari coin multiplier, magnet, lightning, dan bintang. Dengan semakin sering pemain memainkan game, maka semakin cepat karakter tersebut ditingkatkan kemampuannya. Fitur peningkatan kemampuan ini yang dapat memancing para pemain untuk terus memainkan game hingga level kemampuan yang tinggi.

Ada beberapa konten edukasi yang disediakan dalam game ini, mulai dari penjumlahan, pengurangan, perkalian, hingga pembagian. Pemain dapat mengatur materi apa yang dapat muncul dalam permainan, seperti hanya penjumlahan saja, atau penjumlahan beserta perkalian, atau bahkan semua 4 materi yang disediakan. Terdapat 5 tingkat kesulitan soal yang dapat diatur, yaitu very easy, easy, normal, hard, dan very hard. Dengan adanya variasi soal beserta tingkat kesulitan yang berbeda, dapat memacu kemampuan para pemain untuk memperdalam kemampuan Matematika mereka.

Manfaat dari permainan ini cukup beragam, mulai dari meningkatkan kemampuan berhitung, ketangkasan menghindari rintangan, hingga memunculkan rasa persaingan antara satu pemain dengan pemain lainnya dalam meraih skor tertinggi. Game ini saya jadikan sebagai contoh game edukasi yang bagus, karena para pemain tidak terlalu merasa bahwa Toon Math merupakan permainan yang berat untuk dicerna otak. Terakhir, untuk video gameplay dapat diakses pada https://youtu.be/xXOVAxFCBlc .

Ditulis oleh:

Donny Fitrado – 05111740000171

Author: 

No Responses

Tinggalkan Balasan